Comscore Tracker

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaan

Disahkan FDA, lho!

Mengenal jantungmu dapat menyelamatkan nyawa. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular, terutama serangan jantung, masuk ke dalam 10 besar penyebab kematian tertinggi di dunia.

Untungnya, manusia semakin awas dengan kesehatan, dan mengintegrasikannya ke teknologi mereka Dengan berkembangnya teknologi manusia, sekarang jam cerdas/smartwatch pun sudah bisa mendeteksi detak jantung lewat elektrokardiogram (ECG/EKG). ECG/EKG melacak aktivitas listrik yang dihasilkan oleh detak jantung.

Jam tangan pintar menggunakan sensor dan aplikasi EKG untuk melakukan pembacaan EKG / EKG dengan melacak aktivitas listrik jantung yang dihasilkan selama setiap detak jantung. Memang, smartwatch tidak bisa mendeteksi penyakit jantung; namun, setidaknya smartwatch dapat membantumu memantau gejala-gejala yang abnormal seperti detak yang terlalu cepat atau irama yang tidak beraturan.

Pastinya, kami merekomendasikan jam yang disahkan oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat AS (FDA), yang berarti sudah teruji kualitasnya. Walaupun tidak dibanderol dengan harga murah, anggap saja investasi untuk kesehatan jantung di kemudian hari. Inilah 7 smartwatch yang disetujui oleh FDA memiliki fitur kesehatan terbaik.

1. Apple Watch Series 5

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanApple Watch Series 5. apple.com

Dirilis pada September 2019, Apple Watch Series 5 adalah salah satu smartwatch yang dibekali banyak fitur kesehatan seperti ECG/EKG, pelacakan tidur, pelacakan kalori, pelacakan siklus menstruasi, pemantauan EKG, dan lain-lain. Faktanya, fitur ECG/EKG di Apple Watch Series 5 direkomendasikan oleh FDA!

Hanya butuh 30 detik bagi ECG untuk memonitor jantung. Sensor jantung elektrik di Apple Watch Series 5 secara akurat melacak irama jantung dan mengabarimu jika ada keanehan pada jantungmu, seperti irama detak yang tidak normal. ECG pada Apple Watch Series 5 akan mengeluarkan salah satu hasil berikut:

  • Irama sinus: detak jantung normal. Tetapi, jika terasa nyeri dada atau gejala terkait gangguan jantung lainnya, segera cari bantuan medis.

  • Fibrilasi atrium: irama jantung tidak normal. Ini adalah kondisi medis yang serius dan membutuhkan perhatian medis segera, meskipun kamu tidak merasakan tanda-tanda nyeri dada atau rasa tidak nyaman di dada. Fibrilasi atrium bisa menjadi gejala awal serangan jantung atau stroke.

  • Denyut jantung tinggi atau rendah: Pembacaan ECG juga dapat mendeteksi detak jantung. Fitur pelacakan ECG di Apple Watch Series 5 hanya menyala jika detak jantung Anda antara 50-120 denyut/menit (bpm).

  • Tidak terdeteksi: ECG tidak dapat membaca detak jantung. Faktor paling sering yang menyebabkan macetnya EKG adalah keberadaan alat pacu jantung/pacemaker atau Apple Watch Series 5 tidak terpasang dengan benar di pergelangan tangan.

Dibekali chipset S5, Apple Watch Series 5 juga memiliki fitur deteksi jatuh atau Fall Detection, sehingga dapat mengirimkan pesan darurat di saat kecelakaan. Smartwatch ini menawarkan daya baterai selama 18 jam, tergantung pemakaian. Apple Watch Series 5 dibanderol seharga Rp7,8 juta.

2. Apple Watch Series 6

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanApple Watch Series 6. apple.com

Selanjutnya, Apple Watch Series 6 adalah smartwatch kesehatan termutakhir jebolan FDA lain di daftar ini. Selain fitur ECG/EKG yang mutakhir, smartwatch keluaran September 2020 ini sudah dapat mendeteksi kadar oksigen dalam darah (SpO2), dalam rangka mencegah happy hypoxia dari penyakit virus corona baru (COVID-19).

Serupa dengan pendahulunya, Apple Watch Series 6 dapat melacak irama jantung dan tanda-tanda fibrilasi atrium, yang diberitahukan lewat aplikasi Health pada produk Apple. Tetapi, daya tarik utama Apple Watch Series 6 adalah fitur deteksi SpO2. Dengan kombinasi sensor canggih dan aplikasi, deteksi SpO2 semakin akurat.

Serupa dengan Apple Watch pendahulunya, seri ke-6 yang dibekali chipset S6 ini juga dapat memantau aktivitas kesehatan dan kebugaran dalam dan luar ruangan. Selain jam, Apple Watch Series 6 juga dapat disambungkan dengan fitur pada iPhone dan menelepon serta mengirim pesan juga! Apple Watch Series 6 dihargai Rp8 juta.

3. Apple Watch Series 4

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanApple Watch Series 4. apple.com

Dirilis pada 2018, Apple Watch Series 4 adalah yang pertama dilengkapi dengan fitur ECG/EKG yang disetujui oleh FDA. Meskipun sudah lumayan usang dan tidak dibekali fitur sebanyak para penerusnya, manfaat Apple Watch Series 4 dalam mendeteksi jantung masih relevan hingga saat ini.

Dengan kemampuan mendeteksi irama dan detak jantung yang tidak teratur, kamu bisa membawa hasilnya sebagai rujukan ke dokter. Jika kamu tidak dapat menemukan fitur ECG/EKG di Apple Watch Series 4, tidak perlu takut! Cukup update watchOS dan unduh aplikasi ECG dari Apple.

Jika kamu tidak ingin menghabiskan banyak uang untuk Apple Watch dan hanya butuh fitur deteksi jantung, Apple Watch Series 4-lah jawabannya. Dibandingkan Apple Watch penerusnya, Apple Watch Series 4 hanya dihargai kisaran Rp6 jutaan!

Baca Juga: Di Bawah Rp1 Juta, Ini 7 Smartwatch Terbaik dengan Fitur Lengkap!

4. Samsung Galaxy Watch3

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanSamsung Galaxy Watch 3. samsung.com

Menyeberang ke Android, Samsung Galaxy Watch3 adalah smartwatch kesehatan terbaik. Selain kaya fitur, smartwatch produksi Agustus 2020 ini dapat memantau kesehatan dan aktivitas fisik dalam waktu bersamaan. Seperti Apple Watch, fitur ECG/EKG Galaxy Watch3 sudah di-approved oleh FDA, jadi tak usah khawatir akan akurasinya.

Bedanya, Galaxy Watch3 membantumu mengaktifkan ECG bersama dengan deteksi tekanan darah! Selain ECG dan tekanan darah, smartwatch ini juga melacak kalori, SpO2, kualitas tidur, dan lain-lain, menjadikannya salah satu fitness tracker terbaik di 2020-2021 juga!

Bersaing dengan Apple Watch Series 6, Galaxy Watch3 juga menyediakan fitur Fall Detection yang mengirim pesan darurat di kala bahaya. Galaxy Watch3 dapat disambungkan dengan ponsel seri Galaxy yang kompatibel untuk fitur Wireless Power Share sehingga charging lebih cepat! Galaxy Watch3 diberi harga Rp6 juta (41mm) dan Rp6,3 juta (45mm).

5. Samsung Galaxy Watch Active2

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanSamsung Galaxy Watch Active2. samsung.com

Mencari smartwatch simpel dan kaya fitur untuk Android? Samsung Galaxy Watch Active2 jawabannya! Bersanding dengan Galaxy Watch3, Galaxy Watch Active2 juga memiliki fitur ECG/EKG yang disetujui oleh FDA, terutama untuk versi terbaru. Dengan begitu, kamu bisa memonitor jantung untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Selain ECG/EKG, Galaxy Watch Active2 yang dirilis pada 2019 ini juga dapat melacak aktivitas kesehatan seperti joging, lari, berenang, bersepeda, yoga, hingga tidur. Dengan ponsel Samsung Galaxy yang kompatibel, charging Galaxy Watch Active2 jadi lebih cepat! Dengan fitur yang tidak jauh beda, Samsung Galaxy Watch Active2 diberi harga Rp3,2 juta (40mm) dan Rp4,4 juta (44mm).

6. Fitbit Sense

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanFitbit Sense. fitbit.com

Sebagai produsen smartwatch dan fitness tracker terkemuka, Fitbit merilis Sense pada September 2020 sebagai smartwatch kesehatan pertama dari lini Fitbit dengan fitur ECG/EKG yang disetujui oleh FDA.

Hanya butuh 30 detik, sensor elektrik Fitbit pada Sense dapat mendeteksi detak dan irama jantung. Selain fitur ECG/EKG, Sense juga dilengkapi dengan fitur kesehatan lain seperti pemeriksaan SpO2, suhu kulit, sleep tracking, kalori, hingga melacak tingkat stres.

Dari segi baterai, Sense dapat bertahan selama 6 hari dengan sekali charging. Tentu saja, baterai Sense tergantung dari pemakaian. Tetapi, kami bisa jamin, 12 menit dapat memberikan daya tahan hingga 1 hari penuh! Dengan fiturnya, Fitbit Sense dapat kamu boyong pulang dengan harga Rp5,6 juta.

7. AliveCor KardiaMobile 6L

7 Smartwatch Kesehatan Terbaik di Harga Rp3-8 jutaanAlivecor Kardiamobile 6L. store.alivecor.com

Sudah punya smartwatch dan hanya ingin monitor EKG saja? Kamu dapat membeli Kardiamobile 6L dari AliveCor. Tidak perlu diragukan lagi, fitur EKG pada KardiaMobile 6L sudah mendapatkan lampu hijau dari FDA. Dengan 30 detik-1 menit, EKG pada KardiaMobile 6L dapat mendeteksi jantung dengan akurat.

Dibekali dengan 6 lead/6L ECG (I, II, III, aVL, aVR, dan aVF), sensor KardiaMobile 6L dapat mendeteksi keanehan pada jantung seakurat mungkin. Bukan cuma fibrilasi atrium, alat ini bisa mendeteksi detak jantung lambat (bradikardia) dan detak jantung cepat (takikardia).

Jika berlangganan dengan KardiaCare, maka kamu akan mendapatkan konsultasi kardiolog setiap 90 hari dan mendapatkan laporan kesehatan jantung bulanan. Tetapi, tanpa berlangganan pun, KardioMobile 6L sudah cukup mutakhir untuk jantungmu. AliveCor KardiaMobile 6L dapat kamu beli seharga Rp4 jutaan.

Itulah tujuh smartwatch dengan fitur kesehatan seperti ECG/EKG, SpO2, dan fitur mutakhir lainnya yang sudah disetujui oleh FDA. Oleh karena itu, harganya yang mahal sepadan dengan kualitasnya yang mendunia. Dari jam-jam ini, mana yang ingin kamu pakai di pergelangan tangan? Bukan cuma coolsmartwatch ini bikin kamu makin sehat!

Baca Juga: 7 Smartwatch Garmin Terbaik untuk Berbagai Kebutuhan

Topic:

  • Alfonsus Adi Putra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya