Apa itu GOAT dalam Sepak Bola? Ini Penjelasan dan Sejarahnya

Jadi siapa yang pantas dijuluki GOAT?

Apakah kamu sering mendengar dan membaca istilah GOAT di media sosial atau dari temanmu? Istilah GOAT sering digunakan oleh para penggemar olahraga, termasuk sepak bola. Apalagi istilah ini makin santer disebut-sebut oleh warganet selama gelaran Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebenarnya apa itu GOAT? IDN Times sudah merangkum penjelasan lengkap serta awal mula istilah GOAT mulai dipopulerkan. Pokoknya simak sampai habis, ya!

1. Apa itu GOAT?

Apa itu GOAT dalam Sepak Bola? Ini Penjelasan dan Sejarahnyapotret Lionel Messi (instagram.com/leomessi)

Apa yang dimaksud GOAT? Istilah GOAT secara harfiah bukan berarti kambing, meski dalam bahasa Inggris kata kambing adalah goat.

Sebenarnya, arti GOAT adalah sebutan atau julukan untuk seseorang yang terbaik. GOAT merupakan kependekan dari Greatest of All Time atau yang terbaik sepanjang masa.

Dalam dunia olahraga, julukan GOAT sering dipakai untuk menjuluki atlet tertentu yang memiliki kualitas terbaik dengan prestasi juara yang luar biasa di setiap era. Mereka biasanya memiliki kemampuan luar biasa selama bertahun-tahun, dimulai sejak mengawali karier olahraganya.

Untuk itu, atlet yang menyandang julukan ini biasanya sudah lama berkarier sebagai atlet dan tetap memiliki kemampuan di atas rata-rata. Jadi, bisa disimpulkan bahwa GOAT artinya sebutan atau julukan untuk seseorang yang terbaik di bidangnya.

2. Sejarah istilah GOAT dalam olahraga

Apa itu GOAT dalam Sepak Bola? Ini Penjelasan dan SejarahnyaMuhammad Ali (instagram.com/muhammadali)

Istilah GOAT diperkirakan muncul pertama kali pada tahun 1992 untuk menjuluki Muhammad Ali, petinju legendaris asal Amerika Serikat. Saat itu, istri Muhammad Ali, Lonnie Ali yang pertama kali memunculkan istilah Greatest of All Time. Tepatnya ketika Lonnie mendirikan perusahaan bernama Greatest of All Time (GOAT Inc.).

Setelah itu, istilah GOAT mulai banyak dipakai oleh orang-orang untuk menyebut para atlet hebat. Misalnya, LeBron James sebagai GOAT dalam olahraga bola basket, Rafael Nadal dalam olahraga tenis, Muhammad Ali sebagai petinju, termasuk Lionel Messi sebagai GOAT pada dunia sepak bola.

Nama-nama tersebut dikenal karena kemampuan dan prestasinya yang tidak main-main. Mereka dianggap memiliki kehebatan dan masa kejayaan pada era tertentu.

Baca Juga: 11 Posisi Pemain Sepak Bola Terlengkap, Anak Bola Wajib Tahu

3. Julukan GOAT untuk Lionel Messi

Apa itu GOAT dalam Sepak Bola? Ini Penjelasan dan SejarahnyaLionel Messi pada cover majalah Paper (twitter.com/adidasfootball)

Siapa GOAT sepak bola? Siapa GOAT nomor 1 di dunia? Rasanya julukan ini sudah terpatri pada beberapa nama pemain bola profesional.

Dalam dunia sepak bola, ada beberapa nama yang dinilai pantas dijuluki GOAT. Mulai dari Diego Maradona, Pele, hingga Lionel Messi. Seperti yang diketahui, Lionel Messi sukses menyempurnakan torehan trofinya selama berkarier sebagai pesepak bola dengan membawa Argentina menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar. 

Bahkan, pada partai final melawan Prancis, Messi mencetak dua gol sekaligus mendapatkan penghargaan Golden Ball atau pemain terbaik pada Piala Dunia 2022 Qatar.

Selain itu, usia Messi yang tidak muda lagi sebagai pemain bola membuat banyak pihak mendukung Messi dan Argentina agar menjuarai Piala Dunia 2022. Sebab tidak ada jaminan Messi akan ikut di edisi piala dunia empat tahun lagi. Oleh sebab itu, Piala Dunia 2022 dinilai menjadi kesempatan terakhir bagi Messi untuk melengkapi daftar trofi yang sudah ia raih.

Kini, trofi yang dikoleksi Messi bersama klub dan timnas Argentina sudah lengkap. Mulai dari 10 trofi La Liga, 1 trofi Ligue 1, 7 Copa del Rey, 7 Supercopa de Espana, 4 trofi Champions League, 3 UEFA Super Cup, 3 Club World Cup, 1 trofi Copa America, 7 trofi Ballon d'Or, dan terakhir, 1 trofi piala dunia.

Hal itu membuat banyak pihak menilai Lionel Messi adalah pesepak bola yang paling pantas mendapat julukan the Greatest of All Time (GOAT).

4. Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo?

Apa itu GOAT dalam Sepak Bola? Ini Penjelasan dan SejarahnyaLionel Messi dan Cristiano Ronaldo menjadi ambassador brand Louis Vuitton (instagram.com/leomessi)

Sebenarnya julukan GOAT adalah sangat subjektif. Setiap orang punya pilihannya masing-masing tentang siapa yang paling layak mendapat julukan tersebut. Makanya, tidak jarang hal itu menimbulkan perdebatan di kalangan warganet.

Misalnya, pada awal mula gelaran Piala Dunia 2022 Qatar, banyak pihak memperdebatkan siapa yang paling pantas menyandang julukan tersebut, apakah Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo. Pasalnya, keduanya yang paling dinilai menjadi bintang sepak bola dengan talenta luar biasa. Apalagi keduanya belum tentu bermain lagi di Piala Dunia 2026 nanti.

Ditambah persaingan keduanya sejak Lionel Messi di Barcelona dan Cristiano Ronaldo di Real Madrid memang sudah sengit. Keduanya sama-sama haus akan juara dan penghargaan lainnya.

Menurut kamu, kira-kira siapa pemain bola yang paling pantas mendapat julukan The GOAT?

Baca Juga: 5 Sumber Kekayaan Messi, Ada Kontrak Brand Seumur Hidup

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Jumawan Syahrudin
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya