Comscore Tracker

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinya

Gak selalu karena hardware, lho~

Pengguna iPhone boleh bersyukur dengan keragaman fitur dan kelebihannya. Namun, persoalan baterai boros di iPhone masih menjadi tantangan tersendiri. Karena persentase baterai yang tiba-tiba merosot, tak heran kalau iPhone gak jauh-jauh dari charger

Kira-kira, apa penyebab baterai iPhone boros? Lalu, apakah ada solusinya? Cek jawabannya di uraian ini.

Penyebab baterai iPhone boros dan solusinya

Lagi asyik liburan, update sana-sini, eh, tiba-tiba lowbatt, padahal baru saja selesai full charge. Nah, ini kenapa, nih?

Jangan keburu panik, ya, Guys! Bisa jadi, penyebab baterai iPhone boros adalah karena penggunaan aplikasi dan fitur yang memakan banyak daya. Meski demikian, gak menutup kemungkinan juga terjadi gangguan pada bateraimu. 

1. Email push

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi notifikasi email iPhone (pexels.com/Torsten Dettlaff)

Mengaktifkan layanan email push memang mendukung pekerjaan. Kecuali sangat dibutuhkan, ada baiknya kamu atur notifikasi menjadi tiap beberapa menit atau tiap jam. Sebab, notifikasi surat elektronik yang muncul setiap waktu menghabiskan cukup banyak daya.

Ibaratnya, ketika iPhone memiliki pengaturan email push, maka ia akan terus-terusan bertanya pada server email: apakah ada email baru. Untuk itu, sebaiknya, ubah pengaturan email push menjadi fetch. Caranya:

  1. Buka pengaturan > Mail > Account
  2. Klik ‘Fetch New Data’ di bagian paling bawah
  3. Geser toggle ‘Push’ menjadi nonaktif
  4. Atur waktu ‘Fetch’ yang kamu inginkan di bagian paling bawah
  5. Lakukan pada setiap akun surel jika memungkinkan.

2. Layanan lokasi yang gak perlu

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi peta iPhone (pexels.com/Brett Jordan)

Layanan lokasi membantu iPhone bekerja lebih akurat. Pada beberapa aplikasi, fitur ini harus tetap dinyalakan agar kinerja ponsel tetap maksimal. Namun, sebetulnya beberapa sistem dan aplikasi ponsel justru gak begitu membutuhkannya. Jadi, kamu bisa mematikannya.

Untuk mematikannya kamu perlu melakukan langkah berikut:

  1. Pergi ke pengaturan > Privacy > Location Services
  2. Klik ‘Share My Location’ tanpa menonaktifkan toggle-nya 
  3. Atur nonaktif pada aplikasi yang gak butuh info lokasi setiap waktu. Misalnya, WhatsApp, bagikan hanya jika diminta
  4. Gulir ke bawah klik hingga menemukan dan klik ‘Layanan Sistem’
  5. Matikan seluruh toggle, kecuali Emergency SOS dan Find My iPhone, atau lokasi yang diperlukan untuk fitur tertentu.

Kamu juga bisa menonaktifkan ‘Significant Location’ jika memang gak terlalu dibutuhkan. Namun, ini akan memengaruhi lokasi, seperti penyimpanan galeri dan iklan.

3. Aplikasi yang sedang gak digunakan

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi aplikasi iPhone (pexels.com/Cottonbro)

Terdengar sepele, bukan? Ternyata langkah ini juga membantu mengatasi penyebab baterai iPhone boros. Meski pegawai Apple menyatakan ini gak perlu, tapi menutup aplikasi yang sedang gak digunakan bisa membantu menghemat baterai, melansir Payette Forward.

Caranya, tekan dua kali pada home button atau geser bagian tengah bawah ke atas. Lalu, swipe deretan aplikasi yang gak sedang kamu gunakan. Ini berpengaruh karena, ketika kamu membuka aplikasi dan gak menggunakannya, aplikasi akan masuk mode tidur walau masih memakan memori. Gak heran jika kamu membukanya kembali, tampilan aplikasi masih sama seperti saat ditinggalkan.

4. Notifikasi berlebih

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi notifikasi iPhone (unsplash.com/Jamie Street)

Mirip dengan pengaturan email push yang ada di poin pertama, notifikasi yang terus aktif pun jadi penyebab baterai iPhone boros. Ketika memasang aplikasi dan muncul pilihan ‘App Would Like To Send You Push Notifications’, sebaiknya pilih Don't'Allow, kecuali memang diperlukan.

Perlu diketahui, saat memberikan akses notifikasi pada aplikasi, itu artinya kamu juga memberikan izin aplikasi tersebut tetap beroperasi. Bahkan ketika gak digunakan. Sebetulnya, notifikasi tepat waktu memang baik, tapi perlu memilih mana yang seharusnya ditampilkan. Ini dilakukan demi menghemat baterai.

Baca Juga: 4 Cara Reset iPhone yang Aman, Kembali ke Pengaturan Pabrik

5. Widget yang gak digunakan

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi widget pada iPhone (pexels.com/Nikita Khandelwal)

Dekorasi layar menggunakan shortcut widget bagus untuk tampilan. Namun, ketahui bahwa widget adalah ‘aplikasi mini’ yang tetap berjalan di belakang layar, bahkan ketika kamu gak menggunakannya. 

Jika memang gak digunakan, ada baiknya menonaktifkan widget dengan menhapusnya dari layar. Apabila kamu menggunakan iOS 14 atau versi terbaru, maka tekan widget selama beberapa detik, lalu pilih ‘Remove Widget’ > ‘Remove’. Menghapus widget termasuk salah satu cara menghemat baterai iPhone, lho.

6. Visual effect yang berlebihan

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi layar kunci iPhone (unsplash.com/Nubelson Fernandes)

Siapa di sini yang menjadikan video sebagai wallpaper? Ini merupakan fitur unggulan dari iPhone dan membuatnya makin menarik. Namun, visual yang indah ini turut andil dalam iPhone boros. Pasalnya, GPU dalam ponsel perlu bekerja lebih ekstra untuk menampilkan efek tampilan yang indah.

Masalahnya, GPU ini ‘lapar daya’. Semakin indah dan rumit visual yang ditampilkan, maka makin banyak pula daya yang dikonsumsi. Untuk mematikannya, buka Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan > matikan toggle pada ‘Kurangi Gerakan’. 

7. Penyegaran aplikasi di latar

7 Penyebab Baterai iPhone Boros dan Cara Mengatasinyailustrasi aplikasi iPhone (unsplash.com/Miguel Tomás)

Beberapa aplikasi di iPhone memiliki izin untuk tetap menggunakan sambungan internet ketika di latar. Hal ini berfungsi agar aplikasi tersebut tetap bisa mengunduh konten baru, bahkan saat gak digunakan. Dari deskripsinya, bisa ditebak bahwa penyegaran aplikasi di latar merupakan salah satu penyebab baterai iPhone boros.

Untuk mematikannya, buka Pengaturan > Umum > Penyegaran Aplikasi di Latar. Geser toggle menjadi nonaktif pada aplikasi yang ingin dimatikan penyegarannya. Well, gak harus semua, cukup aplikasi yang menurutmu gak terlalu digunakan dan berpengaruh.

Selain karena pengaturan dan konsumsi daya aplikasi, penyebab baterai iPhone boros juga bisa terjadi karena kerusakan baterai. Kalau kamu sudah mengusahakan langkah-langkah di atas, tapi gak kunjung berhasil, sebaiknya kunjungi gerai service untuk penanganan.

Baca Juga: 12 Pengaturan iPhone yang Berguna, Ayo Coba!

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya