Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB Stuttgart

Torehan golnya melampaui Harry Kane

Bundesliga Jerman 2023/2024 telah memasuki pekan ketujuh. Salah satu hal yang menarik ialah performa VfB Stuttgart yang berhasil menduduki posisi kedua klasemen. Hal ini berbanding terbalik dengan musim lalu di mana mereka hampir terdegradasi.

Performa apik VfB Stuttgart musim ini tidak terlepas dari penampilan impresif striker mereka, Serhou Guirassy. Striker Timnas Guinea ini telah mengemas 13 gol dalam 7 laga. Ia pun menarik minat banyak pihak saat ini.

Bagi yang penasaran akan sosoknya, berikut profil Serhou Guirassy, striker tajam VfB Stuttgart.

1. Berawal sebagai pemain pinjaman di VfB Stuttgart

Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB StuttgartSerhou Guirassy (tengah) menandatangani kontrak pembelian dirinya dengan VfB Stuttgart, Rabu (31/05/2023). (twitter.com/VfB)

Serhou Guirassy awalnya berstatus sebagai pemain pinjaman di VfB Stuttgart pada 2022/2023. Ia mulanya dipinjam Stuttgart dari klub Prancis, Stade Rennais, pada September 2022. Selama semusim masa peminjamannya, Guirassy mampu tampil impresif hingga akhirnya dipermanenkan pada akhir musim 2022/2023. 

Serhou Guirassy, yang sempat absen enam kali karena cedera otot, sukses membukukan 11 gol dari 22 penampilan di Bundesliga 2022/2023. Ia lalu mencetak 1 gol dan 1 assist di 2 pertandingan degradasi playoff. Dirinya juga tampil baik di DFB Pokal dengan mencetak 2 gol dan 1 assist dalam 4 laga. Dengan torehan 14 gol, Serhou Guirassy menjadi pencetak gol terbanyak untuk Stuttgart pada musim tersebut.

2. VfB Stuttgart merupakan klub Jerman kedua bagi Serhou Guirassy

Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB StuttgartSerhou Guirassy saat berseragam FC Koln di tahun 2016. (twitter.com/fckoeln)

Sebelum bergabung dengan VfB Stuttgart, Serhou Guirassy terlebih dahulu merasakan atmosfer Bundesliga bersama FC Koeln. Pada musim panas 2016, ia diboyong FC Koeln dari LOSC Lille dengan biaya sebesar 3,8 juta euro atau saat ini sekitar Rp62 miliar. Serhou Guirassy menghabiskan sekitar 3 musim bersama FC Koeln hingga 2018/2019, sebelum akhirnya dipinjamkan dan kembali ke Ligue 1 Prancis.

Penampilan Guirassy bersama FC Koeln bisa dibilang belum optimal karena sering kali terkena cedera. Pada awal kedatangannya, ia harus menjalani operasi meniskus. Setelah itu, ia mengalami gangguan otot pada Desember. Akhirnya, ia hanya memainkan enam laga pada 2016/2017.

Pada 2017/2018, Serhou Guirassy mencatatkan 22 penampilan dan 9 gol untuk FC Koeln di seluruh kompetisi. Pada musim itu, ia juga kembali mengalami cedera, yakni gangguan ankle, hingga naik ke meja operasi. Selanjutnya, Guirassy bermain di 2. Bundesliga pada musim terakhirnya bersama FC Koeln.

Baca Juga: 10 Potret Serhou Guirassy, Ujung Tombak Baru VfB Stuttgart

3. Berpotensi menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga 2023/2024

Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB Stuttgartpotret Serhou Guirassy (twitter.com/Guirassy_19)

Hingga pekan ketujuh Bundesliga, Serhou Guirassy telah mencetak 13 gol untuk VfB Stuttgart. Dirinya berhasil melampaui catatan striker Inggris, Harry Kane, dengan 8 gol serta ujung tombak Bayer Leverkusen, Victor Boniface, dengan 7 gol. Torehan itu membuat Guirassy menjadi pencetak gol terbanyak untuk saat ini.

Tiga belas gol yang Serhou Guirassy cetak terdiri dari dua gol ke gawang VfL Bochum di laga perdana Bundesliga VfB Stuttgart. Lalu, ia mencetak gol semata wayang ketika VfB Stuttgart menderita kekalahan di pertandingan melawan RB Leipzig. Selanjutnya, ia mencetak brace, lalu hattrick dan brace kembali secara berurutan di laga melawan SC Freiburg, FSV Mainz 05, Darmstadts 98. 

Terakhir, ia mencetak hattrick keduanya ke gawang VfL Wolfsburg pada pekan ketujuh Bundesliga. Ketiga gol tersebut ia cetak pada babak kedua. Jika terus stabil mencetak gol, maka bukan tidak mungkin striker 27 tahun ini akan menjadi pencetak gol terbanyak Bundesliga 2023/2024.

4. Sempat membela Timnas Prancis kelompok umur

Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB StuttgartSerhou Guirassy (nomor tiga kiri atas) di skuad Timnas U-19 Prancis. (twitter.com/Guirassy_19)

Serhou Guirassy yang lahir dan tumbuh besar di Prancis pernah membela Les Bleus di tiga kelompok usia. Ia pertama kali bermain untuk Prancis di tim U-16 pada 2012. Dirinya tercatat memainkan 4 laga persahabatan U-16 dan mencetak 1 gol.

Selanjutnya, Guirassy memperkuat tim U-19 pada 2014—2015. Ia bermain di sebelas pertandingan, baik ajang persahabatan maupun Euro U-19. Ia juga tercatat mencetak total enam gol.

Terakhir, Serhou Guirassy bermain untuk Prancis U-20 pada 2015—2016. Dirinya berhasil tampil di sembilan laga persahabatan. Ia juga sukses mencetak lima gol.

5. Serhou Guirassy beralih membela Timnas Guinea

Profil Serhou Guirassy, Striker Tajam VfB StuttgartSerhou Guirassy saat membela Timnas Guinea di kualifikasi AFCON 2023. (twitter.com/Guirassy_19)

Pada level senior, Serhou Guirassy memilih untuk memperkuat Timnas Guinea. Keputusan untuk membela tanah kelahiran orangtuanya itu terjadi pada Maret 2022. Ia lantas debut di pertandingan persahabatan melawan Afrika Selatan pada 25 Maret 2022.

Sejauh ini, Guirassy telah memainkan delapan pertandingan untuk Guinea. Empat pertandingan merupakan laga persahabatan, sedangkan empat lainnya adalah pertandingan kualifikasi AFCON 2023 di mana Guinea berhasil lolos ke babak final. Ia juga telah mencetak dua gol untuk Guinea.

Penampilan Serhou Guirassy pada awal musim telah mengejutkan banyak pihak. Petualangan keduanya di Bundesliga tampak menjanjikan setelah tidak optimal bersama FC Koeln. Muncul pertanyaan, mampukah ia mempertahankan performanya yang baik sepanjang musim ini? Menarik untuk kita saksikan performanya hingga akhir musim Bundesliga 2023/2024!

Baca Juga: 5 Pemain Non-Eropa di Skuad VfB Stuttgart, Serhou Guirassy Subur!

Widyastuti Lintang Sari Photo Verified Writer Widyastuti Lintang Sari

Menulis hal-hal yang dekat dan disukai diri sendiri.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya