7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit Utang

Ada yang pernah bermain di Indonesia

Pemain sepak bola biasanya dikenal dengan gaya hidup mewah dan kekasih yang memesona. Tidak jarang banyak anak-anak yang bercita-cita menjadi pesepak bola terkenal karena selain kaya raya, mereka juga bisa hidup dengan menjalani hobi.

Namun, sepak bola tidak selamanya membuat seseorang menjadi kaya raya sepanjang hidup. Ada beberapa pemain bola kaya raya yang mendadak miskin karena satu dan lain hal. Mulai dari karena terlilit utang, sering bermain judi, hingga kurangnya skill mengatur keuangan.

Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di artikel ini, yuk!

1. Eric Djemba-Djemba

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit UtangEric Djemba-Djemba (instagram.com/djembadjemba1999)

Eric Djemba-Djemba merupakan mantan pemain Manchester United era pelatih Sir Alex Ferguson. Pada 2003, ia direkrut dari Nantes, klub Liga Prancis.

Pada 2015, Djemba-Djemba sempat berseragam Persebaya Surabaya di Indonesia Super League (ISL). Sayangnya, ia dinilai tidak pintar untuk mengatur uang dengan baik dan terlena pada gaya hidup bermewah-mewahan. Ia diketahui memiliki 4 mobil mewah dan 30 rekening bank.

Setelah dari Indonesia, ia kembali ke Prancis dan bergabung dengan klub amatir di sana. Ia pensiun pada 2020 atau saat berusia 39 tahun.

2. Celestine Babayaro

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit UtangCelestine Babayaro (twitter.com/ChampionsLeague)

Celestine Babayaro merupakan pemain sepak bola yang pernah berseragam Chelsea dan Newcastle. Pada masa kejayaannya, pemain timnas Nigeria ini pernah menghasilkan sekitar 25 ribu pounds atau Rp488 juta per minggu.

Namun pada 2010, kekayaannya menurun dan akhirnya dinyatakan bangkrut di pengadilan Croydon karena digugat oleh kreditur. Sejak saat itu, Babayaro mengalami masalah finansial serius. Ia sempat menjual rumah mewahnya di Shepperton, Middlesex senilai 475 ribu pounds atau Rp9,2 miliar.

3. John Arne Riise

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit UtangJohn Arne Riise (liverpoolfc.com)

Pemain sepak bola kaya raya yang mendadak jatuh miskin berikutnya adalah John Arne Riise, mantan pemain Liverpool dan AS Roma. Bersama Liverpool, Riise tampil sebanyak 339 kali. Sedangkan di AS Roma, ia bermain sebanyak 132 kali.

Namun, pada 2007 ia dinyatakan bangkrut karena memiliki utang senilai 100 ribu pounds atau Rp1,9 miliar. Utang yang tak kunjung dibayar itu berasal dari bisnisnya yang gagal, termasuk bisnis hotel.

4. Paul Merson

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit Utangpotret Paul Merson (twitter.com/Arsenal)

Pesepak bola berikutnya adalah Paul Merson. Mantan pemain Arsenal ini diduga mulai mengalami masalah finansial karena gaya hidup yang buruk. Ia sering menghambur-hamburkan uang untuk kepuasan pribadinya.

Gaji yang didapatnya selama aktif bermain sepak bola di era 90-an lantas perlahan habis. Pada 2006, ia memutuskan pensiun dari sepak bola.

5. David James

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit UtangDavid James (twitter.com/LFC)

Pesepak bola kaya raya yang jatuh miskin berikutnya adalah David James. Ia merupakan mantan pemain Liverpool, Manchester City, dan West Ham United.

Ia diketahui memiliki harta senilai 20 juta pounds atau Rp325 miliar. Namun, mantan pemain timnas Inggris ini dinyatakan bangkrut pada Mei 2014 karena utang menumpuk. Khususnya ketika bercerai pada 2005.

Bahkan, David James diketahui sempat menjual beberapa barang pribadinya seperti bola hingga jersey.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola yang Pernah Diskors selain Lionel Messi

6. Keith Gillespie

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit Utangpotret Keith Gillespie (chroniclelive.co.uk)

Keith Gillespie merupakan mantan pemain Manchester United hingga Newcastle yang mengalami masalah finansial. Pemain asal Inggris ini bangkrut karena sering menggunakan uangnya untuk berjudi. Dalam sebuah wawancara, ia mengaku kehilangan sekitar 7 juta pounds atau Rp136 miliar.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola Terkaya di Dunia, Ada dari Brunei Darussalam

7. Diego Maradona

7 Pemain Bola Kaya Raya yang Mendadak Miskin, Terlilit Utangpotret Maradona (instagram.com/Maradona)

Pemain bola kaya raya yang jatuh miskin berikutnya adalah Diego Maradona. Bintang sepak bola ini dikenal memiliki utang yang melimpah. Banyak pihak yang menyayangkan kehidupan Maradona yang dikelilingi kontroversi semasa hidup.

Pada 2009, otoritas Italia menyebut Maradona berutang 37 juta euro atau Rp602 miliar dalam bentuk pajak, penalti, hingga bunga saat ia berseragam Napoli. Bahkan pada 2010, ia berhenti sebagai pelatih timnas Argentina setelah catatan buruk yang dialami skuad asuhannya.

Meski begitu, Diego Maradona tetap menjadi legenda sepak bola dunia yang akan selalu dikenang. Terutama bagi seluruh masyarakat Argentina.

Demikianlah daftar pemain bola kaya raya yang mendadak miskin karena beberapa hal. Mulai dari terlilit utang hingga gaya hidup yang buruk.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola yang Baru Bersinar Menjelang Usia 30-an

Topik:

  • Yogama W
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya