Comscore Tracker

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan Khusus

Nantinya LINE bisa tersambung dengan rekening bankmu

Bagi kamu yang tidak tahu, baru-baru saja ini LINE, perusahaan besar yang menciptakan aplikasi messenger ini mengadakan satu acara. Konferensi yang bertajuk LINE DEVELOPER DAY 2020 itu merupakan konferensi teknologi yang mana LINE menginformasikan akan kehadiran fitur baru.

Di tahun ini, LINE DEVELOPER DAY 2020 diadakan secara online sehingga bisa ditonton siapa pun. Berikut ini adalah informasi yang bisa digali dari acara LINE ini.

1. Penggunaan LINE meningkat di masa wabah ini

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan KhususDok. LINE

Di tengah pandemik COVID-19, orang-orang pastinya memperbanyak komunikasi jarak jauh via internet ataupun aplikasi messenger. Perubahaan kebiasaan ini membawa dampak pula pada pengguna LINE. Dilaporkan pada LINE DEVELOPER DAY 2020, fitur video call milik mereka punya peningkatan penggunaan hingga 235 persen pada Mei 2020 lalu jika dibandingkan pada Februari 2020.

2. Selama masa pandemik, diluncurkan pula fitur-fitur baru di dalam aplikasi

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan KhususDok. LINE

LINE video call adalah satu dari sekian banyak fitur yang terdapat pada LINE. Di periode ini, LINE pun menambahkan fitur baru.

Sebagai contoh pada Mei kemarin, mereka menambahkan fitur bernama watch together yang memungkinkan pengguna LINE menonton suatu siaran bersama-sama. Ada pula LINE meeting yang diluncurkan pada Agustus 2020 lalu demi bisa melakukan rapat secara virtual.

Baca Juga: 7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsApp

3. Beberapa area malahan mendapatkan fitur khusus

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan KhususDok. LINE

Ada satu fitur LINE pula yang membuatmu terkoneksi dengan rekening bank yang kamu miliki. Namun fitur ini hanya berlaku di beberapa negara saja. Sebagai contoh di Thailand yang bernama LINE BK.

LINE BK memungkinkan pengguna LINE untuk mentransfer uang, membuka rekening tabungan, mengajukan pinjaman hingga melakukan pembayaran. Direncanakan fitur ini akan dibawa ke negara lain, seperti Jepang, Taiwan dan Indonesia.

4. Di Jepang, ada fitur peta yang membuatmu bisa mencari masker

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan KhususDok. LINE

LINE peduli dengan kasus COVID-19. Oleh karena itu, mereka memberikan layanan yang membantu orang-orang memerangi penyakit tersebut dengan cara memangkas komunikasi tatap muka.

Beberapa pengaplikasiannya adalah adanya Akun Resmi LINE Shibuya Ward di mana pengguna bisa mendapatkan sertifikat tempat tinggal dan pajak secara online, namun hanya untuk Jepang. Ada pula pemeriksaan kesehatan berbasis chatbot yang diberlakukan di Jepang dan Taiwan.

5. Sistem blockchain memperkuat privasi pengguna

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan KhususDok. LINE

Untuk memberikan hal lebih ke pengguna aplikasinya, pihak LINE mulai membangun sistem bernama LINE Blockchain Lab sejak April 2018 lalu. Penelitian terkait teknologi ini berupaya untuk meningkatkan sistem enkripsi serta jaringan P2P. Lebih dari itu, LINE Blockchain dipersiapkan untuk bisa membangun ekosistem penyedia layanan dengan pengguna.

LINE DEVELOPER DAY 2020 Umumkan Adanya Fitur Baru dan KhususDok. LINE

Dalam konferensi tersebut, perusahaan teknologi besar macam Yahoo! juga turut berpartisipasi untuk bekerja sama dengan pihak LINE.

Kira-kira akan ada tambahan fitur apa lagi ke depannya untuk aplikasi messenger yang memperkenalkan sistem stiker ini? Tak sabar menantinya.

Baca Juga: Sebelum WhatsApp dan Line Populer, 8 Messenger Jadul Ini Mengawalinya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya