Comscore Tracker

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomi

Bukan penerus takhta Pocophone F1

Pada 2018, Xiaomi menggegerkan pasar gawai dengan merilis Pocophone F1. Secepat namanya, dengan dapur pacu Qualcomm SnapDragon 845+, teknologi LiquidCool, dan AI dual camera di harga yang terjangkau, gawai tersebut menjadi ponsel pintar impian di masanya.

Terkesima dengan kesuksesan Pocophone F1, Xiaomi malah terdiam. Perusahaan elektronik asal Negeri Panda tersebut tidak merilis penerus F1.

Berpisah jalan dari Xiaomi, Poco - sekarang adalah merek mandiri - berjanji untuk tidak berbuat kesalahan yang sama. Belajar dari kesuksesan Pocophone F1, Poco memberi sinyal akan merilis Pocophone X2.

Apa yang dapat penggemar Poco dan Xiaomi bisa harapkan dari X2?

1. Nama dan tanggal rilis X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomientertainmentbox.com

Sebelumnya diprediksi akan dinamai "F2", ternyata Poco memberikan nama "X2" untuk gawai ini. Mungkin, kamu bertanya-tanya:

Kok enggak pakai nama F2? Bukannya ini penerus F1?

Seperti yang dikatakan tadi, F2 sudah pernah ada. And, it did not end well.

Oleh karena itu, setelah melihat spesifikasi X2 di poin-poin berikutnya, kamu akan mengerti bahwa X2 bukanlah penerus F1.

Soal menyoal tanggal, Poco tidak ingin memainkan perasaan para penggemarnya. Melalui akun Twitter resminya, Poco membeberkan tanggal rilis Pocophone X2 paling lambat pada 4 Februari 2020 mendatang di India.

Kemungkinan, hanya butuh beberapa hari atau minggu untuk segera hadir di negara-negara lainnya. Duh, tidak sabar!

Eits! Tunggu dulu, permasalahannya, apakah gawai ini akan hadir di Indonesia?

2. Desain Pocophone X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomic.mi.com

Sebelum berbicara mengenai jeroannya, mari kita berbicara soal tampilan luarnya.

Dari segi desain, Pocophone X2 akan mengingatkanmu pada gawai Xiaomi Redmi K30 4G (ada yang versi 5Gnya, lho). Malah, berdasarkan data dari sertifikasi BIS (Bureau of Indian Standard) di India, nomor model Pocophone X2 (M1912G7BI) terdaftar sama seperti Redmi K30.

Jadi, jika kamu ingin tahu desain paling mirip dengan X2, kamu tinggal melihat Redmi K30 4G saja.

Pertama, layarnya yang berukuran 6,67 inci tersebut yang memiliki punch hole yang hampir seukuran pil Panadol (lebih besar sedikit). Punch hole ini menyimpan dua kamera swafoto. Kedua, kamera belakang Redmi K30 4G berjejer vertikal.

Salah satu akun Twitter di Rusia, @xiaomishka, mengunggah foto bocoran X2 yang memperlihatkan desain X2 yang benar-benar bagai pinang dibelah dua dengan Redmi K30 4G.

3. Spesifikasi dan fitur Pocophone X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomipoco.in

Dengan tagar #SmoothAF, wajar jika kamu mengharapkan X2 untuk sama cepat atau lebih cepat dari gawai pendahulunya.

Namun, dengan mengetahui nomor model yang mirip dengan Redmi K30 4G, bagi kamu yang menantikan Pocophone X2, don't hold your breath.

Masih mengacu pada Redmi K30 4G, jika dibandingkan dengan Pocophone F1 dengan dapur pacu Qualcomm SnapDragon 845, gawai Xiaomi Redmi K30 4G hanya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730.

Dan, kemungkinan besar itulah chipset yang akan terpatri di dalam X2. ZONK!

Menilai dari chipset yang digunakan, Poco menargetkan X2 untuk bersaing dengan gawai di kelas menengah ke atas seperti Xiaomi Mi Note 10 dan Realme X2 (eh, sama tuh namanya!?).

Sayangnya, dengan ini, bagi kamu yang berharap X2 bisa lebih gahar dari F1, bisa mulai mundur pelan-pelan.

Tapi, Poco memberi bocoran bahwa X2 akan dilengkapi dengan fitur "pendingin mutakhir". Apakah ini teknologi LiquidCool akan diwarisi juga pada X2? We'll see.

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomipoco.in

Kalau dapur pacunya mengecewakanmu, setidaknya bagi kamu yang suka dengar lagu di gawai, mungkin yang satu ini akan menghiburmu. Model X2 yang dipertunjukkan pada situs Poco India memperlihatkan:

"X2 memiliki lubang colokan headphones."

Hore! Jadi, kamu tidak perlu lagi, dong, menggunakan perangkat audio nirkabel atau memasang dongle lagi? Itu baru "bocoran", belum "resmi" (seperti yang tertulis bahwa gambar hanya representasi dan belum tentu ada pada produk aslinya).

Namun, akan jadi kesalahan besar jika Poco menghilangkan colokan tersebut padahal sudah memasangnya di model X2.

Memanjakan para pencinta audio lebih lagi sama seperti Redmi K30 4G, X2 juga dirumorkan akan memiliki cap "Hi-Res" yang menandakan gawai ini tidak memberi suara kaleng-kaleng.

Selain lubang colokan, Pocophone X2 juga menjanjikan kapasitas penyimpanan internal yang besar, mulai dari 6GB RAM dan 64 GB ruang penyimpanan. Namun, saat rilis nanti, kemungkinan kapasitas penyimpanan akan bertambah juga.

Terlebih lagi, X2 juga akan mendukung slot SIM hybrid, NFC dan IR Blaster.

Dengan kata lain, hampir seluruh fitur dan dapur pacu yang terdapat di Redmi K30 4G bisa jadi dimasukkan ke dalam Pocophone X2.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Pocophone F1 Bisa Dinobatkan Jadi Ponsel Terbaik 2018

4. Layar Pocophone X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomipoco.in

Masih mengacu pada Redmi K30 4G, X2 kemungkinan besar akan dilengkapi layar sebesar 6,67 inci dengan punch hole yang menjadi rumah dua kamera swafoto.

Sebelum berbicara soal layar, kami ingin bertanya. Apakah kamu mengharapkan layar OLED pada X2? Jika iya, berita buruk untukmu. Sama seperti Redmi K30 4G yang hanya dilengkapi layar LCD.

Buruknya adalah, walaupun kamu mengaktifkan tema gelap, hal itu takkan berpengaruh signifikan pada bateraimu.

Berita baiknya adalah dengan layar LCD, kamu tetap mendapatkan refresh rate yang cepat, sekitar 127Hz. Dengan kata lain, animasi yang muncul saat kamu menggeser menu dan bermain gim akan benar-benar mulus.

Namun, pertanyaannya, dengan chipset  SnapDragon 730, apakah X2 sanggup memberikan refresh rate semulus 127Hz?

Soal keamanan, kamu mungkin tidak akan melihat pemindai sidik jadi under display seperti Vivo S1. Hal ini dikarenakan belum ada gawai layar LCD dengan sistem pemindai sidik jari semutakhir itu.

Jadi, di mana pemindai sidik jarinya? Ya, di sisi samping X2, sama seperti Redmi K30 4G.

5. Ketajaman kamera Pocophone X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomiandroidauthority.com

Seperti yang telah dijabarkan di segi desain, sama dengan kamera Redmi K30 4G, bagian belakang Pocophone X2 akan dilengkapi dengan kamera setajam 64 MP dengan sensor Sony IMX686.

Selain kamera utama setajam 64 MP tersebut, X2 juga dilengkapi tiga kamera belakang lain yang berjejer vertikal:

  • Kamera 8 MP dengan lensa ultra-wide,
  • Kamera 2 MP dengan lensa macro shooter, dan
  • Kamera 2 MP dengan lensa depth sensor.

Bagi kamu yang suka berswafoto ria, X2 dipastikan memiliki dua kamera swafoto setajam 20 MP + 2 MP, sama seperti Redmi K30 4G.

Apakah kamu tidak melihat kata "telephoto" pada spesifikasi kameranya? Hal tersebut memang karena X2 tidak memiliki kamera dengan lensa telephoto.

6. Ketahanan baterai Pocophone X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomipoco.in

Walaupun berpisah dari Xiaomi, para penggemar Xiaomi dan Pocophone menantikan X2 yang diklaim akan memiliki baterai badak khas Xiaomi, setidaknya 5,000 mAh? Namun, berbalik pada acuan kita, Redmi K30 4G yang memiliki baterai sebesar 4,500 mAh, prediksi terkini meletakkan kapasitas X2 setara dengan K30 4G.

Menurut video yang diunggah oleh akun Twitter resmi Poco India, X2 akan didukung fitur pengisian daya hingga 75W. Pada video tersebut, baterai X2 akan terisi hingga 40 persen hanya dalam waktu 25 menit!

Dengan kata lain, X2 dapat terisi penuh hanya dalam waktu satu jam lebih sedikit. Sama, seperti K30, yang terisi 100 persen dalam waktu 68 menit. Jadi, prakiraan waktunya sama seperti K30.

Namun, dengan baterai sebesar 4,500 mAh, apakah pengisian dayanya benar-benar terasa cepat? Atau, hanya gimmick?

7. Prakiraan harga Pocophone X2

Pocophone POCO X2: Produk Mandiri Pertama Poco Lepas dari Xiaomihindustantimes.com

Baiklah, inilah bagian yang ditunggu-tunggu: harga. Dengan dapur pacu di bawah F1, apakah X2 akan dibandrol lebih murah dari F1? Sebagai perbandingan, Pocophone F1 dibandrol di kisaran harga Rp4 juta - Rp5 juta.

Menurut bocoran yang diberikan pertama kali oleh @xiaomishka, harga Pocophone X2 akan dimulai dari 19,000 rupee atau US$265. Jika dikonversi ke Rupiah, X2 akan dibandrol seharga Rp3 jutaan - Rp4 juta! Harga yang masuk akal untuk jeroan X2.

Namun, harga dapat berbeda tergantung dari RAM dan penyimpanan internal.

(Harga resmi menunggu pengumuman Poco)

Inilah prakiraan harga dan spesifikasi X2, ponsel pintar pertama buatan Poco sebagai merek mandiri. Menurutmu, yay or nay?

Baca Juga: Lama Tak Terdengar, Pocophone Akan Rilis 3 Hp Baru di 2020

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya