Comscore Tracker

Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!

Secara desain, mereka tak jauh berbeda dengan iPhone 12

iPhone 13 resmi diluncurkan pada Rabu tengah malam tadi (15/9) lewat Apple Event. Memang produk tersebut belum masuk Indonesia dalam waktu dekat, namun ada beberapa fitur yang perlu diperhatikan bagi mereka yang ingin memiliki produk paling gress dari iPhone ini.

Berikut ini fitur-fiturnya.

1. Menggunakan chipset A15 Bionic

Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!varian warna iPhone 13 dan iPhone 13 Mini (dok. Apple/iPhone 13)

Tidak perlu dipertanyakan lagi, Apple memberikan chipset terbarunya untuk generasi terbaru iPhone. Bernama chipset A15 Bionic, digadang-gadang prosesor itu tersebut bekerja 50 persen lebih baik daripada prosesor terbaik dari hape lain. Selain itu, chipset ini juga memberikan banyak kecanggihan fitur serta membuat baterai lebih awet.

2. Desain serupa dengan iPhone 12

Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!desain kamera belakang seluruh varian iPhone 13 (dok. Apple/iPhone 13)

Seperti generasi sebelumnya, iPhone 13 memiliki empat varian: standar, mini, pro, dan pro max. Dari segi desain, keempat varian iPhone 13 ini tidaklah jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Perbedaan yang bisa dilihat terdapat bagian hitam di atas layar yang diperkecil 20 persen serta kamera belakang varian standar serta mini yang ditata menjadi diagonal.

Baca Juga: 7 Masalah iPhone 12 yang Perlu Dibenahi Apple di iPhone 13

3. iPhone 13 memiliki fitur untuk membuat video bergaya film

Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!iPhone 13 dipasangi layar pelindung keramik (dok. Apple/iPhone 13)

Dari seluruh penjelasan selama kurang lebih satu setengah jam, iPhone 13 memiliki satu fitur yang membedakannya dengan iPhone 12, yaitu fitur bernama cinematic mode. Fitur ini memungkinkan penggunanya merekam video yang sangat berkualitas dan bisa disetarakan dengan membuat film. Hal itu disebabkan adanya kemampuan rack focus yang membuat fokus kamera berubah secara otomatis tergantung objek yang diinginkan.

Untuk kamera sendiri, iPhone 13  dan iPhone mini mendapat dua kamera belakang, sedangkan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro max tiga kamera belakang. Seluruh varian itu memiliki lensa 12 MP untuk kamera depan, lensa wide, serta ultra wide. Versi Pro dan Pro Max mendapatkan lensa tambahan telephoto.

4. iPhone 13 pro dan pro max memiliki kemampuan refresh rate otomatis

Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!refresh rate iPhone 13 Pro dan Pro Max (dok. Apple/Iphone 13 Pro)

Lebih dari cinematic mode, iPhone yang memiliki layar super retina XDR tersebut punya fitur lain untuk varian pro dan pro max. Fitur khusus tersebut bernama ProMotion, kemampuan spesial iPhone untuk berganti refresh rate secara otomatis. Dari 30Hz sampai 120Hz, refresh rate ini akan berubah secara otomatis tergantung aplikasi yang kamu gunakan pada saat itu. Membaca akan punya refresh rate berbeda dengan bermain game.

5. Baterai lebih tahan lama

Apple Resmi Rilis iPhone 13, Punya Fitur Rekam Video Film!ilustrasi iphone 13 (appleinsider.com)

Apple menggadang iPhone 13 punya baterai yang lebih besar dan lebih tahan lama berkat chipset Bionic A15 yang lebih efektif. Versi mini dan pro digadang bisa lebih lama 1,5 jam ketimbang generasi sebelumnya, sedangkan untuk versi standar dan pro max bisa lebih lama hingga 2,5 jam. Lebih dari itu, semua varian iPhone 13 telah dipasang sinyal 5G serta memiliki fitur smart data mode yang bisa mengubah otomatis sinyal 5G menjadi LTE sesuai dengan kondisinya.

iPhone Mini dibanderol seharga US$699 atau sekitar Rp15 jutaan, standar US$ 799 atau Rp16 jutaan, pro USD 999 atau Rp20 jutaan, dan pro max USD 1099 atau sekitar Rp22 jutaan. iPhone 13 sudah akan diluncurkan minggu depan, namun untuk pasar Indonesia sendiri masih perlu menunggu beberapa waktu. Bagaimana? Tertarik memilikinya?

Baca Juga: 7 Fitur Eksklusif iPhone 12 Pro yang Tak Ada di iPhone 12

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya