5 Pemain EPL yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023

Mayoritas pemain Chelsea

Bursa transfer musim panas 2023 diwarnai dengan kepindahan pemain top dunia ke Saudi Pro League, divisi teratas Liga Arab Saudi. Pemain top tersebut termasuk pesepak bola yang sebelumnya merumput di English Premier League (EPL).

Para pemain ini sukses direkrut beberapa klub Arab Saudi, seperti Al-Hilal, Al-Ahli, dan lainnya dari klub besar Inggris. Siapa saja para pemain tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. N'Golo Kante

5 Pemain EPL yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023N'Golo Kante berfoto bersama jersey Al-Ittihad milik dirinya. (instagram.com/ittihadclub.sa)

N'Golo Kante menjadi salah satu pemain Chelsea yang pindah ke Saudi Pro League pada musim panas 2023. Ia berhasil diboyong Al-Ittihad dari The Blues secara gratis. Gelandang bertahan Prancis ini diikat kontrak Al-Ittihad selama 3 musim pada 1 Juli 2023—30 Juni 2026.

Kante sendiri telah bermain selama 7 musim untuk Chelsea. Ia pertama kali bergabung ke Stamford Bridge pada 2016/2017 setelah semusim sebelumnya bermain di Leicester City. Secara keseluruhan, ia telah memainkan sebanyak 190 pertandingan dengan mencetak 11 gol dan 13 assist untuk The Blues di Premier League.

2. Kalidou Koulibaly

5 Pemain EPL yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Kalidou Koulibaly berbincang bersama pelatih Jorge Jesus dalam sesi latihan Al-Hilal. (instagram.com/alhilal)

Kalidou Koulibaly, rekam setim N'Golo Kante di Chelsea, ini juga hijrah ke Liga Arab Saudi. Ia diboyong Al-Hilal, klub tersukses di AFC Champion League dengan empat gelar juara. Menurut Transfermarkt, Al-Hilal harus merogoh biaya transfer sebesar Rp399,78 miliar untuk mendatangkan Kalidou Koulibaly.

Kalidou Koulibaly, bek tengah Senegal, ini sebelumnya memperkuat beberapa klub Eropa, seperti FC Metz, KRC Genk, dan SSC Napoli. Ia terakhir bergabung bersama Chelsea pada 2022/2023. Bersama mereka, Koulibaly mencatatkan 23 penampilan, 2 gol, dan 1 assist di Premier League. Ia juga membela Chelsea di 7 laga Liga Champions, 1 laga Piala FA, dan 1 laga Piala EFL pada musim yang sama.

Baca Juga: Transfer Resmi Liga Arab 2023, Ada Bintang dari Liga Eropa

3. Edouard Mendy

5 Pemain EPL yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Edouard Mendy mengikuti latihan klub barunya Al-Ahli. (instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy menjadi pemain ketiga Chelsea yang hijrah dari Premier League ke Saudi Pro League. Menurut Transfermarkt, kiper Senegal ini diboyong Al-Ahli dengan biaya sebesar Rp321,56 miliar. Edouard Mendy juga diikat kontrak selama 3 musim hingga 2026, sama seperti N'Golo Kante di Al-Ittihad.

Mendy bermain selama 3 musim untuk Chelsea pada 2020—2023. Selama 3 musim itu, ia mencatatkan 75 penampilan dengan 31 nirbobol (clean sheet) dan kebobolan sebanyak 70 kali di Premier League. Edouard Mendy juga berkontribusi banyak untuk Chelsea dalam meraih berbagai gelar, seperti juara Liga Champions 2020/2021, juara FIFA Club World Cup 2022, dan juara UEFA Supercup 2021/2022.

4. Ruben Neves

5 Pemain EPL yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Ruben Neves mengikuti latihan bersama klub barunya Al-Hilal. (instagram.com/rubendsneves)

Ruben Neves berhasil diboyong Al-Hilal dari Wolverhampton Wanderers pada musim panas 2023. Kepindahan gelandang bertahan Portugal ini memakan biaya sebesar Rp955,99 miliar. Ia dikontrak Al-Hilal selama 3 musim hingga 2026.

Neves bermain cukup lama untuk Wolves. Bahkan, saat klub ini masih bermain di Championship, divisi kedua Liga Inggris. Ia pertama kali bergabung dengan Wolves pada 2017/2018. Pada musim debutnya itu, Ruben Neves membukukan 42 penampilan, 6 gol, dan 1 assist di Championship. Secara keseluruhan, ia mencatatkan 177 penampilan dengan mencetak 21 gol dan 9 assist untuk Wolves di Premier League pada 2018—2023.

5. Roberto Firmino

5 Pemain EPL yang Hijrah ke Liga Arab Saudi pada Musim Panas 2023Roberto Firmino tersenyum di sesi latihan bersama Al-Ahli. (instagram.com/alahliclub.sa)

Roberto Firmino menjadi pemain kelima yang pindah dari Premier League (EPL) ke Saudi Pro League. Striker Brasil ini berhasil direkrut Al-Ahli secara cuma-cuma dari Liverpool. Seperti empat pemain EPL lainnya, ia juga dikontrak selama 3 musim hingga Juni 2026.

Firmino telah menghabiskan 8 musim bermain untuk Liverpool. Ia diboyong dari TSG Hoffenheim pada 2015. Sejak saat itu, Firmino menjadi salah satu penyerang yang diandalkan Liverpool. Dalam 8 musim di Premier League, Roberto Firmino telah mencatatkan 256 penampilan, 82 gol, dan 55 assist untuk Liverpool.

Kepindahan Cristiano Ronaldo pada musim dingin Januari 2023 tampaknya menjadi pembuka jalan bagi bintang dunia lainnya bermain di Liga Arab Saudi. Terbukti, beberapa pemain top Premier League di atas berhasil direkrut klub-klub Arab Saudi. Pemain seperti N'Golo Kante, Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly, Ruben Neves, hingga Roberto Firmino merupakan pemain berkualitas yang sudah membuktikan tajinya di Liga Inggris.

Lalu, muncul pertanyaan, apakah kepindahan para bintang ini akan mendorong lebih banyak lagi pemain besar bermain di Liga Arab? Selain itu, apakah para pemain ini akan meningkatkan kualitas Saudi Pro League? Jawaban dari kedua pertanyaan itu kemungkinan besar akan kita temukan pada masa yang akan datang.

Baca Juga: Ikuti Jejak Kante, Edouard Mendy Sepakat Gabung Klub Saudi Pro League

Widyastuti Lintang Sari Photo Verified Writer Widyastuti Lintang Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya