Comscore Tracker

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Lite

Jadi flagship murah terbaik dari Samsung sejauh ini!

Memberikan lebih banyak opsi, Samsung tidak malu-malu untuk pada akhirnya merilis HP berlabel “Lite” kedalam lini flagship utama mereka yaitu Galaxy S. Adalah Galaxy S10 Lite – varian ergonomis dari keluarga Galaxy S10, yang Samsung rilis bersamaan dengan perilisan varian Lite dari seri lain yaitu Galaxy Note 10 Lite.

Maka sesuai dengan embel-embel“Lite” yang diusung dibelakang namanya, Galaxy S10 Lite hadir dengan segudang hal terbaik dari seri Galaxy S10, namun dengan pemangkasan di sejumlah sisi guna menekan harga menjadi lebih murah lagi. Lantas, apa yang berusaha Samsung tawarkan pada Galaxy S10 Lite? Mengapa ini layak disebut sebagai HP flagship murah terbaik?

1. Layar Super AMOLED yang luas dan berfitur lengkap 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Litetechradar.com

Seperti yang sudah bisa ditebak, Samsung menggunakan panel favorit mereka yaitu Super AMOLED pada Galaxy S10 Lite. Meski hanya beresolusi FHD+ (1080 x 2400) alih-alih QHD seperti Galaxy S10 dan S10+, layar ‘jumbo’ 6,7 inci pada Galaxy S10 Lite sudah lebih dari cukup dalam memberikan akurasi warna dan ketajaman gambar terbaik, serta tingkat kecerahan yang pas ketika digunakan diluar ruangan.

Bezel di sekitar layar juga dibuat lebih tipis dari HP kelas sejenis di seri yang sama yaitu Galaxy S10e, dengan rasio screen-to-body mencapai 87,8 persen. Selain itu, layar Galaxy S10 Lite juga telah mendukung HDR10+ untuk kontras dan warna yang lebih memanjakan mata ketika menonton konten multimedia di Netflix dan sensor fingerprint dalam layar.

2. Desain ala Galaxy S20 Series 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Litedigitaloceanspaces.com

Beralih ke desain, Samsung mengalihkan pandangan mereka pada desain baru di Galaxy S10 Lite. Alih-alih bertahan dengan desain klasik, Samsung memilih untuk ‘menjajal’ desain baru pada Galaxy S10 Lite. Tak tanggung-tanggung, Samsung menggunakan desain ala Galaxy S20 Series dengan punch-hole di tengah atas (yang Samsung sebut sebagai Infinity-O) dan modul kamera belakang berbentuk persegi.

Sementara itu, body Galaxy S10 Lite menggunakan bahan polycarbonate yang nampak seperti kaca dan terasa premium ketika di genggam. Di bagian body kanan terdapat tombol power dan volume yang mudah diraih dan di bagian kiri, terdapat slot dual nano-SIM dan microSD. Port USB-C dan lubang speaker duduk manis di bagian bawah, yang sayangnya tidak ditemani oleh headphone jack 3.5mm.

3. Performa flagship yang tidak perlu diragukan lagi 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Litepcworld.com

Salah satu alasan mengapa Galaxy S10 Lite bisa jadi HP flagship murah terbaik adalah karena terlepas dari harganya yang murah, Samsung sama sekali tidak memangkas spesifikasi utamanya. Galaxy S10 Lite masih sama seperti tiga HP lain di seri Galaxy S10, ditenagai oleh chipset flagship dari Qualcomm yaitu Snapdragon 855 – dengan CPU octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) dan GPU Adreno 640.

Menemani chipset gesit itu, Galaxy S10 Lite juga membawa RAM 6/8GB untuk multitasking nyaman dan penyimpanan 128/512GB berbasis UFS2.1 yang bisa diperluas dengan kartu microSD hingga 1TB. Baterai dari HP yang satu ini berkapasitas 4,500mAh dan bisa bertahan hingga seharian penuh (tergantung pemakaian) serta telah mendukung fitur fast-charging 45W (salah satu yang terbaik di kelasnya).

Baca Juga: Teknologi Mewah Bergaya Premium, 5 Bukti Sahih Galaxy S10 Lite 

4. UI terbaik dengan kustomisasi mendalam 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Litemashable.com

Samsung memiliki One UI yang fenomenal dan itu menjadi salah satu faktor lain mengapa Galaxy S10 Lite bisa berada di kategori terbaik. Dirilis satu tahun setelah perilisan tiga HP utamanya, Galaxy S10 Lite langsung mendapatkan Android 10 dengan One UI 2.0 diatasnya.

Sebagai salah satu skin atau user-interface terbaik, One UI 2.0 menawarkan desain yang sederhana, navigasi yang mudah dan kustomisasi yang mendalam – mulai dari kemampuan untuk mengurangi kecepatan animasi gerakan hingga merubah navigasi gestur standar.

Lebih lanjut, Samsung juga menyebut jika Galaxy S10 Lite akan mendapatkan pembaruan patch keamanan rutin setiap bulannya dan update sistem operasi setidaknya hingga dua kali (atau hingga Android 12).

5. Kamera berkualitas diatas rata-rata 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Litesammobile.com

Galaxy S10 Lite mungkin tidak dibekali dengan empat kamera belakang seperti banyak HP flagship saat ini, namun tiga kamera belakang yang diusungnya sudah sangat cukup dan bahkan memiliki kualitas diatas rata-rata. Lebih jelasnya, Galaxy S10 Lite mengusung kamera utama 48MP f/2.0 bersama dengan kamera ultrawide 12MP f/2.2 dan kamera macro 5MP f/2.4 – serta kamera selfie 32MP f/2.2.  

Salah satu nilai jual utama kamera Galaxy S10 Lite adalah fitur Super Steady OIS (Optical Image Stabilizer) yang memungkinkan aktivitas pengambilan gambar atau video jadi bisa lebih stabil layaknya menggunakan alat tambahan seperti gimbal. Untuk lain-lain, Galaxy S10 Lite juga bisa merekam video 4K di 60fps, 4K di mode ultrawide (sesuatu yang jarang), slow-motion FHD di 120/240fps dan kualitas gambar dalam/luar ruangan serta minim cahaya yang sama-sama luar biasa dan bebas noise.

6. Harga yang tidak menyiksa dompet atau tabungan 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Litedigitaltrends.com

Dari semua alasan mengapa Galaxy S10 Lite bisa jadi HP flagship murah terbaik di daftar ini, harga mungkin menjadi faktor yang paling utama. Bagaimana tidak? di kala banyak brand menawarkan HP flagship di atas Rp10 juta, Galaxy S10 Lite tampil ‘kalem’ dengan harga di bawah Rp10 juta atau tepatnya mulai harga Rp 9.799.000 di gerai resmi Samsung
atau cek langsung melalui
https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-s10-lite-g770/SM-
G770FZBIXID/buy/.

7. Kesimpulan 

Rp9 Jutaan dan 5 Alasan Lain untuk Meminang Samsung Galaxy S10 Liteandroidauthority.com

Dari apa yang ditawarkan Galaxy S10 Lite, Samsung nampaknya tengah berusaha menarik pasar eksekutif muda, generasi Z dan kalangan muda ekspreksif yang membutuhkan HP dengan kualitas terjamin dan spesifikasi terbaik, di harga yang masih aman bagi dompet atau tabungan. Plus, dengan skor AnTuTu mencapai 459497 dan GeekBench 11151, Galaxy S10 Lite tidak hanya cocok digunakan untuk memotret atau aktivitas multitasking saja, namun juga untuk bermain game berat di konfigurasi visual rata kanan. Secara keseluruhan, Galaxy S10 Lite cocok untuk hampir semua jenis pengguna mulai dari gamer, pecinta fotografi hingga yang ingin sekedar merasakan HP premium.

Nah, jika kamu termasuk mereka yang tertarik dengan Galaxy S10 Lite, langsung saja kunjungi situs resmi Samsung di www.samsung.com/id untuk mendapatkan penawaran terbaiknya, atau kunjungi toko resmi Samsung yang ada di kotamu. Dapatkan Samsung Galaxy S10 Lite di promo Bukalapak untuk dapetin harga yang sesuai kantong budgetmu.

Baca Juga: 7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaming

Arif Gunawan Photo Verified Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Developer
  • Ernia Karina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya