Comscore Tracker

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikan

Kalau tinggi badanmu tidak sesuai, maka percuma saja

Apa kamu merasa leher atau tanganmu pegal saat bekerja di depan laptop? Itu mengindikasikan kalau posisimu menggunakan laptop tidak benar. Bisa jadi posisi laptopmu terlalu rendah, terlalu tinggi, terlalu dekat, atau terlalu jauh.

Masalah terlalu dekat atau terlalu jauhnya laptop mudah diatasi. Cukup menggeser ke depan dan ke belakang saja sudah menyelesaikan masalah.

Berbeda halnya dengan masalah tinggi. Kamu memerlukan aksesori tambahan untuk itu dan namanya adalah stand laptop. Sebelum bergegas mencarinya, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja yang perlu kamu perhatikan dalam membeli stand laptop.

1. Material yang kokoh

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanstand laptop Yanavee (dok. Yanavee)

Mengingat jelasnya kamu tidak ingin laptop yang kamu gunakan tiba-tiba terjatuh, material kokoh jadi pilihan wajib untuk memilih stand laptopmu. Sejauh ini pada umumnya ada tiga material yang sering dipakai menjadi stand: plastik, kayu, dan logam aluminium.

Plastik dan kayu lumayan ringan, tetapi tidak bagus untuk menghantarkan panas. Jika laptopmu mudah panas, ada baiknya kamu memilih yang logam karena panas laptopmu bisa tersalurkan dan mengurangi risiko kerusakan akibat overheating.

2. Fitur ketinggian yang bisa diubah

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanstand laptop (indonesian.alibaba.com)

Masalah ketinggian stand laptop merupakan hal yang krusial. Kalau kamu membeli stand laptop yang ternyata tidak cocok dengan tinggi badanmu, maka kamu akan tetap mudah merasa pegal walau sudah memakai aksesori tersebut.

Sangat disarankan mencari stand laptop yang bisa diubah-ubah ketinggiannya. Ini akan memudahkanmu menentukan ketinggian laptop paling efektif untukmu. Kalau memilih stand laptop yang tingginya tak bisa diubah-ubah, pastikan tinggi stand itu cocok untukmu.

3. Punya rongga ventilasi

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanstand laptop (techdukaan.pk)

Logam aluminium sudah menjadi elemen stand yang bagus agar laptopmu tidak mudah panas. Akan tetapi, bila ingin memaksimalkan kemampuan pendinginan itu, baiknya kamu mencari stand yang aerodinamis. Sisi aerodinamis ini bisa dilihat dari adanya rongga pada bagian penahan dasar stand laptop.

Baca Juga: Auto Lancar, Ini 7 Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot

4. Desain yang ergonomis

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanilustrasi pemakaian stand komputer (thegadgetflow.com)

Ergonomis artinya mendukung performa aktivitas penggunaan laptopmu dan dapat membuatmu beraktivitas dengan rasa nyaman. Stand laptop ergonomis yang spesial bahkan bisa digunakan berdiri. Itu artinya bila kamu capek dengan kondisi duduk terus, kamu dapat berganti posisi sambil tetap memakai laptop.

5. Jika ada fitur cooling fan, akan jauh lebih baik

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanstand laptop dengan cooling fan (nedis.com)

Beberapa stand  laptop menambahkan fitur fan di dalamnya. Fitur ini membuat laptopmu menjadi lebih dingin dan kehilangan risiko rusak akibat kepanasan.

Umumnya untuk bisa menyala, fan tersebut memerlukan bantuan energi lewat kabel USB yang menancap pada laptopmu. Pastikan saja ada slot USB kosong di laptopmu.

6. Praktis untuk dibawa ke mana-mana

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanstand laptop yang bisa ditekuk (indiamart.com)

Alasan kamu memakai laptop selain karena lebih murah, tetapi juga lebih praktis dibawa ke mana-mana. Maka dari itu, stand laptopmu pun juga harus punya kemampuan demikian.

Bila kamu sering pergi sambil membawa laptop, carilah stand laptop yang sekiranya dapat dilipat dan dapat dibawa ke mana-mana pula. Tetapi bila kamu banyak menghabiskan waktu di satu tempat saja, seperti di ruang kerja pribadimu, stand laptop yang besar tidak akan menjadi masalah.

7. Fitur untuk aksesori lain akan menambah fungsi tersendiri

Sebelum Beli Stand Laptop, 7 Hal Ini Perlu Diperhatikanstand laptop (ultimateoffice.com)

Ada beberapa orang, dalam menggunakan laptop kesehariannya, akan dibarengi penggunaan aksesori atau gadget lain, seperti mouse hingga hape. Jika kamu adalah orang tersebut dan tidak mau ribet, carilah stand laptop yang langsung dibarengi stand lainnya. Stand hape misalnya. Alhasil, kamu tidak perlu beli lagi stand untuk aksesori lain yang terpisah.

Tentu saja semua pertimbangan ini baiknya disesuaikan dengan budget-mu. Jadi, kalau kamu bingung, diurutkan saja dahulu poin-poin di daftar ini, berdasarkan mana yang lebih kamu butuhkan.

Baca Juga: 5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya