Comscore Tracker

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!

Ternyata selama ini komputer kita sering di-hack

Dengan seringnya kita menghabiskan waktu di depan laptop saat ini untuk menjelajah dunia maya yang tanpa batas, sudah pasti banyak hal tidak jelas yang dapat kamu akses. Hal-hal macam itu memiliki risiko untuk menghubungkanmu dengan para hacker yang dapat merusak komputer dan mengakses banyak hal yang sangat privat.

Menariknya, kita sendiri sering tak sadar jika kita sudah terkena serangan hacker tersebut. Berikut ini adalah tanda-tanda bahwa komputermu sudah disusupi orang jahat.

1. Pesan minta tebusan

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!sensorstechforum.com

Ini adalah pertanda kalau kamu terkena ransomware, sebuah malware yang mengunci datamu dan tidak akan terbuka terkecuali kamu memilih menebusnya. Kalau beruntung, pesan minta tebusan itu akan hilang setelah mengulang komputer. Tapi jika tidak bersiap-siaplah kehilangan data atau kehilangan uang.

2. Pesan antivirus palsu

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!coursevector.com

Di zaman sekarang, seharusnya kamu akan banyak menemui pesan anti-virus palsu dan menoleransinya. Yang tidak diketahui oleh orang-orang adalah jika pesan itu muncul, maka komputermu bisa-bisa sudah terkena hack. Tidak ada gunanya memilih opsi "Tidak" atau menutupnya. Software jahat yang biasanya berupa add-on itu sudah masuk ke sistemmu.

3. Browser toolbar yang tidak diinginkan

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!solvusoft.com

Ini merupakan pertanda umum jika komputermu sudah disusupi. Browser-mu memiliki toolbar baru dengan nama yang sepertinya tidak membantumu sama sekali. Terkecuali kamu tahu vendor pembuatnya, sebaiknya kamu segera membuang toolbar tersebut.

4. Pencarian internet yang dialihkan

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!fixyourbrowser.com

Bisa dibilang serangan hacker juga karena sebenarnya ini permainan mereka untuk mencari ulang. Dengan mengalihkan kamu ke situs yang lain, mereka mendapatkan uang dengan setiap klik yang kamu lakukan.

5. Pop-up acak yang keluar secara berkala

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!malwaretips.com

Situasi ini memberikan info kalau kamu sudah di-hack oleh hacker yang sangat menyebalkan. Saat kamu mendapatkan pop-up macam ini di situs yang biasanya tidak mengeluarkan hal macam itu, artinya sistemmu sudah terkena serangan. Rasanya seperti memerangi spam di e-mail, tapi lebih parah.

6. Temanmu menerima ajakan sosial media yang tidak pernah kamu kirimkan

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!absolutelyfilipinomagazine.com

Rasa-rasanya kita pernah melihat satu, dua kasus macam ini, entah kamu atau temanmu yang mendapatkannya. Biasanya kamu merasa, “mengapa mereka mengundangku lagi?” atau temanmu mengontakmu dan bertanya mengapa mengundangnya lagi. Intinya, hacker telah mengontrol situs sosial media dan membuat profil palsu, atau kamu atau temanmu memang sengaja membuat akun kedua.

Baca Juga: Sering Salah Kaprah, Inilah Perbedaan Hacker dan Cracker

7. Kata sandi online-mu tak bekerja

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!patternfly.org

Jika kamu mengetik kata sandi online-mu secara benar tetapi tak bisa mengakses, itu bisa jadi pertanda kamu sudah di-hack. Hal macam ini bisa jadi dikarenakan situsnya memiliki isu teknis jadi ada baiknya mencoba 10 hingga 30 menit lagi.

Namun jika kamu sudah menunggu waktu tersebut dan kamu masih gagal, berarti hacker telah masuk ke akunmu dan mengganti kata sandimu. Kasus yang lebih parah jika kamu dianggap lupa kata sandinya, namun merasa benar memasukkannya.

8. Hadirnya software yang tak diinginkan

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!github.com

Ini pertanda besar kamu sudah terkena hack. Saat di awal-awal kehadiran malware, kebanyakan program serangan adalah berbentuk virus, yang mengubah rangkaian sistem operasi program lain di komputer.

Itu membuat serangan dapat disembunyikan untuk sekarang, serangan hack biasanya disembunyikan dalam bentuk program yang resmi. Biasanya program ini ter-install otomatis secara legal oleh program lainnya, jadi perhatikan benar-benar perjanjiannya.

9. Penunjuk mouse-mu bergerak sendiri dan memilih dengan benar

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!tekrevue.com

Mouse yang bergerak sendiri bisa jadi petunjuk jika hardware-mu mengalami sebuah masalah dan akan bergerak secara acak. Akan tetapi, jika penunjuk mouse tersebut bergerak sendiri, namun mengarah ke sebuah program untuk dipilih, pastinya ada hacker yang bersemayam di komputermu.

10. Software anti-malware, task manager atau registry editor tak dapat digunakan dan tak bisa diulang

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!reddit.com

Ini adalah tanda jelas bahwa komputermu dirasuki malware . Jika anti-virusmu dimatikan namun kamu merasa tak pernah sekalipun mematikannya, itu berarti kamu sudah terkena serangan mereka. Terlebih jika task manager-mu atau registry editor tidak dapat berfungsi, mengulang-ulang sendiri atau menjadi lambat.

11. Akun online-mu kehilangan uang

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!youtube.com iJordanb1409

Tidak sedikit, tapi banyak. Para hacker tidak terbiasa mencuri sejumlah kecil uang. Umumnya mereka akan men-transfer-nya ke bank asing. Biasanya ini terjadi karena kamu mengindahkan adanya akun palsu yang mencoba mengakses akun bankmu. Intinya, ada orang jahat yang masuk ke akunmu, mengganti detil informasi yang ada dan men-transfer sejumlah besar uang ke diri mereka sendiri.

12. Kamu mendapat telepon dari toko untuk pembayaran barang yang tak pernah kamu pesan

12 Kondisi Komputermu Ini Ternyata Adalah Tanda Serangan Hacker Lho!workology.com

Dalam kasus ini, hacker berhasil masuk ke salah satu akunmu dan membuat pembelian yang barangnya dikirimkan ke sebuah tempat yang bukan rumahmu. Biasanya mereka akan melakukan pembelian dalam jumlah besar di saat yang bersamaan kala pertama kali, membuat toko selanjutnya berpikiran kamu memiliki dana yang cukup untuk pembelian tersebut, yang padahal tidak sama sekali ada.

Apakah kamu pernah merasakan salah satu gejala ini? Kalau belum, semoga saja tidak ya. Tidak bisa dibayangkan apa yang terjadi kalau ada datamu yang tiba-tiba hilang dan ternyata disebarkan di internet. Brrrr, ngeri banget.

Baca Juga: Warga Digital, Ini 5 Tips Menghindari Serangan Hacker dari Para Ahli!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 05:30:03

Progress: 749.951 dari 813.350 TPS (92.20520%)

Just For You