Comscore Tracker

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 6 dan 4 Gen 1, Ini Fiturnya!

Menjawab kebutuhan kinerja mid-range gahar!

Pada 2022, raksasa semikonduktor asal Amerika Serikat (AS), Qualcomm Technologies, Inc., merilis mobile platform terbaru, Snapdragon 8+ Gen 1, untuk HP flagship. System on chip (SoC) tersebut adalah penerus dari seri yang sebelumnya hadir pada November 2021, Snapdragon 8 Gen 1.

Lalu, bagaimana untuk kebutuhan pasar mid-tier? Ternyata, Qualcomm telah menyiapkan jawabannya. Untuk menjamin kinerja serta kualitas HP mid-tier, Qualcomm resmi memperkenalkan dua moble platform terbarunya, Snapdragon 6 Gen 1 dan Snapdragon 4 Gen 1.

"Snapdragon 6 dan Snapdragon 4 memberikan peningkatan di seri masing-masing untuk menghadirkan kecanggihan dalam pengambilan gambar, konektivitas, hiburan, dan AI," ungkap Deepu John, Senior Director, Product Management, Qualcomm Technologies, Inc.

Apa saja fitur yang ditawarkan? Yuk, simak fakta selengkapnya!

Snapdragon 6 Gen 1

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 6 dan 4 Gen 1, Ini Fiturnya!Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 (Dok. Qualcomm)

1. Kamera makin tajam dengan Snapdragon 6 Gen 1

Fitur pertama yang ditawarkan Snapdragon 6 Gen 1 terletak di kemampuan memproses gambar. Qualcomm Spectra di Snapdragon 6 Gen 1 mengintegrasikan 3 image signal processor (ISP) 12-bit sehingga memungkinkan pengambilan gambar dari 3 kamera sekaligus. Kecepatan pengambilan gambar juga mencapai 1,4 gigapiksel/detik.

Dengan Snapdragon 6 Gen 1, pengguna HP mid-tier juga bisa merasakan fitur kamera flagship, seperti mengambil foto dengan ketajaman mencapai 108MP. Pertama kalinya, Snapdragon 6 Gen 1 mendukung perekaman video dengan komputasi high dynamic range (HDR) sehingga menghasilkan video berkualitas tinggi.

2. Snapdragon 6 Gen 1 jamin konektivitas dan kecerdasan sistem

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 6 dan 4 Gen 1, Ini Fiturnya!Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 (Dok. Qualcomm)

Seperti Snapdragon 8+ Gen 1, mobile platform berfabrikasi 4 nanometer (4nm) ini mengusung Qualcomm AI Engine Generasi ke-7. Hasilnya, kinerja kecerdasan buatan (AI) tiga kali lebih baik dibanding pendahulunya dan memampukan asistensi cerdas secara menyeluruh, seperti pelacakan aktivitas berbasis AI.

Dari segi koneksi, Snapdragon 6 Gen 1 dibekali Snapdragon X62 5G Modem-RF System yang mendukung 5G 3GPP Release 16 dan kecepatan unduh di jaringan 5G tertinggi hingga 2,9 Gb/detik. Untuk koneksi nirkabel, Qualcomm FastConnect 6700 menghadirkan 2x2 Wi-Fi 6E, teknologi perdana lain yang juga datang ke seri Snapdragon 6.

Selain itu, Snapdragon 6 Gen 1 juga mendukung koneksi Bluetooth 5.2 dengan dual antena Bluetooth. Dari segi audio, Snapdragon 6 Gen 1 mengusung Qualcomm Aqstic dan teknologi Snapdragon Sound yang mendukung Qualcomm aptX Voice, aptX Lossless, dan aptX Adaptive.

3. Mobile gaming makin apik bersama Snapdragon 6 Gen 1

Mendukung mobile gaming, GPU Adreno dan CPU Kryo Snapdragon 6 Gen 1 menjamin proses rendering grafis dan pemrosesan yang masing-masing 35 dan 40 persen lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Snapdragon 6 Gen 1 juga mendukung game HDR dengan kecepatan 60+ frame-per-second (fps) tanpa lagging.

Untuk tampilan beresolusi tinggi nan halus tersebut, Snapdragon 6 Gen 1 diketahui juga mendukung refresh rate hingga 120Hz dan resolusi FHD+ (1080x2520). Tak perlu takut kehabisan baterai, Snapdragon 6 Gen 1 juga telah mengusung teknologi pengisian daya cepat Qualcomm® Quick Charge 4+.

Baca Juga: Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8+ Gen 1 dan 7 Gen 1

1. Daya kamera yang tak kalah canggih

Dari segi pemrosesan gambar, Snapdragon 4 Gen 1 tak jauh berbeda dengan "kakaknya". Mobile platform berfabrikasi 6nm ini memiliki 3 ISP 12-bit dan kemampuan mengambil gambar hingga 108MP.

Diklaim sebagai SoC tercanggih di seri Snapdragon 4, Qualcomm membekali Snapdragon 4 Gen 1 dengan fitur Multi-Frame Noise Reduction (MFNR). Hasilnya, noise di gambar bisa ditekan secara signifikan, sehingga foto tetap tajam nan detail di segala kondisi.

2. Koneksi dan AI terbaik di Snapdragon 4 Gen 1

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 6 dan 4 Gen 1, Ini Fiturnya!Snapdragon 4 Gen 1 (Dok. Qualcomm)

Snapdragon 4 Gen 1 dibekali dengan Qualcomm AI Engine dan Qualcomm Sensing Hub. Hasilnya, pengalaman di perangkat jadi mulus dan intuitif dibanding perangkat mid-tier lainnya, seperti always-on voice assistant dan komunikasi sejernih kristal dengan peredam gema dan suara latar.

Dari segi koneksi, Snapdragon 4 Gen 1 menggunakan Snapdragon X51 5G Modem-RF System. Dengan sistem tersebut, kecepatan unduh Snapdragon 4 Gen 1 mencapai 2,5Gb/detik. Mobile platform ini menggunakan FastConnect 6200 yang menghadirkan 2x2 Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5.2 yang mendukung Qualcomm TrueWireless Technology.

3. Pengalaman gaming bak di dunia nyata

Sebagai platform seri ke-4 pertama berfabrikasi 6nm, Snapdragon 4 Gen 1 memiliki CPU Kryo dan GPU Adreno yang kinerjanya meningkat masing-masing 15 dan 10 persen, sehingga multitasking dan mobile gaming jadi lebih menggugah. Selain performa mengesankan, daya baterai juga lebih tahan lama.

Untuk menghadirkan tampilan berkualitas, Snapdragon 4 Gen 1 mendukung refresh rate 120Hz di resolusi HD+ (900x1600) hingga FHD+. Seperti Snapdragon 6 Gen 1, Snapdragon 4 Gen 1 juga dibekali dengan pengisian daya super cepat melalui teknologi Qualcomm Quick Charge 4+.

Kapan akan rilis?

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 6 dan 4 Gen 1, Ini Fiturnya!iQOO Z6 Lite rilis pada 14 September sebagai HP pertama dengan Snapdragon 4 Gen 1 (iqoo.com)

Jadi, kapan kita bisa melihat Snapdragon 4 Gen 1 dan Snapdragon 6 Gen 1 di HP mid-tier? Qualcomm sudah memberikan jawabannya! Snapdragon 4 Gen 1 akan hadir di kuartal ke-3 pada 2022, sedangkan Snapdragon 6 Gen 1 akan hadir pada kuartal pertama 2023 mendatang.

HP pertama yang dikabarkan akan mengusung Snapdragon 4 Gen 1 adalah iQOO, yaitu iQOO Z6 Lite 5G. Menurut situs resmi iQOO, Z6 Lite 5G akan hadir pada 14 September 2022 mendatang.

"iQOO Z6 Lite akan menjadi salah satu smartphone pertama secara global yang didukung oleh Snapdragon 4 Gen 1 Mobile Platform baru," ujar Nipun Marya, CEO iQOO India.

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 6 dan 4 Gen 1, Ini Fiturnya!Qualcomm Snapdragon 6 Gen 1 (Dok. Qualcomm)

Lalu, untuk Snapdragon 6 Gen 1, Qualcomm membeberkan bahwa Motorola akan jadi mitra pertama yang mengusung SoC terbaru ini. Akan tetapi, HP apa yang akan dipasang Snapdragon 6 Gen 1? Sayangnya, Motorola dan Qualcomm bungkam akan hal ini.

"Kami akan terus menemukan keseimbangan sempurna antara kinerja dan keterjangkauan dengan memanfaatkan Snapdragon 6 Gen 1 Mobile Platform di masa depan," jelas Francois La Flamme, Head of Strategy and Chief of Marketing Office Motorola.

Baca Juga: Daftar 7 HP Bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 yang Bisa Dibeli di 2022

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya