Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace Berdarah Indonesia

Ada darah Indonesia dari ibunya

Pemain Crystal Palace berkebangsaan Belanda, Jairo Riedewald dikabarkan terbuka untuk membela timnas Indonesia. Kabar ini beredar di media sosial setelah akun Instagram @pemainketurunan.id berbalas pesan dengan Jairo lewat DM Instagram.

Akun Instagram tersebut bertanya apakah Jairo pernah dikontak oleh PSSI tentang ajakan membela timnas Indonesia. Jairo pun menjawab bahwa akan selalu ada kemungkinan dan hanya waktu yang bisa berbicara.

Lantas, namanya pun mulai ramai dibicarakan di media sosial oleh pencinta sepak bola Indonesia. Berikut profil Jairo Riedewald serta perjalanan karier sepak bolanya.

1. Profil Jairo Jocquim Riedewald

Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace Berdarah IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (skysports.com)

Bernama lengkap Jairo Jocquim Riedewald, pemain ini lahir di Haarlem, Belanda pada 9 September 1996. Pemain sepak bola setinggi 182 cm ini berposisi sebagai gelandang bertahan dengan kaki kiri sebagai andalan.

Saat ini, Jairo Riedewald membela klub Liga Inggris, Crystal Palace. Melansir Transfermarkt, Jairo bergabung ke The Eagles sejak 2017 dan kontraknya akan habis pada Juni 2024 mendatang.

Kabarnya, Jairo memiliki darah Indonesia dari ibunya yang merupakan keturunan Belanda-Indonesia karena neneknya merupakan orang Ambon. Sedangkan ayahnya merupakan warga negara Suriname yang juga memiliki kedekatan sejarah dengan Indonesia.

2. Mulai karier di Ajax Amsterdam

Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace Berdarah IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (skysports.com)

Jairo Riedewald mengawali karier sepak bolanya sejak kecil dengan bergabung ke akademi sepak bola Haarlem, tanah kelahirannya. Pada usia 11 tahun, Jairo lantas pindah ke akademi Ajax Amsterdam Youth.

Jairo pun mulai berkembang bersama Ajax. Pada 2011, Jairo bergabung ke Ajax U17. Dua tahun berikutnya, Jairo sudah membela Ajax U19. Dia tampil sebanyak 23 kali di semua kompetisi bersama Ajax U19 dengan mengemas 1 gol dan 1 assist.

Momen terbaiknya terjadi pada 2014, yaitu ketika Jairo dipercaya membela skuad utama Ajax. Jairo membela Ajax Amsterdam selama tiga tahun dengan bermain sebanyak 93 kali. Bersama Ajax, Jairo mengemas 3 gol dan 3 assist.

Selain tampil di Eredivisie, Jairo juga bermain di beberapa kompetisi lainnya seperti Liga Champions, Liga Eropa, dan KNVB Beker.

Baca Juga: 11 Pemain Naturalisasi Indonesia Era Shin Tae Yong, Siapa Saja?

3. Cicipi sepak bola Inggris bersama The Eagles

Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace Berdarah IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (transfermarkt.com)

Pada Juli 2017, Jairo Riedewald memutuskan hijrah ke sepak bola Inggris dengan bergabung ke Crystal Palace. Jairo Riedewald menggunakan nomor punggung 44 di Crystal Palace.

Bersama The Eagles, Jairo Riedewald telah tampil sebanyak 91 kali dengan mengemas 3 gol dan 1 assist di semua kompetisi. Selain di Liga Inggris, Jairo juga pernah bermain di FA Cup dan EFL Carabao Cup.

Baca Juga: 7 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia di Piala Asia, Ada Pangeran

4. Bela timnas Belanda dari kelompok umur hingga senior

Jairo Riedewald, Pemain Crystal Palace Berdarah IndonesiaJairo Riedewald, Pemain Crystal Palace yang Bisa Bela Indonesia (ajax.nl)

Selama berkarier sebagai pesepak bola, Jairo Riedewald sudah membela timnas Belanda pada kelompok umur. Mulai dari Belanda U15, U16, U17, U19, dan U21. Pada September 2015, Jairo Riedewald berhasil debut bersama timnas utama Belanda. Hingga saat ini, dia telah tampil sebanyak tiga kali bersama tim Oranje.

Dengan perjalanan kariernya tersebut, masih mungkinkah Jairo Riedewald membela timnas Indonesia? Seperti kata Jairo di DM Instagram, hanya waktu yang bisa berbicara.

Baca Juga: Profil Sandy Walsh, Bek Naturalisasi Timnas Kelahiran Belgia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya