Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membatasi Penggunaan HP, Wajib Tahu!

Dampaknya bisa fatal, lho!

Di zaman sekarang ini, hampir semua orang menggunakan HP, entah itu untuk keperluan bisnis, menghubungi seseorang, atau bahkan bermain game mobile yang semakin hari semakin banyak peminatnya.

Namun, tahukah kamu bahwa kita harus membatasi penggunaan HP setiap harinya? Pada dasarnya, telepon genggam tidak hanya membawa dampak positif saja, tapi juga dampak negatif jika digunakan secara berlebihan.

Berikut ini ada lima alasan mengapa kamu harus membatasi penggunaan HP, jika dibiarkan terus menerus bisa bahaya, lho!

1. Menjaga kesehatan mata kamu dari cahaya layar smartphone

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membatasi Penggunaan HP, Wajib Tahu!Pexels.com/Bruce Mars

Pernah menggunakan HP yang pada akhirnya membuat mata perih? Memang sangat tidak dianjurkan untuk menatap layar HP terlalu lama, dampaknya bisa sangat buruk pada kesehatan mata.

Mata kamu akan terus menerus fokus pada cahaya layar yang ada pada HP, sehingga tidak heran jika kamu merasakan perih yang teramat sangat bahkan setelah selesai penggunaan. Makanya, kamu harus membatasi penggunaan HP agar mata kamu tidak terkena dampak buruk dari cahaya layar yang sering kamu tatap berjam-jam.

2. Membuang waktu secara percuma, cobalah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin dengan kegiatan lainnya

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membatasi Penggunaan HP, Wajib Tahu!Pexels.com/Bruce Mars

Jika kamu menggunakan HP hanya sebatas bermain-main dan tidak ada hubungannya dengan bisnis apa pun, cobalah untuk membatasinya dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih bermanfaat.

Pada dasarnya, kita sering lupa waktu ketika menggunakan HP karena terlalu asyik bermain sosial media atau yang lainnya. Namun, hal tersebut akan membuang banyak waktu kamu sehingga hidup terasa sia-sia dan tidak ada manfaatnya untuk diri sendiri maupun orang sekitar.

3. Kamu akan mengabaikan orang di sekitar kamu terutama pada saat nongkrong bersama teman

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membatasi Penggunaan HP, Wajib Tahu!Pexels.com/zhang kaiyv

Jika kamu terlalu sering menggunakan HP terutama di saat nongkrong bersama teman, kamu sama saja seperti mengabaikan mereka khususnya orang yang ada di sekitarmu.

Mungkin kamu tidak merasakan hal tersebut secara langsung, namun orang yang kamu abaikan akan merasakannya pada saat itu juga. Hal tersebut dapat menurunkan rasa pertemanan kamu secara tidak sengaja, bisa dikatakan fisik kamu hadir tapi jiwa kamu melayang di mana-mana.

Baca Juga: 7 Musuh Besar Millennial dan Gen Z di Serba Kemajuan Teknologi

4. Agar kecanduan kamu terhadap smartphone tidak bertambah parah

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membatasi Penggunaan HP, Wajib Tahu!Pexels.com/Fauxels

Istilah "Kecanduan" memang sering dikaitkan dengan hal buruk, sama halnya dengan kecanduan HP yang bisa membuat kamu terus menerus menggunakannya hingga berdampak pada penurunan kualitas hidup.

Makanya, kamu harus berlatih untuk mengurangi penggunaan HP sedikit demi sedikit agar kecanduan tersebut bisa hilang dengan segera.

5. Menjaga postur tubuh agar tidak mengalami kelainan

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Membatasi Penggunaan HP, Wajib Tahu!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Ketika kamu menggunakan HP terlalu lama, salah satu hal yang paling dikhawatirkan adalah kelainan pada postur tubuh seperti bungkuk akibat dari penggunaan HP yang tidak bijak.

Menggunakan HP bisa kamu lakukan hingga berjam-jam dalam sehari, sehingga bukan tidak mungkin jika kamu mengalami kelainan pada tulang punggung belakang jika dilakukan secara terus menerus.

Itu dia deretan alasan mengapa kamu harus membatasi penggunaan HP dari sekarang. Jangan jadikan penggunaan HP kamu terlalu over dan melebihi batas, dampaknya bisa sangat buruk pada aktivitas kamu kedepannya.

Baca Juga: Buat Multitasking, 5 Smartphone Mid-range Realme dengan RAM 8GB 

Andri Yanto Photo Verified Writer Andri Yanto

Hi, Bro!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya