Comscore Tracker

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Baru

Hape baru nggak akan ada habisnya, percuma diganti melulu

Ada smartphone baru, apakah ini berarti waktunya ganti smartphone yang lama? Ini dilema yang selalu dialami orang-orang ketika muncul produk baru. Desain yang lebih cantik, fitur yang lebih keren, semua itu begitu menggoda hingga kamu tak kuasa untuk menjual smartphone yang kamu miliki sekarang dan menukarnya dengan barang itu.

Jujur saja, produk baru smartphone itu selalu muncul tiap bulan dan itu tidak akan berhenti. Mengikutinya hanya akan membuang-buang uangmu.

Ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali membeli smartphone baru itu atau tidak. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbanganmu untuk memikirkan keputusan mengganti smartphone.

1. Smartphone-mu masih lancar digunakan

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Barulifehack.org

Walaupun smartphone-mu model lama yang dirilis tiga sampai empat tahun lalu, selama itu lancar digunakan dan tidak mengganggu aktivitasmu, kamu tetap bisa menggunakannya kok. Tidak perlu ganti yang baru mengingat kegunaan utama smartphone tetap sama, yaitu berkomunikasi.

2. Smartphone-mu baru ganti

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Barutechradar.com

Ada produk keluaran terbaru yang lebih canggih, tetapi kamu baru membeli baru beberapa waktu lalu? Baiknya diurungkan saja niatan ganti.

Produksi smartphone tidak pernah berhenti dan selalu muncul baru tiap bulannya. Tidak akan ada habisnya kalau kamu terus mencari yang termutakhir.

3. Tidak ada modal

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Barubusinesscomparison.com

Alasan paling mudah untuk tidak membeli smartphone. Kamu tidak perlu memaksakan diri membelinya. Ingat, smartphone adalah kebutuhan sekunder yang tidak wajib kamu penuhi. Apalagi di kala pandemik ini, cari uang susah. Baiknya kamu tabung untuk hal-hal yang lebih penting.

4. Smartphone-mu punya spesifikasi serupa

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Barutech-blogs.com

Beberapa produk smartphone jika kamu perhatikan punya desain yang berbeda, tetapi spesifikasinya kurang lebih serupa. Jangan sampai mudah tergoda.

Desain hanyalah desain. Ia tidak menentukan kelancaran penggunaan dan tidak mengubah kadar kekerenanmu. Puaslah dengan apa yang kamu miliki.

Baca Juga: 7 Tips Isi Baterai Smartphone Lebih Cepat, Makin Efisien Beraktivitas

5. Kamu diberi smartphone gratis

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Baruelements.envato.com

Mungkin kamu mendapat kado smartphone dari orang tua, pacar atau sahabat. Mungkin juga kamu mendapatkan dari tempat kerja demi urusan pekerjaan.

Apa pun itu, selama kamu mendapat smartphone-mu secara cuma-cuma, jangan berpikir untuk menggantinya kecuali sudah usang atau rusak. Itu hadiah dan ada makna lebih di baliknya.

6. Hanya layarmu yang retak

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Baruthesun.co.uk

Layar retak bukanlah pemandangan yang indah. Sangat mengganggu mata dan sedikit banyak akan jadi bahan pergunjingan orang. Tapi apakah keretakan itu benar-benar mengganggu aktivitas sampai harus ganti smartphone baru?

Selama masih bisa digunakan, seharusnya tidak masalah dan kamu tidak perlu membeli smartphone baru. Terkecuali itu mengganggu sistem sentuhnya.

7. Bisa menggunakan data penyimpanan eksternal

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Barupinterest.ie

Kamu kehabisan data penyimpanan di smartphone-mu yang sekarang. Ini adalah alasan paling tidak masuk akal untuk mengganti smartphone, tapi beberapa orang menggunakannya.

Jika data penyimpananmu habis, bukankah kamu bisa memindahkan data tersebut ke komputer atau menghapus data yang tidak perlu? Setidaknya jika ada fitur slot kartu SD, manfaatkan itu.

8. Kamu bukan tech reviewer

Tunggu Dulu! Pertimbangkan 8 Alasan Ini Sebelum Kamu Ganti HP Barutubefilter.com

Yang namanya tech reviewer selalu ganti smartphone bukan karena dia ingin, tetapi lebih karena tuntutan profesi dan karena ada tujuan: menilai kualitas produk. Jika dia tidak gonta-ganti smartphone, lantas bagaimana dia bisa menilainya?

Sekarang pertanyaannya kembali ke kamu: apakah kamu tech reviewer atau pengguna biasa? Kalau pengguna biasa, pikirkan lagi mengganti smartphone-mu.

Pada dasarnya pertimbangan mengambil smartphone baru hanyalah persoalan apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau tidak, penting atau tidak. Jika tidak terlalu, baiknya kamu memikirkannya dua kali sebelum bergegas membeli.

Baca Juga: Fungsi NFC Pada Smartphone dan Implementasinya yang Perlu Kamu Pahami

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya