Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!

Terkadang tanpa sadar kita lakukan semuanya

Apakah kamu merasa bahwa charger HP kamu cepat rusak? Mungkin bagi sebagian orang hal ini sangat wajar, apalagi jika intensitas pemakaiannya sangat tinggi sehingga bukan tidak mungkin jika jauh lebih cepat rusak.

Namun sebenarnya hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dianggap wajar, charger HP kamu bisa bertahan jauh lebih lama jika tidak melakukan beberapa hal ceroboh.

Berikut ini ada beberapa alasan mengapa charger HP kamu cepat rusak, ternyata tidak hanya kualitasnya saja yang menjamin, tapi juga perlakuan kita sendiri.

1. Mencabut charger-an dari HP secara sembarangan

5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/malcolm garret

Mencabut charger-an dari HP sebenarnya tidak bisa dilakukan secara sembarangan, apalagi jika sampai menariknya tepat pada bagian kabel data.

Kebanyakan orang yang melakukan ini biasanya sedang dalam kondisi terburu-buru, mereka asal mencabut charger-an yang padahal bisa memperpendek umur dari charger-an itu sendiri.

2. Menyimpannya secara sembarangan

5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Thorn Yang

Banyak orang yang menyepelekan hal ini, menyimpan charger di tempat yang bukan semestinya ternyata bisa membuat charger lebih cepat rusak.

Tentu ini bukanlah tindakan yang tepat, charger-an bisa terhimpit yang menyebabkan kabel mudah putus atau charger pecah karena tidak sengaja terinjak.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Rawat Charger Laptop, Biar Kabelnya Gak Cepat Putus

3. Bukan versi original-nya

5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Steve Johnson

Original atau tidaknya sebuah charger sangat berpengaruh pada ketahanan charger itu sendiri baik dari ketebalan kabel hingga kualitas dari kepala charger.

Tentu ini memiliki pengaruh yang sangat banyak, charger HP bisa mudah rusak jika digunakan tidak pada HP yang semestinya sehingga membuat banyak kerusakan pada beberapa bagian komponen.

4. Sering mencolok dan mencabut charger-an berulang kali

5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Steve Johnson

Charger-an HP merupakan benda yang sangat rentan terhadap kerusakan, termasuk kerusakan yang disebabkan dari mencolok dan mencabutnya berulang kali dalam satu waktu.

Tentu saja hal ini dapat merusaknya jauh lebih cepat, berbagai macam kemungkinan bisa terjadi yang salah satunya charger-an longgar atau sudah tidak pas ketika digunakan.

5. Menggunakan HP ketika melakukan pengisian daya

5 Alasan Mengapa Charger HP Kamu Cepat Rusak, Jangan Dibiasakan!Pexels.com/Lukas

Mungkin hal ini sudah dianggap sangat wajar oleh beberapa orang, namun banyak dampak buruk yang akan terjadi dan salah satunya adalah charger-an bisa cepat rusak.

Selain merusak HP itu sendiri, menggunakan aktivitas berat ketika melakukan pengisian daya bisa membuat charger cepat panas dan merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa alasan mengapa charger HP kamu cepat rusak, yakin tidak mau memperlakukan charger-an kamu jauh lebih baik lagi?

Baca Juga: Biar Aman, Ini 6 Tips Membeli Charger yang Tepat Buat Smartphone

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Blogger Brebes Selatan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya