Comscore Tracker

Buah Durian Bisa Mengisi Baterai HP dengan Cepat, Masa Sih?

Daging buahnya kamu makan dulu tapi...

Durian menjadi salah satu buah paling terkenal. Di Indonesia sendiri, banyak sekali orang yang menyukai durian karena rasa daging buahnya yang lezat. Akan tetapi, ada saja orang-orang yang tidak suka atau malah benci dengan durian karena baunya yang tidak enak. Itu adalah fakta yang tidak bisa ditolak mengingat durian memang memiliki bau yang sangat menyengat.

Hebatnya, kini durian berpotensi semakin dicintai oleh banyak orang, bahkan untuk kaum pembenci durian sekalipun. Pasalnya, durian bisa dimanfaatkan untuk mengisi daya baterai HP kamu dengan cepat atau biasa kita kenal sebagai fast charging. Mau tahu informasi selengkapnya? Baca sampai habis ya!

1. Sampah durian yang dimanfaatkan untuk fast charging

Buah Durian Bisa Mengisi Baterai HP dengan Cepat, Masa Sih?chiangmaicitylife.com

Mengutip Ubergizmo, para ilmuwan telah menemukan potensi lain dari buah durian selain rasanya yang enak. Usut punya usut, mereka mendapati kalau durian juga bisa dijadikan sebagai charger fast charging untuk HP kamu. Namun, bukan sembarang durian yang dimanfaatkan, melainkan biowaste buah atau sampahnya.

Dengan memanfaatkan sampah durian ini, para peneliti yakin mereka bisa menyulapnya menjadi alat untuk mencharge HP kamu dengan cepat. Nantinya sampah durian ini akan dijadikan super kapasitor yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sejumlah besar energi. Nah, super kapasitor inilah yang menangkap energi tersebut dan mengirimkannya secara cepat ke handphone kamu.

Sekadar informasi, para peneliti menggunakan sampah durian karena harganya yang jauh lebih murah. Untuk super kapasitor betulan yang beredar di pasaran, harganya sangat mahal sehingga peneliti mengupayakan opsi alternatif lain yang sangat murah.

Mulai sekarang kalau makan durian, sampahnya kamu kumpulkan ya. Biar bisa diteliti oleh para ilmuwan. Lumayan kan, demi kemajuan teknologi?

Baca Juga: Rekomendasi 7 Power Bank 10,000mAh Terbaik untuk Dibeli di 2020!

2. Bukan cuma HP, tapi mobil listrik juga bisa

Buah Durian Bisa Mengisi Baterai HP dengan Cepat, Masa Sih?kiplinger.com

Di dalam Journal of Energy Storage, metode baru untuk memanfaatkan biowaste dari durian ini tidak hanya sekadar sebagai alat fast charging HP saja, melainkan juga mobil listrik. Berbekal temuan baru ini, kamu jadi bisa mengisi baterai hp sekaligus mobil listrik dengan cepat dan efisien.

Tidak hanya itu, ternyata bukan hanya durian saja yang bisa dijadikan sebagai alat ajaib ini. Buah nangka yang notabene merupakan saudaranya, karena berbentuk besar dan punya bau menyengat juga, bisa dimanfaatkan sampahnya sebagai charger hp dan mobil listrik, demikian dilansir dari Popular Mechanics

3. Tidak terlalu mengejutkan, karena kentang sudah lebih dulu bisa dimanfaatkan

Buah Durian Bisa Mengisi Baterai HP dengan Cepat, Masa Sih?youtube.com

Kabar durian dan nangka bisa dijadikan charger berkekuatan fast charging memang membuat banyak orang yang mendengarnya jadi kagum. Meski demikian, hal ini bukanlah sesuatu yang baru sehingga sudah tidak terlalu mengejutkan lagi. 

Mengapa begitu? Coba kamu kenang kembali masa-masa ketika masih SD. Pasti kamu pernah melakukan eksperimen sains sederhana dengan menggunakan kentang sebagai bahan utamanya.

Dengan eksperimen sederhana itu, kentang tersebut kemudian dijadikan sebagai baterai. Namun, tetap saja memanfaatkan sampah durian sebagai fast charging patut diapresiasi. Semua orang kelihatannya membutuhkan itu!

Jadi, itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar durian sekaligus nangka yang bisa digunakan sebagai charger fast charging yang mampu membuat kamu mengisi baterai hp secara cepat. Kalau sudah beredar di pasaran, langsung beli ya!

Baca Juga: 7 Mitos Power Bank yang Salah Kaprah, Kamu Harus Tahu Kebenarannya

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya