TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cara Cek Cycle Count Baterai iPhone Tanpa Aplikasi

Bisa pengaruhi nilai jual, lho!

ilustrasi isi daya (freepik.com/pvproductions)

Bukan rahasia kalau baterai iPhone jadi satu komponen yang paling diperhatikan. Selain karena adanya fitur battery health, kini user iPhone bisa mengecek battery cycle alias sudah berapa kali baterai tersebut diisi daya. Konon, faktor ini dinilai memengaruhi harga jualnya. 

Jika dulu perlu aplikasi tambahan, kini sudah ada cara cek cycle count baterai iPhone langsung dari pengaturan. Coba lihat, sudah berapa kali perangkatmu di-charge selama penggunaan.

Apa itu cycle count battery?

Cycle count pada baterai iPhone merupakan hitungan setiap kali kamu mengisi daya perangkat sampai 100 persen. Jadi, tiap kali nge-charge sampai penuh, maka terhitung 1 cycle count. Nah, semakin sering full charge, maka makin tinggi pula cycle count-nya.

Berbeda dengan battery health yang makin tinggi persentasenya berarti makin baik, cycle count dianggap kebalikannya. Siklus yang terakumulasi tersebut menandakan bahwa baterai telah banyak digunakan yang mungkin memengaruhi kinerja dan daya tahannya.

Baca Juga: Apakah iPhone XR Masih Worth It Dibeli Setelah iPhone 15 Rilis?

Cara cek cycle count baterai iPhone 15

ilustrasi pengaturan iPhone (pexels.com/Brett Jordan)

Apple merilis sistem operasi versi terbarunya yakni iOS 17 bersama dengan gelaran acara Wanderlust Agustus 2023 lalu. Selain berbagai fitur baru, iOS 17 juga memungkinkan pengguna melakukan cara cek cycle count baterai iPhone seri 15.

Bagaimana langkahnya? Begini tutorialnya:

  1. Buka menu Pengaturan pada perangkat iPhone
  2. Masuk ke menu 'Umum' atau 'General'
  3. Klik pada bagian 'About'
  4. Gulir ke bawah hingga bagian 'Battery'
  5. Termukan keterangan 'Cycle Count' atau hitungan siklus yang menandakan berapa kali ponsel terisi daya secara penuh.

Angka yang ada pada bagian tersebut menandakan siklus isi dayamu. Makin sedikit angkanya, berarti makin jarang baterai terisi daya secara penuh. Pengisian daya kurang dari 100 persen tidak akan terhitung di cycle count ini, ya.

Baca Juga: 5 Perbedaan iPhone 15 vs iPhone 14, Ini Iphone yang Lebih Unggul!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya