Comscore Tracker

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!

Berakhir di tempat sampah hanya akan jadi limbah

Apakah kamu tahu bahwa smartphone yang kamu gunakan merupakan limbah lingkunganmu? Jika tidak diolah dengan benar, maka smartphone yang tidak kamu pakai lagi itu akan menjadi bahan perusak lingkungan.

Perusahaan-perusahaan smartphone yang besar memahami hal itu dan beberapa di antaranya malahan membuat program daur ulang. Dengan proses daur ulang itu, limbah smartphone bisa berkurang, tetapi perusahaan tetap bisa memproduksi barang baru.

Tapi kamu tidak tahu kan bagaimana proses daur ulangnya itu sendiri? Berikut ini adalah beberapa prosesnya.

1. Proses pertama adalah pengumpulan smartphone

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Unsplash/Eirik Solheim

Jika tidak ada smartphone, maka tidak ada pula yang didaur ulang. Itulah hal paling pertama yang harus dilakukan dalam proses daur ulang ini: mengumpulkan smartphone usang.

Sebagian besar smartphone usang biasanya dikumpulkan lewat sistem tukar tambah smartphone baru. Ada pula yang semata-mata sengaja disumbangkan lewat kotak-kotak daur ulang yang sudah disediakan. Baru dari sini smartphone usang tersebut dibawa ke pabrik daur ulang.

2. Baterai akan dipisahkan dari smartphone

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Unsplash/Frankie

Smartphone yang sudah masuk pabrik akan disortir ulang kembali. Baterai smartphone tersebut akan dipisah dan dikirim ke pabrik daur ulang yang lain. Alasan pemisahan tersebut adalah baterai memiliki kandungan berbeda dari material smartphone dan itu perlu ditangani dengan cara khusus.

3. Bahan-bahan lain juga dipisah

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Unsplash/ Joel Rohland

Bukan hanya baterai saja yang dipisah, tetapi begitu pula dengan material lainnya. Material logam dan plastik akan diusahakan dipisahkan dan dikelompokkan sendiri untuk memudahkan proses daur ulang. Itu karena dua bahan tersebut memiliki proses daur ulang yang cukup berbeda.

Baca Juga: 10 Smartphone Lama yang Masih Layak Diburu di 2020, Harga Jatuh Bebas!

4. Smartphone usang akan dihancurleburkan

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Youtube.com/Win54.34.03

Masuk di proses ini, smartphone usangmu akan sepenuhnya dihancurkan oleh pabrik. Mereka diparut, lalu dipanaskan dengan suhu lebih dari 1.000 derajat Celcius. Ini akan membuat sampel smartphone itu menjadi debu. Setelah itu, sampel tersebut akan melalui proses kimiawi.

5. Bahan-bahan tersebut lalu akan dilelehkan

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Unsplash/Jason Leung

Setelah semua proses tersebut, barulah sampel tersebut dilelehkan. Pelelehan ini tujuannya adalah agar material tersebut bisa dibentuk ulang kembali sesuai dengan desain dari smartphone terbaru. Selain body, bagian lain yang bisa didaur ulang meliputi layar LCD, microphone, speaker, hingga sekrup.

6. Tidak semua smartphone didaur ulang

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Unsplash/Selwyn van Haaren

Sebenarnya sebelum proses daur ulang, smartphone yang usang itu diperiksa kembali. Bagian-bagian smartphone yang sekiranya masih bagus akan digunakan kembali sebagai spare part jika sewaktu-waktu ada yang ingin memperbaikinya. Tentu saja spare part yang bagus ini dijual.

7. Malahan ada yang dijual dalam bentuk utuh

7 Tahap Daur Ulang Smartphone, Jangan Dibuang kalau Usang!Unsplash/Hilthart Pedersen

Dalam banyak kasus, perusahaan malahan akan menggunakan kembali smartphone lama yang masih bisa terpakai. Umumnya barang ini akan dilemparkan ke negara berkembang yang membutuhkan. Tapi untuk menjaga kerahasiaan dan privasi pengguna, data dalam smartphone akan dihapus terlebih dahulu sebelum dikirimkan.

Daur ulang merupakan solusi yang baik untuk mengatasi masalah ekosistem akibat limbah smartphone. Ada baiknya kamu memberlakukan cara-cara ini untuk smartphone-mu dan lebih bagus lagi jika smartphone yang kamu beli adalah barang daur ulang. Jangan langsung membuang smartphone yang tidak dipakai begitu saja ya.

Baca Juga: Punya HP Android Lama? Daur Ulang Jadi 10 Alat Bermanfaat Ini!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya