Comscore Tracker

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicoba

Hanya pengguna iPhone 6S ke atas yang bisa mencoba iOS 15

iOS 15 akhirnya hadir. Setelah diumumkan Apple pada Juni lalu di gelaran Worldwide Developer Conference (WWDC), para pengguna iPhone sudah bisa mencoba sistem operasi tersebut. Mereka yang akan meng-update menjadi iOS 15 pastinya akan kaget melihat jumlah data yang harus diunduh terlebih dahulu, yaitu berkisar di 3 GB.

Dengan data sebesar itu, pastinya muncul pertanyaan: “Memang apa saja hal baru di iOS 15 sampai data yang diunduh sebegitu besarnya?” Kurang lebih ini adalah fitur-fitur baru iOS 15 yang bisa kamu coba tersebut.

1. Ringkasan notifikasi

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur notification summary (dok. Apple/iOS 15)

Banyaknya aplikasi di iPhone-mu akan memperbanyak pula notifikasi yang muncul di layar rumah. Demi mengurangi gangguan tersebut, iOS 15 diberikan fitur ringkasan notifikasi.

Fitur ini memungkinkanmu mengatur jam kemunculan notifikasi suatu aplikasi. Anggaplah kamu pengguna Instagram dan merasa sulit fokus saat bekerja karena notifikasinya, kamu sekarang bisa mengatur notifikasi tersebut untuk muncul di atas pukul 17.00 selama hari kerja.

2. Grup tab

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur tab group Apple iOS 15 (techbriefly.com)

Di browser Safari, besar kemungkinan kamu membuka banyak sekali tab dengan berbagai konteks pencarian, seperti membaca komik, membuka sejumlah media, dan lain hal. Fitur bernama tab group membuatmu bisa menggolongkan tab Safari-mu tersebut. Sebagai contoh semua tab-mu yang berisikan pencarian sejarah bisa dimasukkan dan dibuatkan dalam satu grup bernama Sejarah.

3. Live text

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur live text iPhone iOS 15 (9to5mac.com)

iOS 15 membuat iPhone-mu semakin canggih. Sekarang kamu bisa secara otomatis melakukan scanning terhadap teks di kertas atau berbagai objek lainnya dan iPhone akan langsung mengenali teks tersebut. Bukan dalam bentuk gambar, teks di objek lain tersebut akan dikenali sebagai teks biasa dan kamu bisa langsung mengopi teks tersebut langsung tanpa perlu menulisnya ulang.

4. Fitur find device menyala walau iPhone mati

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur find my device iPhone iOS 15 (9to5mac.com)

Fitur find device untuk barang-barang Apple yang lupa kamu letakkan bukanlah hal baru. Akan tetapi di iOS 15, fitur tersebut mengalami pembaruan.

Pada sistem operasi terbaru itu, kamu tetap bisa mengetahui lokasi iPhone-mu walau mati sekalipun. Itu artinya kamu tak perlu khawatir saat mencari iPhone-mu yang hampir mati karena kehabisan baterai.

Baca Juga: 7 Aplikasi Podcast Terbaik Android dan iOS, Install yuk!

5. Seret dan taruh

Jika kamu pengguna aktif email, seringnya kamu kebingungan mencari data atau gambar yang ingin kamu lampirkan di emailmu tersebut. Di iOS 15, kamu bisa dengan mudah memilih data ataupun gambar yang terdapat di galerimu, menyeretnya, dan langsung meletakkannya di badan emailmu untuk menjadi lampiran.

6. Verifikasi dua langkah

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur two-factor authentication iPhone iOS 15 (xda-developers.com)

Umumnya untuk menjaga keamanan privasimu, kamu perlu melakukan verifikasi dua langkah ketika mencoba masuk ke suatu aplikasi macam Instagram. Hal ini perlu melibatkan pihak ketiga, seperti Google dan lain sebagainya.

Agar lebih praktis Apple, sekarang membuat verifikasi dua langkah itu khusus untuk iPhone-mu. Kamu pun tak perlu lagi terkoneksi dengan Google dan verifikasi dua langkah lainnya.

7. Visual look-up

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur Siri knowledge iPhone ios 15 (10toptrending.com)

Siri menjadi semakin canggih. Lewat fitur bernama visual look-up, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak info terkait objek yang dilihat kameramu. Sebagai contoh, gambar kucingmu yang ada di galeri bisa dikenali Siri dan dicari tahu jenis keturunannya apa.

8. iOS 15 hanya bisa dinikmati oleh pengguna iPhone 6S ke atas

8 Fitur Terbaru iOS 15 yang Berguna, Sudah Bisa Dicobafitur visual lookup iPhone iOS 15 (macrumors.com)

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, tidak semua iPhone mendapatkan update iOS 15. Hanya iPhone yang berumur kurang dari enam tahunlah yang mendapatkan iOS 15. Itu artinya iPhone SE generasi 1 sudah tidak bisa mencoba iOS 15. Hanya iPhone 6S ke ataslah yang bisa mencoba sistem operasi baru tersebut.

Perlu diketahui pula, tidak semua fitur terbaru iOS 15 tersedia di iPhone lama. Sebagai contoh fitur visual lookup dan live text tidak bisa dipakai di iPhone 6S dikarenakan spesifikasinya tidak mumpuni. Hanya pengguna iPhone dengan prosesor chipset Bionic A12 ke atas saja yang bisa menjajal semua fitur iOS 15.

Itulah beberapa fitur terbaru iOS 15 yang wajib kamu coba. Masih ada lagi fitur baru lainnya di iOS 15, tapi ada baiknya kamu mencobanya sendiri. Selain iOS 15, ada pula iPadOS terbaru bagi mereka para pengguna tablet milik Apple tersebut.

Baca Juga: Apple Umumkan iOS 15, Ini 7 Fitur Baru Terbaiknya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya