Comscore Tracker

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmu

Sedang ramai dibicarakan orang dan sudah direspon Apple

Sudah jatuh tertimpa tangga. Itu yang dirasakan oleh Apple beberapa waktu belakangan ini. Sejumlah pemberitaan dan informasi menuliskan jika penjualan mereka menurun cukup drastis akibat produk-produk mereka, yaitu sekitar 15 persen.

Tim Cook selaku CEO Apple yang sekarang mengakui dan mensinyalir jika angka penjualan tersebut datang akibat harga produk terbaru mereka terlalu mahal, serta waktu rilis yang kurang tepat. Seperti iPhone yang dirilis hanya berselang dalam waktu satu tahun.

Belum selesai menyelesaikan hal tersebut, sekarang beban Apple juga ditambah oleh datangnya masalah di sistem program. FaceTime milik mereka ternyata mampu menyadap pembicaraan orang dan itu membuat khawatir para pengguna akan privasi mereka. Berikut ini adalah detail ulasan terkait masalah tersebut.

1. Kamu bisa mendengar pembicaraan orang sebelum mereka mengangkat FaceTime-nya

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmulatimes.com

Sedang viral di media sosial, sejumlah bug ditemukan di FaceTime. Ketika menjalankan aplikasi tersebut untuk mengontak seseorang, kamu bisa mendengarkan suara yang datang dari telpon lawan bicaramu. Yang menjadi permasalahan adalah suara tersebut bisa kamu dengar, bahkan sebelum lawan bicaramu mengangkat FaceTime panggilanmu.

2. Orang-orang mulai khawatir akan privasi mereka

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmugovtech.com

Para pengguna iPhone khawatir akan privasi mereka. Karena ini FaceTime, bukan hanya suara saja yang dikhawatirkan dapat bocor, melainkan juga gambar. Karena FaceTime memberikan fitur untuk bervideo. Tentu saja ini menjadi masalah besar bagi pihak Apple.

3. Diperkirakan masalah ini diakibatkan oleh iOS 12.1

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmuiphonehacks.com

Bug ini ditemui di iPhone X ketika menelpon iPhone XR, namun diduga semua pengguna alat yang menjalankan iOS 12.1 dan selanjutnya mengalami hal serupa. Cara untuk mengetahui bug ini adalah dengan memulai FaceTime video call dengan kontak yang ada di iPhone-mu.

Saat sedang mencoba mengontak, geser ke atas dari bagian bawah dan tambahkan orang, termasuk kontakmu. Setelah melakukan ini, kamu sudah memulai FaceTime dan dapat mendengar audio dari orang yang kamu kontak, walaupun mereka belum mengangkatnya.

Baca Juga: Apple Akan Rilis 3 iPhone Anyar di 2019, Salah Satunya Punya 3 Kamera!

4. Tak hanya audio, video pun bisa bocor

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmuwcontest.com

9to5Mac juga menemukan masalah jika sang lawan bicara menekan tombol power di layar kunci, mereka bisa mengirim video mereka tanpa diketahui si pemanggil. Dalam situasi ini, lawan kontak hanya dapat mendengar audio si pemanggil namun mereka tidak sadar jika mengirimkan video dan juga audio ke si pemanggil. Dari layar mereka, yang hanya bisa dilihat adalah tulisan accept dan decline. Info terbaru mengatakan jika ada cara lain untuk memunculkan bug ini.

5. Bug tak hanya mempengaruhi iPhone X saja

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmuid.wikipedia.org

Hal ini ternyata juga berlaku untuk iPhone 8 yang menggunakan iOS sama. Bahkan menariknya, jika pengguna iPhone 8 menerima dan menyalakan fitur Do Not Disturb, sang pemanggil tidak akan bisa mengakses microphone sang lawan bicara yang berarti sang pemanggil tidak dapat mendengar apa-apa.

6. Sudah direspon oleh Apple dan FaceTime sedang dibekukan

Ngeri, Bug di FaceTime Apple Bisa Buat Orang Lain Nguping Video Callmuupi.com

Masalah ini sudah didengar oleh pihak Apple dan mereka langsung menginfokan untuk mematikan aplikasi tersebut sementara waktu sampai masalah ini beres. Cukup dengan pergi ke pengaturan dan pilih FaceTime untuk menemukan opsi disable. Pihak Apple mengatakan jika hal ini akan segera diatasi dan diperkirakan akan selesai lewat update terbaru di minggu depan.

Sangat disayangkan kasus Apple ini mencuat tak lama dari hari perayaan internasional privasi data yang jatuh pada 28 Januari. Itu menjadikan Apple terlihat jelek di mata para penggemarnya.

Bahkan terdapat kabar terbaru tentang perusahaan besar teknologi itu dari CNBC jika mereka dituntut oleh seorang pengacara dan memberikan tuduhan kalau Apple sesungguhnya mengetahui bug tersebut. Semoga Apple segera memperbaiki bug ini.

Baca Juga: 7 Produk Apple yang Gagal di Pasaran, Sudah Tahu?

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya