Comscore Tracker

5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!

Menjaga kesehatan baterai salah satunya #IDNTimesTech

Saat ini laptop adalah salah satu gadget yang tingkat penggunaanya paling besar di dunia selain smartphone. Kebutuhan untuk sekolah pada keadaan pandemi, kebutuhan perkuliahan, dan kebutuhan untuk kerja menjadi alasan mengapa jumlah laptop saat ini sangat banyak dan beragam. 

Sebagai pengguna, kita pastinya ingin laptop dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama, sehingga dapat meminimalisir pengeluaran untuk memperbaiki laptop yang rusak atau membeli laptop baru. Berikut ini merupakan lima cara yang dapat dilakukan agar laptop yang digunakan dapat bertahan lama. 

1. Rutin menyortir aplikasi dan file di laptop

5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!File dan folder yang terdapat pada storage laptop disusun kedalam folder agar memudahkan akses dan menghapus file yang sudah tidak diperlukan (istockphoto.com)

Kebanyakan aplikasi dan file pada storage laptop akan membuat sistem pada laptop bekerja lebih keras dan memperlambat kinerja dari laptop sendiri. Selalu luangkan waktu untuk setidaknya mengatur aplikasi yang sudah tidak terpakai sehingga dapat dihapus dan mengorganisir banyaknya file ke dalam beberapa folder sehingga dapat lebih mudah memilih file apakah yang sekiranya dapat dihapus.

Dengan rutin melakukan pembersihan file dan aplikasi pada laptop, maka storage yang terdapat pada laptop terdapat ruang lagi untuk diisi file penting lainnya. 

2. Jangan charge laptop dalam waktu yang lama

5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!Menghindari pengisian daya baterai laptop dalam jangka waktu panjang (istockphoto.com)

Keseringan mengisi daya pada baterai akan menurunkan performa dari baterai dalam jangka waktu panjang. Hal ini tidak dapat dihindari untuk penggunaan jangka panjang. Masalah yang sering muncul adalah keseringan mengisi daya laptop dalam waktu yang sangat lama seperti charger terus dihubungkan ke laptop meskipun kapasitas baterai sudah penuh atau 100 persen, terutama laptop yang digunakan untuk pekerjaan yang berat seperti bermain game dan video editing dalam keadaan charge.

Dalam jangka waktu lama, hal ini akan berdampak buruk terhadap kesehatan baterai, daya tahan, dan kapasitas baterai sehingga laptop akan lebih mudah kehabisan baterai dan cepat panas. 

Baca Juga: 7 Laptop Gaming Terbaik dengan Daya Tahan Baterai Awet

3. Letakkan laptop pada alas yang tidak menyerap panas

5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!Laptop sebaiknya diletakkan pada media atau alas yang tidak menghantarkan panas seperti meja kayu (istockphoto.com)

Laptop merupakan perangkat elektronik yang cukup besar, sehingga panas yang dihasilkan dari penggunaan laptop juga tinggi. Tempat laptop ditaruh sebagai alas juga berpengaruh terhadap perlepasan panas dari laptop sendiri. Sebaiknya laptop diletakkan pada tempat yang tidak menyerap panas seperti meja kayu dan lantai.

Selain itu, dapat juga diberikan bantuan berupa kipas tambahan laptop untuk mengurangi panas pada laptop. Panas pada laptop yang berlebihan akan membuat kerja laptop menjadi lebih lambat dan baterai lebih cepat habis. 

4. Mengetahui performa dan kualitas laptop

5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!Laptop disesuaikan penggunaanya dengan spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh masing-masing laptop (istockphoto.com)

Ketika membeli laptop harus memperhatikan spesifikasi dan performa dari laptop yang dibeli. Dengan mengetahui hal tersebut, maka pengguna dapat lebih pintar dalam menentukan aplikasi apa saja yang sedianya akan di install pada laptop.

Jika kebutuhan pengguna adalah untuk kebutuhan edukasi seperti sekolah, maka spesifikasi yang dibutuhkan cukup dengan layar yang enak untuk dilihat dan baterai yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Berbeda dengan kebutuhan pengguna yang membutuhkan dukungan performa untuk kebutuhan gaming, maka spesifikasi harus diperhatikan dari chipset, layar, dan baterai yang lebih besar. 

5. Jangan mencabut dan memasang flashdisk sembarangan

5 Cara Ini Bisa Bikin Laptop Kalian Lebih Awet, Cobain Deh!Flashdisk atau harddisk yang terpasang pada laptop harus di-eject terlebih dahulu untuk menyelesaikan proses read and write (istockphoto.com)

Laptop sangat mudah terinfeksi oleh virus terutama pengguna laptop berbasis Windows. Salah satu sumber virus dari laptop adalah sering dihubungkan dengan flashdisk maupun harddisk external yang terdapat virus di dalamnya. Sebaiknya, selalu dilakukan pembersihan laptop secara berkala jika laptop selesai menggunakan flashdisk atau harddisk atau bisa dengan melakukan scan terlebih dahulu untuk flashdisk sebelum digunakan. 

Jika ingin melepas flashdisk atau harddisk yang selesai digunakan, sebaiknya dilakukan proses eject untuk menghentikan proses pembacaan file pada laptop kepada flashdisk atau harddisk.

Laptop yang masih dapat digunakan dengan nyaman dalam jangka waktu panjang akan memberikan kepuasan sendiri terhadap penggunanya. Jadi, rawatlah laptop dengan baik agar umur penggunaannya dapat bertahan lama. 

Baca Juga: 5 Speaker Gaming Logitech Terbaik untuk Komputer, Fitur Premium!

Steven Laivando Photo Writer Steven Laivando

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya