Profil Thom Haye, Gelandang Belanda yang Diisukan Bela Indonesia

Pernah bermain di AZ Alkmaar

Belakangan, nama Thom Haye ramai dibicarakan oleh pencinta sepak bola Indonesia. Thom Haye merupakan pemain Belanda yang diisukan akan menjadi pemain naturalisasi timnas Indonesia. Saat ini, Haye bermain di klub Belanda Eredivisie, SC Heerenveen sebagai gelandang bertahan.

Thom Haye sempat memperkuat beberapa klub Eropa, mulai dari AZ Alkmaar, ADO Den Haag, Lecce, hingga Heerenveen. Seperti apa profil dan perjalanan kariernya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

1. Gelandang tengah yang punya darah Jawa-Sulawesi

Profil Thom Haye, Gelandang Belanda yang Diisukan Bela IndonesiaThom Haye (Instagram.com/thomhaye)

Thom Jan Marinus Haye merupakan pemain sepak bola kelahiran Amsterdam, Belanda pada 9 Februari 1995. Thom Haye memiliki darah keturunan Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Solo, Jawa Tengah dan neneknya dari Sulawesi Utara.

Sebagai pesepak bola, Thom Haye lebih sering bermain sebagai gelandang bertahan. Meski begitu, tidak jarang dia menempati posisi gelandang serang hingga gelandang sayap.

2. Cari pengalaman bermain di Amsterdam dan Alkmaar

Profil Thom Haye, Gelandang Belanda yang Diisukan Bela IndonesiaThom Haye (Instagram.com/thomhaye)

Melansir Transfermarkt, Thom Haye memulai karier sepak bolanya dengan bergabung ke akademi AFC Amsterdam hingga 2006. Kemudian Haye mencari pengalaman lebih banyak dengan pindah ke akademi AZ Alkmaar sejak 2006 hingga 2012.

Haye pun melanjutkan kariernya di AZ Alkmaar dengan membela skuad mudanya, yaitu U-17, U-19, dan U-21. Penampilannya tokcer saat bermain di tim U-21 dengan mengemas lima gol dan tiga assist dari 20 pertandingan.

3. Gonta-ganti klub dan posisi bermain

Profil Thom Haye, Gelandang Belanda yang Diisukan Bela IndonesiaThom Haye (Instagram.com/thomhaye)

Pada musim 2014/15, Thom Haye akhirnya berhasil menembus skuad senior AZ Alkmaar. Selama dua musim, Haye mencatatkan dua gol dan lima assist dari 73 penampilan.

AZ Alkmaar mengakhiri kontrak Thom Haye dengan status bebas transfer pada musim 2016/17. Haye bergabung ke klub liga Belanda kasta kedua, Willem II. Bersama tim barunya, Haye tidak ditempatkan sebagai gelandang bertahan. Melainkan posisi gelandang serang dan penyerang sayap.

Bersama Willem II, Haye hanya mampu membawa timnya melangkah ke semifinal Piala Belanda. Mereka kalah dari Feyenoord 3-0 pada babak semifinal.

Thom Haye juga sempat hijrah ke Italia dengan bergabung ke klub Serie B, Lecce. Lagi-lagi, dia bergabung dengan status bebas transfer. Sayangnya, karier Haye di Italia tak begitu apik. Dia hanya bermain 15 kali tanpa gol dan 1 assist.

Haye pun sempat berstatus tanpa klub selama bursa transfer musim panas sebelum akhirnya dikontrak ADO Den Haag pada musim 2019/20. Di sana pun dia hanya tampil sebanyak 9 kali dan tanpa gol maupun assist.

Di tengah musim, Haye dipinjamkan ke klub Belanda, NAC Breda. Pada akhir musim, dia dipermanenkan oleh NAC Breda dengan biaya transfer gratis. Bersama Breda, Thomas Haye cukup menunjukkan performa terbaiknya dengan mencatatkan 8 gol dan 16 assist dari 69 penampilan. Dia juga dikembalikan ke posisi terbaiknya sebagai gelandang bertahan.

Setelah dua musim bersama NAC Breda, Thom Haye ditransfer ke SC Heerenveen pada musim dingin 2021/22 dengan biaya sebesar 750 ribu euro atau setara Rp15 miliar selama dua musim.

Hingga Desember 2023, Thom Haye mencatatkan 5 gol dan 10 assist dari 66 penampilan bersama SC Heerenveen.

4. Bawa timnas muda Belanda dua kali juara EURO

Profil Thom Haye, Gelandang Belanda yang Diisukan Bela IndonesiaThom Haye (Instagram.com/thomhaye)

Dilansir Transfermarkt, Thom Haye juga dipercaya untuk membela timnas muda Belanda, mulai dari tim U-15, U-16, U-17, U-19, U-20, dan U-21. Namun, penampilan terbaiknya terjadi saat Haye membela Belanda U-17. Haye mencatatkan 3 gol dari 18 caps bersama tim Oranje.

Puncaknya pada 2011 dan 2012, Thom Haye turut mengantarkan Belanda U-17 menjuarai dua trofi EURO U-17. Pada final EURO U-17 2012, Haye menyumbangkan satu assist untuk gol Elton Acolatse.

Meski begitu, hingga saat ini Thom Haye belum pernah dipanggil untuk skuad utama Belanda. Penampilan terakhir Haye untuk timnas Belanda terjadi saat Belanda U-21 mengalahkan Serbia pada 3 Maret 2016.

Apakah Thom Haye benar-benar akan menjadi pemain naturalisasi timnas Indonesia? Mari kita nantikan, ya!

Baca Juga: Profil Jay Idzes, Pemain Naturalisasi yang Bela Venezia

Topik:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya