TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Cara Sederhana agar Smartphone Kamu Tidak Mudah Panas

Selain tidak nyaman di tangan, panas itu merusak smartphone

cellphones.lovetoknow.com

Salah satu kendala merawat smartphone adalah permasalahan panas. Selain tidak nyaman dipakai, suhu tinggi dari smartphone juga mempercepat kerusakan pada benda elektronik tersebut.

Oleh sebab itu sangat penting mengatur suhu smartphone-mu. Berikut ini beberapa tip yang bisa dilakukan kepada smartphone-mu agar tidak mudah panas.

1. Masukkan smartphone dalam mode hemat baterai

androidcentral.com

Smartphone sudah memiliki kemampuan berlebih dalam mengolah dan menjalankan aplikasi sehari-hari. Agar tidak bekerja secara maksimal dan memaksakan diri, ubah mode di smartphone-mu menjadi mode hemat baterai. Ini akan membatasi kinerja CPU sampai 70 persen saja dengan mengurangi resolusi dan kecerahan layar, serta mematikan fitur display selalu menyala.

2. Cek memori dan penggunaan baterai

fossbytes.com

Di opsi pengaturan smartphone, ada pengaturan yang memungkinkanmu melihat aplikasi apakah yang menggunakan memori dan bateraimu. Jika kamu melihat ada aplikasi yang menurutmu tidak cukup berguna tapi menghabiskan banyak baterai dan atau memori, cobalah untuk mematikan aplikasi tersebut.

Baca Juga: 6 Tip Fotografi Fashion dari Rio Motret, Konsep Berperan Penting

3. Mengunduh, jangan streaming

any-video-converter.com

Sebisa mungkin hindari kegiatan streaming untuk mengurangi panas smartphone-mu. Mengunduh hanya membuat radio WiFi-mu berjalan sementara waktu saja.

Berbeda dengan streaming yang membiarkan radio WiFi terus menerus dalam kondisi aktif. Jadi pastikan kamu menonton atau mendengarkan sesuatu dari unduhan.

4. Jangan memegang smartphone-mu ketika gaming atau streaming

techradar.com

Tanganmu adalah isolator panas yang efektif. Saat smartphone-mu bekerja keras seperti ketika dibuat gaming atau streaming, tanganmu akan membantu memanaskan smartphone. Hindari memegang smartphone ketika sedang menjalankan kegiatan tersebut dan baiknya gunakan aksesori seperti joystick dan lainnya. 

5. Atur melakukan update di malam hari

sea.pcmag.com

Ada opsi yang memungkinkanmu smartphone-mu melakukan auto update di malam hari. Gunanya adalah melakukan update saat kamu tidak menggunakan smartphone-mu. Update besar membutuhkan pengecekan dan hal tersebut akan memanaskan mesin.

6. Membuang aplikasi yang tidak berguna

fastcompany.com

Cobalah menghindari kebiasaan meng-install aplikasi yang tidak pernah kamu gunakan. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya memenuhi background dan memberatkan smartphone ketika melakukan auto update.

Semakin banyak aplikasi macam ini, maka semakin lambat dan panas smartphone-mu. Oleh karena itu, cobalah untuk menghapusnya.

Baca Juga: 7 Tip Memilih Pelindung Smartphone yang Baik, Sesuaikan Kebutuhanmu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya