Comscore Tracker

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone Flagship Bekas, Penting!

Agar tidak mudah tertipu dan menghindari over budget 

Smartphone flagship memang memiliki daya tarik yang cukup menarik, mengingat smartphone flagship selalu memiliki diukungan fitur-fitur menarik yang canggih dan tidak ditemukan oleh sembarang smartphone. Untuk itu, tak heran jika keberadaan smartphone flagship bekas banyak diburu oleh kalangan konsumen smartphone.

Buat kamu yang ingin berencana membeli sebuah smartphone flagship bekas, maka kalian harus melakukan setidaknya 5 pertimbangan penting di bawah ini. Apa saja daftarnya?

1. Memperhatikan tahun rilis 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone Flagship Bekas, Penting!Ilustrasi kalender (pexels.com/Olya Kobruseva)

Membeli sebuah smartphone bekas, tentunya kita akan dihadapkan pada sebuah produk yang sebelumnya telah rilis lebih awal. Untuk itu, sebelum membeli sebuah smartphone flagship bekas kita perlu mempertimbangkan usia smartphone melalui pertimbangan tahun rilis.

Untuk memaksimalkan kenyamanan dalam menggunakan, tentu smartphone dengan tahun yang masih relatif muda sangat direkomendasikan.

2. Mempertanyakan minus pada penjual 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone Flagship Bekas, Penting!Ilustrasi minus pada smartphone (popsci.com)

Karena barang yang kita beli adalah second, tentu kita harus memiliki stigma bahwa smartphone second tidak memiliki kesempurnaan yang sama dengan smartphone baru. Untuk itu, sebelum membeli smartphone flagship bekas, setidaknya kita perlu mempertanyakan minus atau peluang terjadinya malfungsi terhadap smartphone yang akan kita beli.

Dengan mengetahui minus yang ada, tentunya kita dapat mempertimbangkan lebih lanjut sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi pembayaran.

Baca Juga: Jangan Asal, 5 Pertimbangan Penting sebelum Upgrade Smartphone 

3. Membandingkan spesifikasi dengan varian smartphone yang baru di kelasnya 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone Flagship Bekas, Penting!Ilustrasi membandingkan smartphone (engadget.com)

Karena smartphone flagship selalu hadir dengan dukungan spesifikasi yang tergolong di segmen high-end, maka secara konsep smartphone flagship bekas masih sangat recommended untuk dibeli. Meskpiun tidak sejajar, namun pertimbangan ini sangat penting untuk dijadikan acuan dan pertimbangan.

Untuk menghindari terjadinya masa pakai yang singkat, tentu kita harus memiliki perkiraan terhadap kemampuan spesifikasi smartphone yang hendak kita beli dengan mempertimbangkan pada varian smartphone yang baru rilis.

4. Memperhatikan dukungan fitur dan teknologi yang disuguhkan 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone Flagship Bekas, Penting!Fitur Stylus-Pen Samsung Galaxy Note 20 (zdnet.com)

Merupakan salah satu aspek yang juga terbilang sangat penting, mengingat fitur dan teknologi yang disematkan pada sebuah smartphone memiliki korelasi yang sangat erat dengan citra kelayakan masa pakai. Untuk itu, kita perlu memilih smartphone flagship bekas dengan dukungan fitur yang juga tidak jauh dengan varian yang baru saja rilis di kelasnya.

Biasanya fitur tersebut meliputi teknologi panel layar, dukungan fitur kamera, serta beberapa fitur tambahan yang memiliki sisi fungsional yang cukup berpengaruh.

5. Mempertimbangkan harga yang ditawarkan 

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Smartphone Flagship Bekas, Penting!Ilustrasi harga atau budget (pexels.com)

Merupakan salah satu hal yang juga sangat berpengaruh, yang mana sektor ini selalu memiliki keterkaitan atau korelasi dengan berbagai aspek yang ada pada sebuah smartphone. Untuk itu, kita perlu melakukan survey harga di beberapa marketplace yang menjual smartphone dengan tipe yang sepadan.

Dengan demikian harapannya kita bisa mengerti pasaran harga yang ada, serta menghindari terjadinya over budget mengingat smartphone flagship meskipun bekas masih dibanderol dengan harga yang relatif tinggi.

 

Itulah 5 pertimbangan penting sebelum membeli smartphone flagship bekas, tentunya dengan mempertimbangkan kelima hal di atas harapannya kita dapat menjadi lebih teliti sebelum menentukan jenis smartphone yang akan kita beli. Karena pada dasarnya, membeli smartphone bekas harus ada beberapa trik agar kita tidak tertipu dan menghindari terjadinya over budget.

Baca Juga: Wajib Tahu! 7 Cara Sederhana agar Terhindar dari Smartphone Abal-abal

Agung Prasetya Photo Verified Writer Agung Prasetya

Salah satu cara berbagi ilmu dengan menuliskannya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya