Comscore Tracker

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan Lain

Akan jadi lebih berguna

Siapa yang tidak menggunakan WhatsApp? Aplikasi pesan yang dibeli Facebook seharga 19 miliar dolar AS pada 2014 tersebut amat mendunia, hingga menurut data situs Statista pada Oktober 2020, sebanyak 2 miliar pengguna WhatsApp terdaftar dari seluruh dunia, dan per bulannya, sebanyak 100 juta pesan terkirim.

Masa kini, short message service (SMS) sudah mulai perlahan ditinggalkan. Hadirnya aplikasi dan layanan pesan berbasis internet pada ponsel cerdas (smartphone) menawarkan alternatif yang lebih praktis dan bebas biaya. Selain itu, aplikasi pesan semacam WhatsApp menawarkan fitur seperti group chat, dan kirim gambar, video, pesan suara hingga stiker.

WhatsApp pun memiliki fitur futuristik yang sudah mulai mainstream seperti autentifikasi biometrik via sidik jari, privasi yang ditingkatkan, Voice over Internet Protocol (VoIP), hingga video call. Apakah bisa ditingkatkan? Tentu saja. Delapan fitur berikut akan jadi gebrakan bila benar-benar diterapkan pada WhatsApp di masa depan.

1. Dukungan nomor telepon ganda (Telegram)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainDukungan lebih dari satu nomor pada Telegram. medium.com

Pemutakhiran pertama yang bisa dicatat WhatsApp adalah dukungan untuk nomor ganda. Bukan rahasia kalau WhatsApp hanya mendukung akun dengan satu nomor. Bagi pengguna smartphone dari Samsung, Huawei, Xiaomi, dan beberapa merek lain mungkin dapat mengakali hal tersebut dengan fitur kloning aplikasi. Namun, lebih repot, kan?

Kelihatannya, untuk fitur ini, WhatsApp perlu berkaca dari Telegram, aplikasi pesan dari Rusia bermarkas di Dubai dengan 400 juta pengguna aktif per bulan menurut Statista. Telegram memiliki dukungan native untuk akun dengan nomor lebih dari satu.

Hal tersebut membuatmu dapat memiliki hingga tiga akun Telegram tanpa harus repot-repot kloning aplikasi! Catat tuh, WhatsApp!

2. Note to Self (Signal)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainTampilan note to self Signal. support.signal.org

Berasal dari Negeri Paman Sam, aplikasi pesan Signal adalah salah satu dari segelintir aplikasi pesan yang menawarkan fitur catatan, penyimpanan Lokator Sumber Seragam (URL), dan fitur-fitur unik lainnya.

Salah satu fitur unik yang ditawarkan Signal adalah "Note to Self". Terlihat sama seperti tampilan chat pada umumnya, Note to Self adalah tempat untuk menyimpan catatan pribadimu. Selain itu, catatan pada Note to Self dapat disinkronisasikan dengan perangkat yang terhubung juga!

Apakah bisa juga di WhatsApp? Secara teknis, bisa; namun, terkesan repot dan "jahat". Kamu bisa membuat group chat, lalu kick satu per satu anggota hingga hanya tinggal kamu. Bikin orang sakit hati, lebih baik jika WhatsApp masukkan fitur pembuatan catatan secara native seperti Signal.

3. Jajak pendapat (Telegram, LINE)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainPolls 2.0 pada Telegram. telegram.org
Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainPolling pada LINE. official-blog.line.me

"Eh, weekend ini kita mau hang out ke mana, guys?"

Sebagai jawaban, banyak opsi pun berdatangan! Lebih enak jika buat jajak pendapat (polling) daripada "terserah", kan? Dengan fitur polling, akan lebih mudah memutuskan hal-hal bersama teman atau rekan kerja. Nah, salah satu fitur yang ketinggalan di WhatsApp adalah polling.

Tak terlihat di WhatsApp, fitur ini malah terlihat juga di Telegram dan LINE. Malah, dengan Polls 2.0, Telegram mengizinkan penggunanya dalam group membuat kuis dan hal-hal menarik lainnya. Mengingat banyaknya pengguna WhatsApp, fitur ini nampaknya akan berguna!

4. Memburamkan wajah pada gambar sebelum dikirim (Signal)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainFitur memburamkan wajah di Signal. signal.org

Rahasia umum kalau Facebook sering menghadapi tuntutan karena privasi. Contohlah Signal! Aplikasi pesan tersebut memiliki fitur yang mengutamakan privasi. Salah satunya adalah fitur memburamkan wajah pada gambar sebelim dikirim. Tinggal ketuk ikonnya dan aktifkan opsi "blur faces".

Mengingat WhatsApp yang secara tidak langsung menjadi "perpanjangan tangan" Facebook, akan jadi gebrakan besar jika aplikasi pesan terbesar di dunia tersebut memasukkan fitur memburamkan wajah demi menjaga privasi.

Baca Juga: Cara Mudah Mengembalikan Foto WhatsApp yang Terhapus, Pasti Berhasil!

5. Reaksi untuk pesan (Messenger, Instagram, Telegram, Signal)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainReaksi untuk pesan. theverge.com

Fitur memberi reaksi pada pesan sudah mulai merambah aplikasi-aplikasi pesan modern, dari Facebook Messenger, Instagram DM (baru-baru ini), hingga Discord serta Slack. Ternyata, Signal dan Telegram pun sudah menerapkannya di aplikasi pesan mereka. Cara pakainya pun sama!

Dengan fitur reaksi pesan, kamu dapat menanggapi pesan tersebut dengan emoji. Dengan kata lain, kamu tak perlu lagi capek-capek mencari emoji lalu mengirimkannya dalam bentuk pesan baru. Karena Facebook mengatasi WhatsApp, seharusnya fitur ini bisa hadir juga dalam waktu dekan. Semoga~

6. Kirim tanpa suara (Telegram)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainFitur kirim tanpa suara di Telegram. slashgear.com

Penasaran kenapa pesanmu tidak kunjung dibalas si dia? Tidak perlu berpikir negatif! Semua orang memiliki kesibukan dan prioritasnya sendiri. Oleh karena itu, ada baiknya WhatsApp menerapkan fitur dari Telegram, yaitu "kirim tanpa suara" (send without sound". Caranya, tahan tombol "send" dan pilih opsi "send without sound", sehingga pesan sampai tanpa menggetarkan HP penerima.

Di WhatsApp, kamu sebenarnya tinggal "mute" kontak tersebut. Namun, agak tidak efektif dan berbahaya jika suatu saat memang ada pesan penting. Oleh karena itu, fitur "send without sound" kemungkinan besar amat berguna bagi para penggunanya yang tak ingin mengganggu atau diganggu pesan.

7. Penjadwalan pesan (Telegram)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainFitur schedule message pada Telegram. neowin.net

"Telegram saja bisa schedule, WhatsApp kapan?"

Tak dimungkiri, fitur penjadwalan pesan (schedule message) mungkin adalah salah satu fitur yang paling banyak diminta di WhatsApp. Ternyata, fitur tersebut sebenarnya sudah lama tersedia di Telegram. Sesuai namanya, fitur ini mengizinkanmu untuk memilih tanggal dan waktu mengirim pesan.

Hingga saat ini, untuk menjadwalkan pesan di WhatsApp, kamu butuh aplikasi pihak ketiga. Padahal, dengan fitur ini, kamu tidak perlu repot menunggu waktu, dan hanya tinggal pasang jadwal untuk pesan tersebut saja, dari ucapan ulang tahun, hingga pesan pengingat untuk teman dan rekan kerja!

8. Verifikasi kamera (Kik)

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainFitur tanda kamera pada Kik Messenger. androidauthority.com

Jarang dengar aplikasi pesan Kik Messenger? Kalau yang dulu sering main Omegle, pasti tahu! Kik Messenger memiliki satu fitur unik yang tidak dimiliki WhatsApp, yaitu verifikasi kamera. Fitur ini memberi tanda "kamera" ke gambar yang diambil melalui kamera Kik. Ternyata, fitur ini juga penting untuk melawan hoaks, lho.

Sering kali pihak yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk meretas dan menghapus tanda kamera tersebut. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan mengambil gambar via kamera smartphone lalu dikirim. Tetapi, alangkah lebih baik jika fitur ini dimasukkan ke WhatsApp yang termasuk ke media yang dapat digunakan untuk menyebarkan hoaks juga.

Catat, 8 Fitur yang Bisa Dicontoh WhatsApp dari Aplikasi Pesan LainWhatsApp. pixabay.com/arivera

Itulah delapan fitur yang kami harapkan dapat tersedia untuk aplikasi pesan WhatsApp. Sebagai aplikasi pesan terbesar di dunia, sudah kewajiban WhatsApp untuk meningkatkan akses dan keamanan pengguna.

Oleh karena itu, fitur-fitur ini layak dimasukkan karena paling banyak diminati. Melihat fitur-fitur ini, apakah ada yang kelewatan tidak kami sebutkan?

Baca Juga: 7 Fitur dari Aplikasi Perpesanan Lain yang Perlu Dimiliki WhatsApp

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya