Comscore Tracker

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1

Apa saja fitur yang ditawarkan?

Qualcomm kembali lagi dengan produk terbarunya. Lewat Snapdragon Night pada Jumat (20/5/2022), raksasa teknologi Amerika Serikat (AS) ini mengumumkan perilisan produk barunya untuk memperkuat HP Android.

Dengan bangga, Qualcomm memperkenalkan dua chipset barunya, Snapdragon 8+ Gen 1 dan Snapdragon 7 Gen 1. Sama-sama diproduksi dengan fabrikasi 4 nanometer (4nn), apa saja yang ditawarkan oleh dua chipset teranyar Qualcomm ini? Mari simak fakta selengkapnya!

1. Performa mobile gaming meningkat pesat

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1Snapdragon 8+ Gen 1 (Dokumentasi Qualcomm)

Pada Snapdragon 8+ Gen 1, Qualcomm menghadirkan Snapdragon Elite Gaming terbaru, sehingga respons lebih cepat dan mengusung tampilan beresolusi HD setara komputer.

Berbekal GPU Adreno dan CPU Kryo terbaru, chipset ini 10 persen lebih cepat dan 30 persen lebih hemat daya untuk mobile gaming dibanding pendahulunya. Dengan chipset ini, main mobile gaming bisa lewat dari 60 menit.

Serupa dengan 8+ Gen 1, Snapdragon 7 Gen 1 juga memiliki fitur Snapdragon Elite Gaming. Selain mendukung tampilan Quad HD+ Display yang imersif, Adreno Frame Motion Engine menggandakan frame rate sementara mempertahankan daya, dan rendering grafik 20 persen lebih cepat.

2. Kamera makin jernih

Masih dengan Snapdragon Sight, Snapdragon 8+ Gen 1 mendukung perekaman video hingga 8K. Selain itu, chipset ini juga mendukung format HDR10+, sehingga kamera bisa menangkap lebih dari 1 miliar warna.

Untuk Snapdragon 7 Gen 1, terdapat triple image signal processor (ISP) Qualcomm Spectra. Dengan Spectra, HP berbekal 3 kamera belakang bisa memotret bersamaan di resolusi setajam 200MP. Selain itu, foto dan video terlihat lebih jernih dengan teknologi HDR 4K.

Baca Juga: 7 HP Terbaik dengan Snapdragon 8 Gen 1, Minimal Rp10 Juta

3. Makin cerdas

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1Snapdragon 7 Gen 1 (Dokumentasi Qualcomm)

Baik Snapdragon 8+ Gen 1 maupun Snapdragon 7 Gen 1, Qualcomm memberikan Snapdragon Smart berbasis AI Engine Qualcomm Generasi ke-7. Dengan kinerja 20 persen lebih baik, kecerdasan buatan (AI) juga lebih canggih sehingga bisa menghasilkan efek bokeh yang menarik.

Selain itu, pada Snapdragon 7 Gen 1, AI Engine memampukan fitur Deep Learning Face Detect yang mendeteksi 300 facial landmark. Hasilnya, fokus kamera lebih akurat, bahkan meski objek foto menggunakan masker. Kabar baiknya, kinerja AI di chipset ini meningkat hingga 30 persen dari pendahulunya.

Dari segi privasi, Snapdragon 7 Gen 1 untuk pertama kalinya didukung dengan Trust Management Engine serta Android Ready SE. Dengan fitur ini, Qualcomm memastikan keamanan dan perlindungan data pengguna.

4. Konektivitas super cepat

Untuk mendukung kecepatan 5G, Wi-Fi, dan Bluetooth terbaik, Qualcomm tetap membekali kedua chipset dengan Snapdragon Connect. Snapdragon 8+ Gen 1 mengusung sistem X65 Modem-RF. Lebih cepat, chipset ini memastikan koneksi tetap hemat baterai, hingga lebih dari 5,5 jam.

Kedua chipset juga dibekali dengan fitur FastConnect 6900 untuk koneksi Bluetooth 5.3 dan Wi-Fi 6 secepat kilat. Demi koneksi suara jernih secara nirkabel, Qualcomm Sound juga menghadirkan audio lossless untuk pengalaman musik yang imersif, dan bebas latensi untuk pengalaman gaming yang lebih mumpuni.

5. Kapan bisa dinikmati?

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1Snapdragon 8+ Gen1 dan Snapdragon 7 Gen 1 (Dokumentasi Qualcomm)

Qualcomm menjanjikan bahwa Snapdragon 8+ Gen 1 akan mulai meluncur pada kuartal ke-3 2022. Beberapa merek yang dijanjikan memakai chipset ini adalah:

  • ASUS
  • ROG
  • Black Shark
  • HONOR
  • Lenovo
  • Motorola
  • Nubia
  • OnePlus
  • Oppo
  • Realme
  • RedMagic
  • Redmi
  • vivo
  • Xiaomi
  • ZTE

Bagaimana dengan Snapdragon 7 Gen 1? Qualcomm memastikan bahwa chipset ini akan meluncur bersama HP-HP canggih di kuartal ke-2 2022 dalam HP HONOR, Oppo, hingga Xiaomi. Tunggu tanggal mainnya, ya!

Baca Juga: Qualcomm Rilis Snapdragon 8 Gen 1, Siap untuk HP 2022!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya