Penuh Bintang, Southgate Rilis Skuat Sementara Inggris untuk Euro 2020

Skuad tiga singa haus gelar juara

Jakarta, IDN Times - Setelah Premier League berakhir akhir pekan kemarin, Gareth Southgate merilis 33 nama pemain yang mengisi skuad sementara Inggris untuk Euro 2021. Nantinya, pada 1 Juni 2021, Southgate akan memangkas jumlah tersebut menjadi 26 pemain seperti ketentuan turnamen.

Southgate memanggil banyak pemain dikarenakan banyak pemain pilihannya yang mengalami cedera. Jordan Henderson, Harry Maguire dan Nick Pope diketahui masih mengalami cedera. Artinya Southgate masih menunggu pemain tersebut pulih 100%. Jika tidak ada kabar baik, Southgate tinggal memilih pemain yang tersedia.

1. Dominasi Manchester United

Penuh Bintang, Southgate Rilis Skuat Sementara Inggris untuk Euro 2020Harry Maguire (unitedinfocus.com)

Manchester United menyumbang pemain paling banyak dalam daftar kali ini. Tercatat 5 pemain The Reds Devils dipanggil oleh Southgate, yaitu Dean Henderson, Harry Maguire, Luke Shaw, Marcus Rashford, dan Mason Greenwood.

Sebenarnya hal ini masih bisa bertambah karena Southgate juga memanggil Jesse Lingard. Lingard merupakan pemain Manchester United yang dipinjamkan ke West Ham pada jeda transfer musim dingin lalu.

Manchester City menyusul tetangganya dengan menyumbang 4 pemain. Sedangkan Chelsea, Aston Villa, dan Everton mengirimkan masing-masing 3 pemain untuk The Three Lions.

2. Trent Alexander-Arnold masuk skuad

Penuh Bintang, Southgate Rilis Skuat Sementara Inggris untuk Euro 2020Trent Alexander-Arnold (liverpool.com)

Bek Liverpool, Trent Alexander-Arnold kembali dipanggil oleh Gareth Southgate. Sebelumnya Alexander-Arnold dicoret dari Timnas Inggris yang menghebohkan publik sepak bola Negeri Ratu Elizabeth.

Southgate sempat mengatakan bahwa Trent Alexander-Arnold tidak mencapai ekspektasi yang diinginkan. Namun, dalam sebulan terakhir ia mampu meningkatkan performanya dan mengantarkan Liverpool lolos ke Liga Champions musim depan. Nantinya, ia akan bersaing dengan Kyle Walker, Reece James, dan Kieran Trippier.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Bakal Absen di Euro 2020, Haaland Salah Satunya!

3. Pemanggilan pemain minim pengalaman

Penuh Bintang, Southgate Rilis Skuat Sementara Inggris untuk Euro 2020Ben Godfrey (yorkcityfootballclub.co.uk)

Southgate secara mengejutkan juga memanggil beberapa pemain yang masih minim pengalaman. Ia memanggil Ben White dan Ben Godfrey yang belum berpengalaman di Timnas Inggris. 

Ben White dan Ben Godfrey mampu tampil impresif musim ini bersama klubnya masing-masing, yakni Brighton dan Everton. Hal inilah yang menjadi dasar Southgate memasukkan nama mereka di skuad sementara Timnas Inggris.

4. Lini belakang dan depan yang menjanjikan

Penuh Bintang, Southgate Rilis Skuat Sementara Inggris untuk Euro 2020John Stones (skysports.com)

Pelatih Inggris, Gareth Southgate, agaknya tidak perlu risau dengan kekuatan lini belakang dan depan skuadnya. Kedua lini tersebut diisi oleh pemain-pemain yang berkualitas dan memiliki mental juara.

Di lini belakang, Inggris akan diperkuat oleh Kyle Walker, John Stones, dan Kieran Trippier. Mereka bertiga baru saja mengantarkan tim yang mereka bela menjadi juara di liganya masing-masing, yakni Atletico Madrid dan Manchester City.

Sementara lini depan diisi oleh Harry Kane. Pemain yang juga berstatus kapten tim tersebut menjadi top skor Premier League dengan torehan 23 gol. Selain Kane, Inggris masih memiliki Dominic Calvert-Lewin dan Marcus Rasford yang tidak kalah tajamnya.

5. Andalkan alumni Piala Dunia 2018

Penuh Bintang, Southgate Rilis Skuat Sementara Inggris untuk Euro 2020Harry Kane (skysports.com)

Meskipun diisi oleh banyak muka-muka baru, Southgate masih memanggil beberapa pemain yang bermain di Piala Dunia 2018. Inggris saat itu berhasil mencapai semifinal, sebelum dikalahkan oleh Kroasia 2-1 melalui babak perpanjangan waktu. Pemain-pemain tersebut tetap akan menjadi tulang punggung di gelaran Euro kali ini. 

Berikut adalah susunan skuat sementara Inggris untuk Euro 2020

Kiper: Dean Henderson (Manchester United), Sam Johnstone (West Brom), Aaron Ramsdale (Sheffield United), dan Jordan Pickford (Everton)

Bek: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Ben Chilwell (Chelsea), Conor Coady (Wolverhampton Wanderers), Ben Godfrey (Everton), Reece James (Chelsea), Harry Maguire (Manchester United), Tyrone Mings (Aston Villa), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Atletico Madrid), Kyle Walker (Manchester City), dan Ben White (Brighton)

Gelandang: Jude Bellingham (Borussia Dortmund), Jordan Henderson (Liverpool), Jesse Lingard (West Ham), Mason Mount (Chelsea), Kalvin Phillips (Leeds), Declan Rice (West Ham), dan James Ward-Prowse (Southampton).

Penyerang: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Aston Villa), Mason Greenwood (Manchester United), Harry Kane (Tottenham), Marcus Rashford (Manchester United), Bukayo Saka (Arsenal), Raheem Sterling (Manchester City), Jadon Sancho (Borussia Dortmund), dan Ollie Watkins (Aston Villa).

Baca Juga: 5 Wajah Baru di Skuad Timnas Belgia untuk Euro 2020, Siapa Saja?

Yoga Adi Photo Verified Writer Yoga Adi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya