Comscore Tracker

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servis

Banyak di antara ini merupakan ponsel lama

Kalian mempertimbangkan tidak kemudahan perbaikan smartphone sebagai salah satu pilihan untuk mengambil sebuah ponsel? Jika iya, maka artikel ini akan sangat membantu karena di sini IDN Times memberikan daftar ponsel yang paling mudah diperbaiki.

iFixit memberikan daftar ponsel apa yang paling susah diperbaiki dan yang paling mudah diperbaiki. Kami mengambil 10 besar ponsel yang paling diperbaiki dan merangkainya di artikel ini.

Di sini, kamu akan mengetahui ponsel mana saja yang mudah diperbaiki. Perlu diingat beberapa ponsel ini adalah ponsel-ponsel keluaran lama, yang sudah discontinued atau tidak diproduksi lagi, sehingga untuk mencarinya akan sangat susah.

1. Samsung Galaxy Note II

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servissammobile.com

Sebagai ponsel yang dikeluarkan pada 2012, perbaikan Galaxy Note II tergolong masih mudah. Baterainya sangat mudah dilepas dan diganti, sedangkan untuk komponen internalnya juga mudah dibuka. Kelemahannya cuman satu, komponen-komponen itu tersambung menjadi satu dengan bagian belakang layar display yang berarti membedahnya memiliki risiko melukai layar.

2. BlackBerry Z10

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Serviscamtelbd.com

BlackBerry sudah menjadi ponsel yang langka dimiliki saat ini. Akan tetapi, ternyata ponsel dari perusahaan yang sedang mengalami masa-masa susah tersebut dapat digolongkan sebagai ponsel yang perbaikannya paling mudah.

Baterainya dapat diganti tanpa perlu menggunakan alat-alat tertentu serta motherboard dan layar display-nya hanya dikasih sedikit perekat. Hanya saja komponen kecil seperti headphone jack dan kamera diberikan perekat yang sangat kuat hingga susah diganti.

3. Samsung Galaxy S4

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Serviswhatandroid.com

Baterai ponsel ini mudah diganti tanpa perlu alat dan dapat dilakukan dengan sangat cepat. Sedangkan bagian dalamnya gampang dibuka dan komponen internalnya mudah diakses. Sayang, bagian display-nya dipasangi dengan material kaca, membuat ongkos perbaikannya menjadi lebih besar.

4. Nexus 5

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servistechradar.com

Ponsel yang rilis pada 2013 ini memiliki desain dalam yang modular. Komponen-komponennya dapat diganti dengan mudah tanpa perlu harus merusak komponen yang lain.

Tak hanya itu, ponsel ini diberikan perekat yang lembut, membuatnya mudah dilepas dan diganti. Yang menjadi masalah adalah layar display tergabung dengan material kaca dan LCD. Untuk memperbaiki layar kaca yang retak akan sangat mahal atau susah.

5. LG G4

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servisdigit.in

LG adalah brand yang umum dimiliki dan tergolong murah untuk dapat dimiliki semua orang. Menariknya harga murah tersebut diikuti dengan perbaikan yang mudah sehingga dapat dipertimbangkan sebagai ponsel yang praktis.

Bagian belakang dan baterainya dapat dilepas dengan mudah, sedangkan komponennya modular dan bisa diganti satu per satu. Tapi LCD dan kacanya tersambung jadi satu. Jadi jika satu rusak, maka harus diganti semuanya.

Baca Juga: 10 Smartphone Terbaik yang Bisa Kamu Dapatkan Saat Penghujung 2018

6. LG G5

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servisgoogle.com

Sebagai saudara dari G4, ponsel ini memiliki kelebihan-kelebihan yang dimiliki saudaranya tersebut, namun dengan revisi yang cukup besar. Baterainya tetap mudah dilepas, tapi memiliki umur yang lebih lama.

Tidak ada lem dan sekrup yang digunakan sebagai sambungan penutup casing atau rangkaian komponen dalam. Namun seperti G4, LCD dan dan kaca tersambung jadi satu.

7. Xiaomi Redmi Note 3

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servisdigit.in

Walaupun sudah ada yang lebih canggih, tapi Redmi Note 3 tetap difavoritkan sebagai ponsel yang mudah diperbaiki. Note 3 tidak menggunakan sekrup dan case belakangnya mudah dilepas.

Hal itu berlaku juga untuk baterainya. Yang jadi keluhan adalah rangkaian display-nya tergabung menjadi satu komponen sehingga sekalinya rusak, seluruh bagian dalam ponsel ini harus dibedah.

8. Motorola Atrix 4G

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servisphonesdata.com

Ponsel lama yang sangat difavoritkan para jasa perbaikan. Dengan umur tujuh tahun, ponsel ini memiliki LCD terpisah yang bisa diganti secara independen dan untuk membuka itu sangat gampang karena sekrup dan bagian plastik yang digunakan sangat sedikit. Belum lagi penggunaan perekatnya juga sangat minimalis sehingga tidak menyusahkan untuk dibedah.

9. Motorola Droid Bionic

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servisphonearena.com

Sama dengan rekannya, ponsel motorola ini mudah diperbaiki. Alasannya kurang lebih sama, tetapi tetap ada perbedaannya. Untuk mengganti kartu SIM dan microSD-nya tidak diperlukan alat-alat khusus. Jadi tidak merepotkan.

10. Fairphone 2

Ini Top 10 Smartphone 2018 Paling Mudah Diperbaiki Menurut Ahli Servisfairphone.com

Ini dia ponsel termudah yang ada untuk diperbaiki. Komponen-komponen rusaknya dapat diganti tanpa perlu menggunakan alat satu pun.

Lalu bagian dalamnya telah dilindungi sekrup Phillips #0 dan rangkaian konektor pegas yang sederhana, menjadikannya aman tapi mudah dibedah. Untuk komponen dalamnya sendiri pun diganti secara individu sehingga tak dapat merusak bagian yang lain.

Itu dia daftar 10 besar smartphone yang paling mudah diperbaiki. Kalau kamu tanya tentang iPhone, sejujurnya iPhone termasuk dalam no. 20 teratas. Tingkatan perbaikannya berbeda-beda, tergantung tipe iPhone-nya sendiri, tapi yang paling mudah sejauh ini adalah iPhone 8 sih.

Baca Juga: Daftar 10 Smartphone 2018 dari Tersusah Sampai Paling Mudah Diperbaiki

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya