8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich Albion

Hanya beberapa yang masih aktif

West Bromwich Albion saat ini berkompetisi di EFL Championship, divisi kedua Liga Inggris. Klub berjuluk The Baggies ini pernah meramaikan English Premier League (EPL), tetapi terdegradasi pada 2020/2021.

Meski begitu, West Bromwich kerap diperkuat nama-nama terkenal. Siapa saja para pemain tersebut?

Simak pemain terkenal yang pernah merumput dengan West Bromwich Albion!

1. Romelu Lukaku

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionRomelu Lukaku (twitter.com/WBA)

Romelu Lukaku pernah dipinjamkan Chelsea ke West Bromwich Albion pada 2012. Lukaku saat itu masih berusia muda. Ia dipinjamkan untuk menambah menit bermain dan pengalaman.

Tak disangka, pemain asal Belgia ini mampu menunjukkan permainan yang impresif bersama West Bromwich. Lukaku tampil dalam 38 laga dengan membuat 17 gol dan 7 assist.

Pada akhir 2012/2013, Romelu Lukaku kembali ke Chelsea karena masa peminjamannya habis. Namun, penyerang kelahiran Antwerpen ini kembali dipinjamkan pada musim berikutnya ke Everton.

2. Branislav Ivanovic

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionBranislav Ivanovic (twitter.com/WBA)

Branislav Ivanovic adalah bek kanan yang sudah gantung sepatu. Namanya melambung saat berseragam Chelsea. Namun, menjelang akhir kariernya, ia memilih bergabung dengan West Bromwich Albion pada musim panas 2020.

Kemampuan pemain kelahiran Sremska Mitrovica ini sudah jauh menurun dibanding masa jayanya dahulu. Ivanovic jarang mendapat tempat utama saat berseragam West Bromwich. Dirinya hanya tampil dalam 15 laga bersama The Baggies.

Ivanovic juga kurang berkontribusi terhadap permainan tim. Pada akhir 2020/2021, ia memutuskan pensiun dari dunia sepak bola profesional.

3. Daniel Sturridge

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionDaniel Sturridge (twitter.com/WBA)

Daniel Sturridge merupakan penyerang yang saat ini berstatus tanpa tim. Dirinya pernah memperkuat West Bromwich Albion setelah dipinjamkan Liverpool pada 2018. Ini bisa terjadia karena ia mulai tersisih dari skuad The Reds.

Pemain asal Inggris ini hanya dipinjamkan selama setengah musim. Sturridge tidak mampu berkontribusi maksimal terhadap permainan The Baggies karena mengalami cedera.

Sturridge hanya tampil dalam enam pertandingan bersama West Bromwich. Dirinya gagal mengangkat performa The Baggies di Premier League.

4. Nicolas Anelka

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionNicolas Anelka (twitter.com/WBA)

Nicolas Anelka adalah penyerang legendaris yang terkenal sering bergonta-ganti tim. Dirinya pernah bergabung secara gratis ke West Bromwich Albion setelah Juventus tidak memperpanjang kontrak pada 2013.

Kemampuan penyerang asal Prancis ini sudah menurun. Ia juga kurang optimal dalam memberi kontribusi terhadap permainan West Bromwich. Anelka hanya tampil dalam 12 laga dengan membuat 2 gol. Tidak sampai selesai, dia diputus kontak The Baggies.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Membela West Bromwich Albion dengan Status Pinjaman

5. Serge Gnabry

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionSerge Gnabry (twitter.com/WBA)

Serge Gnabry adalah penyerang sayap yang bermain untuk Bayern Munich. Dirinya sempat merumput bersama West Bromwich Albion setelah dipinjamkan Arsenal pada musim panas 2015.

Pemain asal Jermain ini hanya dipinjamkan selama setengah musim. Gnabry lebih sering duduk di bangku cadangan dan terkadang tampil bersama skuad U-21 West Bromwich. Ia bermain tiga kali bersama skuad utama The Baggies.

6. Joleon Lescott

https://www.youtube.com/embed/2iey7HLliLw

Joleon Lescott merupakan mantan bek Timnas Inggris yang pernah memperkuat Everton dan Manchester City. Dirinya berseragam West Bromwich Albion setelah didatangkan secara gratis dari The Citizens pada 2014.

Bek tengah kelahiran Birmingham ini mampu menembus skuad utama West Bromwich. Lescott dipercaya menjadi tembok tangguh The Baggies. Ia tampil di 37 laga di berbagai ajang.

Meski menjadi salah satu pemain penting West Bromwich, Joleon Lescott hanya bertahan semusim di The Hawthorns. Dirinya menerima tawaran Aston Villa pada musim panas 2015. Lescott sendiri baru pensiun di Sunderland pada 2017.

7. Darren Fletcher

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionDarren Fletcher (twitter.com/WBA)

Darren Fletcher merupakan gelandang tengah yang namanya melambung saat berseragam Manchester United. Pada 2015, ia memilih pindah secara gratis dengan menerima tawaran West Bromwich Albion.

Gelandang kelahiran Dalkeith ini langsung diplot sebagai kapten West Bromwich. Dirinya juga kerap mendapat kesempatan tampil selama 90 menit. Ia membela The Baggies dalam 97 laga dengan membuat 6 gol dan 6 assist.

Pemain asal Skotlandia ini hengkang setelah kontraknya tidak diperpanjang West Bromwich pada 2017. Fletcher lantas memilih bergabung dengan Stoke City dan pensiun di sana.

8. Gareth Barry

8 Pemain Terkenal yang Pernah Merumput dengan West Bromwich AlbionGareth Barry (twitter.com/WBA)

Gareth Barry merupakan gelandang bertahan yang namanya naik saat membela Everton dan Manchester City. Mantan penggawa Timnas Inggris ini pernah berseragam West Bromwich Albion setelah didatangkan dari Everton pada 2017.

Pemain kelahiran Hastings ini hadir untuk memperkuat lini tengah West Bromwich. Barry beberapa kali dipercaya menjadi starter dan tampil selama 90 menit.

Gelandang asal Inggris ini mampu tampil dalam 61 laga dengan menyumbang 2 gol dan 2 assist untuk West Bromwich. Pada 2020, Gareth Barry memutuskan untuk gantung sepatu.

Kedelapan pemain terkenal di atas pernah merumput dengan West Bromwich Albion. Beberapa penggawa bahkan memutuskan untuk gantung sepatu bersama The Baggies.

Baca Juga: 5 Pemain West Bromwich Ini Tak Layak Terdegradasi dari Premier League

Tio Wahyu Utomo Photo Verified Writer Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya