Comscore Tracker

Xiaomi 13 Diprediksi Meluncur Lebih Cepat, Benarkah?

Dipastikan akan bertabur spek gahar!

Sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di dunia, Xiaomi terus tancap gas pada 2022. Tandanya, pada awal April 2022, perusahaan bermarkas di Beijing, China ini merilis seri flagship terbarunya, Xiaomi 12. Dengan harga yang "merusak pasar", Xiaomi ingin terus menghadirkan HP gahar dengan harga rakyat.

Untuk mendatangkan seri terbarunya, apakah kita perlu menunggu tahun depan? Ternyata tidak! Berbagai bocoran dari China mengutarakan niat "serangan kilat" Xiaomi, yaitu peluncuran seri Xiaomi 13 menjelang akhir tahun ini. Apakah benar begitu?

1. Perkenalkan, Fuxi dan Nuwa

Xiaomi 13 Diprediksi Meluncur Lebih Cepat, Benarkah?Fuxi dan Nuwa, nama sandi untuk Xiaomi 13 Pro dan Xiaomi 13 (xiaomiui.net)

Dilansir situs Xiaomiui, Xiaomi memberikan nama sandi terbaru untuk seri Xiaomi 13. Kembali ke tradisi lamanya, Xiaomiui mencatat bahwa seri Xiaomi 13 akan diberikan nama sandi Fuxi (伏羲) dan Nuwa (女媧), dewa dan dewi China yang berhubungan dengan terciptanya kehidupan.

Sekadar informasi mengenai nama sandi tersebut, Fuxi adalah dewa yang tercipta sebelum saudari/istrinya, Nuwa. Oleh karena itu, Gizmochina mencatat bahwa Fuxi adalah nama sandi untuk Xiaomi 13 Pro sebagai seri yang lebih superior, sedangkan Nuwa untuk Xiaomi 13.

Selain nama sandi, nomor seri Xiaomi 13 juga telah dibocorkan. Xiaomi 13 Pro dibocorkan dengan nomor seri 2211133C, sementara Xiaomi 13 dengan 2210132C. "C" di akhir seri adalah tanda bahwa seri ini diluncurkan di China. Untuk peluncuran global, nomor serinya adalah 2211133G untuk Xiaomi 13 Pro dan 2210132G untuk Xiaomi 13.

Baca Juga: Xiaomi Gandeng Kamera Leica, Tanda-tanda Xiaomi 12 Ultra?

2. Bocoran fitur Xiaomi 13

Meski belum dirilis secara resmi, beberapa pengguna Weibo telah mendapatkan bocoran mengenai fitur yang akan hadir di seri flagship ke-13 Xiaomi ini. Pertama, dari segi sistem operasi, Xiaomi 13 — sesuai namanya — tengah menjalani tes Android 13, sehingga Xiaomiui yakin HP tersebut akan datang bersama OS Android teranyar ini.

Dari segi chipset, seri Xiaomi 13 diperkirakan akan ditemani oleh chipset terbaru yang akan dikeluarkan Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2 (SM8550). Menurut GSMArena, Xiaomi ingin Xiaomi 13 menjadi salah satu HP pertama dan terdepan dengan chipset anyar tersebut.

Untuk kamera, Xiaomi telah mengumumkan kerja sama dengan Leica pada Mei 2022 kemarin. Oleh karena itu, Xiaomi 13 kemungkinan besar akan dibekali dengan kamera belakang tripel bersama Leica. Gizmochina meramalkan seri Xioami 13 dan 13 Pro akan memiliki tampilan OLED curved-edge dengan punch-hole dan bezel yang tipis.

3. Kapan rilisnya dan berapa harganya?

Xiaomi 13 Diprediksi Meluncur Lebih Cepat, Benarkah?Outlet Xiaomi (ANTARA/Reuters)

Mengutip Xiaomiui, Xiaomi dikabarkan telah mulai mengembangkan seri Xiaomi 13, meskipun dunia tengah menunggu Xiaomi 12 Ultra. Oleh sebab itu, kemungkinan besar, dunia tidak perlu menunggu 2023 untuk melihat Xiaomi 13 dan 13 Pro.

Berdasarkan tangkapan MIUI build-nya, seri Xiaomi 13 kemungkinan besar akan meluncur pada November 2022. Selain Xiaomi, perilisan ini juga mengisyaratkan kemungkinan bahwa Qualcomm juga akan meluncurkan Snapdragon 8 Gen 2 tidak lama sebelum peluncuran Xiaomi 13.

Sayangnya, untuk saat ini, belum ada konfirmasi resmi dari Xiaomi mengenai Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro. Oleh karena itu, harga Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro belum diketahui. Untuk info selengkapnya, tunggu perkembangan Xiaomi 13 dan Xiaomi 13 Pro berikutnya, ya!

Baca Juga: 7 Alasan Kuat Kenapa Kamu Harus Memilih HP Xiaomi!

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya