Comscore Tracker

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaming

Dibekali media penyimpanan yang besar lho!

Smartphone berspesifikasi tinggi yang dibanderol dengan harga yang terjangkau memang menjadi incaran dari para millennial dan gen z saat ini. Berbagai sektor penting pun sering kali dilirik ketika hendak memilih smartphone mulai dari memperhatikan performa layar, kinerja kamera hingga penggunaan chipset premium yang menjadi komponen hardware paling utama buat kamu yang hobi bermain game di smartphone.

Di kuartal pertama tahun 2020, perusahaan Samsung memang telah meluncurkan produk smartphone flagship premium yaitu Samsung Galaxy S10 Lite yang menawarkan fitur dan teknologi paling mutakhir dikelasnya. Berbeda dengan produk-produk smartphone flagship dari Samsung yang telah dirilis di tahun ini, Samsung Galaxy S10 Lite dipatok dengan harga yang lebih ramah di kantong namun tetap menawarkan performa di atas rata-rata.

Menyediakan kapasitas media penyimpanan RAM dan ROM yang besar serta mengusung chipset seri teranyar besutan perusahaan Qualcomm membuat Samsung Galaxy S10 Lite cocok dijadikan alternatif smartphone gamingmu di tahun 2020. Lalu apa sajakah fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S10 Lite? Berikut ulasannya:

1. Desain tipis dan elegan dengan ukuran dimensi yang sangat nyaman saat digunakan bermain game

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gamingsamsung.com

Kesan mewah dan elegan akan langsung terpancar saat pertama kali melihat desain dari Samsung Galaxy S10 Lite yang terbuat dari perpaduan material kaca (depan), plastik (belakang) dan metal (frame samping). Penggunaan material plastik pada bagian bodi belakang Samsung Galaxy S10 Lite mungkin akan menimbulkan anggapan dari buyers bahwa akan lebih terkesan biasa-biasa saja. Namun, sentuhan finishing yang sempurna pada material plastik bodi belakang Samsung Galaxy S10 Lite memberikan kesan mewah dan glossy yang sangat cocok untuk menemani style dari para millennial dan gen z yang sering tampil trendy.

Di samping itu, penggunaan material plastik juga membuat bobot dari Samsung Galaxy S10 Lite menjadi lebih ringan ketimbang menggunakan material kaca dan metal, serta dapat menekan biaya produksi sehingga harga jual dari smartphone ini menjadi lebih terjangkau.

Samsung Galaxy S10 lite mempunyai total keseluruhan dimensi sebesar 162.5 x 75.6 x 8.1 mm serta bobot seberat 186 gram. Smartphone ini memiliki ketebalan bodi yang tipis yakni 8.1 mm yang membuatnya sangat nyaman saat digunakan untuk bermain game dalam jangka waktu yang lama. Meskipun memiliki dimensi yang cukup besar namun Samsung Galaxy S10 Lite tidak membutuhkan space yang besar untuk dapat menyimpannya dan bisa dimasukan ke dalam kantong celana dan jaket.

Pada sisi kanan Samsung Galaxy S10 Lite terdapat tombol pengatur volume serta tombol power yang terasa sangat kokoh saat ditekan. Sedangkan pada bagian kiri tersedia wadah sim tray untuk memasukan slot kartu nano sim dan microSD. Tidak tersedia lubang jack 3.5mm pada Samsung Galaxy S10 Lite yang memang menjadi trend dari produk-produk smartphone premium saat ini. Pada bagian bawah, terdapat speaker dan mikrofon utama serta port USB-C yang berfungsi untuk pengisian ulang baterai serta menyambungkan earphone. Frame samping yang terbuat dari material metal memberikan kesan solid pada smartphone ini.

2. Mengusung layar premium berukuran luas yang cocok buat bermain game bergenre MOBA

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaminginstagram.com/samsung_id

Masuk ke sektor layar, Samsung Galaxy S10 Lite membenamkan layar premium Super Amoled Plus yang dikenal memiliki tingkat kecerahan yang lebih baik serta hemat dalam pemakaian energi baterai jika dibandingkan dengan layar IPS LCD. Ditambah lagi penggunaan jenis layar Infinity O yang memberi kesan classy pada tampilan depan Samsung Galaxy S10 Lite.

Smartphone ini juga memiliki layar yang luas berukuran 6.7 inchi yang sangat cocok buat kamu para millennial dan gen z yang hobi bermain game-game bergenre MOBA karena layar yang luas akan membuat jari-jemarimu lebih leluasa dalam menyentuh icon navigasi pada layar smartphone.

Dukungan resolusi FHD+ (1080 x 2400 pixels) serta kerapatan layar yang mencapai 394 ppi akan mampu menyuguhkan kualitas gambar yang super tajam dan jernih saat menampilkan foto-foto favoritmu. Tersedia juga fitur-fitur layar kelas atas lainnya seperti Always On Display dan HDR10+ yang dapat meningkatkan kontras secara otomatis agar gambar bisa terlihat lebih detail dan nyata terutama saat menonton video.

3. Dibekali media penyimpanan raksasa yang dapat menginstal berbagai game dan aplikasi android favoritmu

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gamingsamsung.com

Kapasitas RAM dan ROM yang besar merupakan spesifikasi yang paling diperhatikan oleh generasi millennial dan gen z terutama para gamers ketika hendak memilih smartphone. Hal ini dikarenakan, menjamurnya aplikasi serta game-game menarik di Play Store yang membutuhkan RAM yang cukup besar untuk dapat diinstal pada smartphone.

Sebagai salah satu produk smartphone flagship terbaru dari perusahaan Samsung di tahun 2020, Samsung Galaxy S10 Lite telah dibekali kapasitas RAM dan ROM raksasa dengan tiga varian berbeda yakni 6/128 GB, 8/128 GB dan 8/512 GB. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa dalam menginstal berbagai macam game-game keren android yang dikenal membutuhkan kapasitas RAM yang besar seperti Playerunknown's Battleground's (PUBG), Modern Combat 3 dan Asphalt 9.

Untuk sistem operasi, Samsung Galaxy S10 Lite telah mengusung Android 10 yang memang menjadi sistem operasi android paling terbaru dari perusahaan Google di tahun 2020 yang memiliki segudang fitur-fitur menarik di antaranya smart reply, egde to edge gesture, dark theme dan masih banyak lagi.

4. Membesut chipset seri teranyar dari perusahaan Qualcomm yang merupakan chipset paling populer di kalangan para gamers

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gamingsamsung.com

Sektor dapur pacu aplikasi memang menjadi fitur unggulan dari Samsung Galaxy S10 Lite karena telah dipersenjatai chipset teranyar dari perusahaan Qualcomm yakni Snapdragon 855 yang dikenal memiliki performa yang sangat mumpuni. Dibandingkan dengan kinerja chipset premium, HiSilicon Kirin 980, yang banyak dibenamkan pada produk smartphone High-end milik Huawei, kinerja Snapdragon 855 terbukti jauh lebih unggul dari segi RAM Speed, kecepatan download dan upload, yang membuat kegiatan multitasking dalam smartphone terasa sangat mudah dan cepat.

Di samping itu, chipset Snapdragon 855 memang sangat populer di kalangan para gamers dikarenakan komponen hardware yang satu ini sering ditanamkan pada produk smartphone gaming premium lainnya seperti Xiaomi Black Shark 2, Google Pixel 4 XL dan Nubia Red Magic 3.

Dengan kekuatan CPU Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 485 & 3x2.42 GHz Kryo 485 & 4x1.78 GHz Kryo 485) dapat dipastikan kinerja dapur pacu aplikasi Samsung Galaxy S10 Lite mampu menjejal berbagai game-game berat khususnya game bergenre MOBA dengan lancar tanpa lag. Ditambah lagi performa dari graphic Adreno 640 yang mampu menampilkan kualitas gambar yang detail dan lembut sehingga dapat memanjakan mata saat memainkan game-game favoritmu.

Dukungan media penyimpanan aplikasi raksasa sebesar 8/128 GB melengkapi ketangguhan dari Samsung Galaxy S10 Lite yang sangat layak dijuluki sebagai smartphone gaming berdesain elegan.

Baca Juga: Meski Mengusung Nama Lite, Ini 5 Kelebihan Galaxy S10 Lite

5. Performa kamera tangguh dengan fitur-fitur sekelas kamera profesional

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gamingsamsung.com

Beranjak ke spesifikasi kamera, Samsung Galaxy S10 Lite menawarkan kamera yang telah dilengkapi fitur-fitur dan teknologi paling mutakhir yang hampir setara dengan performa kamera profesional. Samsung Galaxy S10 Lite mempunyai triple kamera belakang dengan fitur, spesifikasi dan resolusi lensa sebagai berikut:

  • 48 MP, PDAF, Super Steady OIS. Pada kamera utama Samsung Galaxy S10 Lite telah dibekali lensa beresolusi raksasa dengan autofokus PDAF yang dapat mengunci objek yang akan difoto hanya dalam waktu 0,3 detik sehingga foto yang dihasilkan terlihat sangat tajam. Selain itu, adanya teknologi Super Steady OIS akan membuat hasil foto dan video menjadi lebih stabil walaupun diambil di saat posisi smartphone tidak sempurna atau terguncang.
  • 12 MP, Ultrawide. Kamera kedua dari Samsung Galaxy S10 Lite ini mampu menangkap objek dengan jangkauan angle atau sudut pandang yang lebih luas dan sangat cocok untuk mengambil foto dengan latar belakang pemandangan alam seperti gunung dan pantai.
  • 5 MP, Macro. Dengan menggunakan lensa macro pada Samsung Galaxy S10 Lite maka kamu akan dapat membidik objek pada jarak yang sangat dekat dengan hasil foto yang jelas, tajam dan detail. Jenis lensa macro ini memang banyak ditemukan pada kategori smartphone flagship yang mengutamakan spesifikasi kamera sebagai fitur unggulan.

Sedangkan untuk kamera depan, Samsung Galaxy S10 Lite mengandalkan single kamera beresolusi 32 MP, Wide 25mm yang dapat mengambil foto selfie grup dengan sempurna karena memiliki jangkauan lensa yang sangat luas. Terdapat juga mode-mode tambahan kamera lainnya di antaranya Panorama dan HDR.

Dengan hasil foto yang di atas rata-rata, pastinya kamu akan lebih percaya diri untuk memposting hasil bidikan dari Samsung Galaxy S10 Lite di media sosial milikmu seperti Facebook dan Instagram.

6. Kapasitas baterai besar dengan dukungan fitur super fast charging

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaminginstagram.com/samsung_id

Menggunakan komponen-komponen hardware kelas atas seperti layar berukuran 6.7 inchi serta chipset seri Snapdragon 855 membuat perusahaan Samsung menyadari bahwa nantinya Samsung Galaxy S10 Lite akan banyak diminati oleh para millennial untuk memenuhi kebutuhan gaming mereka. Oleh karena itu, Samsung Galaxy S10 Lite telah menyediakan baterai berkapasitas jumbo sebesar 4500 mAh yang mampu menyuplai energi baterai dalam jangka waktu yang sangat lama.

Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi kuatir kehabisan energi baterai di saat sedang asyik-asyiknya memainkan game-game online seperti PUBG, Fortnite dan Mobile Legend yang memang dikenal sangat menguras energi baterai. Perlu juga diketahui bahwa pengaturan tingkat kecerahan layar serta penggunaan dual sim selular juga sangat berpengaruh dalam pemakaian baterai ketika menjalankan game online.

Untuk pengisian ulang, Samsung Galaxy S10 Lite telah mendukung fitur Super Fast Charging hingga 45W. Namun, dalam paket penjualan Samsung Galaxy S10 Lite hanya menyediakan charger 25W yang dapat mengisi 60 persen energi baterai hanya dalam waktu 30 menit.

7. Fitur-fitur lainnya

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaminginstagram.com/samsung_id

Samsung Galaxy S10 Lite juga mempunyai fitur-fitur tambahan yang mengusung teknologi terbaru demi menunjang keamanan, kemudahan serta kenyamanan dari para penggunanya dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam smartphone, di antaranya:

  • Keamanan

Seperti produk smartphone flagship pada umumnya yang tidak lagi menyediakan sensor fingerprint pada bagian belakang bodi smartphone karena lebih memilih untuk menerapkan teknologi In-screen fingerprint atau fingerprint dalam layar yang terkesan lebih canggih dan mewah. 

Samsung Galaxy S10 Lite pun telah hadir dengan mengusung fitur In-screen fingerprint untuk sektor keamanan. Respon dari fitur In-screen fingerprint milik Samsung Galaxy S10 Lite pun terbilang sangat cepat saat membuka kunci pada layar smartphone. Ketika menggunakan fitur AOD atau Always On Display kamu cukup mengetuk ikon fingerprint untuk membuka kunci layar.

  • Konektivitas

Dalam urusan bertukar data, Samsung Galaxy S10 Lite telah dibekali konektivitas yang terbilang lengkap mulai dari bluetooth, Wi-Fi hingga NFC yang juga dapat disambungkan dengan beberapa gadget lainnya seperti headphone, earbuds dan bluetooth speaker.

  • Audio

Bagi kamu para penikmat musik pastinya kualias audio menjadi spesifikasi yang sangat perlu diperhatikan agar dapat menikmati alunan musik favoritmu dengan nyaman. Samsung Galaxy S10 Lite memiliki desibel speaker yang lebih keras dibandingkan speaker milik Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 Plus. Sedangkan saat didengarkan melalui headphone, Samsung Galaxy S10 Lite dapat menyuguhkan kualias suara yang jernih dan lantang.

Kesimpulan

7 Fakta Samsung Galaxy S10 Lite, HP Flagship Murah buat Gaminginstagram.com/samsung_id

Dari beberapa ulasan di atas dapat dilihat bahwa Samsung Galaxy S10 Lite menawarkan performa yang tangguh di hampir seluruh sektor penting mulai spesifikasi layar, kamera hingga kinerja dapur pacu aplikasi yang mumpuni. Penggunaan layar Super Amoled Plus berukuran 6.7 inchi serta mengusung chipset Snapdragon 855 yang dipadukan dengan kapasitas RAM 8 GB membuat Samsung Galaxy S10 Lite sangat pas untuk dijadikan altenatif smartphone gaming yang handal. Ditambah lagi baterai berkapasitas 4500 mAh dengan fitur fast battery charging akan melengkapi ketangguhan dari Samsung Galaxy S10 Lite.

Raihan total score 461086 dari Benchmark AnTuTu menempatkan Samsung Galaxy S10 Lite masuk dalam deretan smartphone terbaik di tahun 2020 berada di atas produk-produk smartphone premium dari brand lainnya seperti LG G8S ThinQ, Huawei P30 Pro dan Xiaomi Mi Note 10 Pro.

Untuk harga resmi, Samsung Galaxy S10 Lite versi 8/128 GB dibanderol dengan harga Rp9.799.000. Tesedia tiga varian warna yang sangat atraktif yaitu Prism White, Prism Black dan Prism Blue. Dalam paket penjualan produk Samsung Galaxy S10 Lite nantinya kamu akan mendapatkan:

  • Unit Samsung Galaxy S10 Lite
  • Earphone kualitas premium
  • Charger 25W
  • Kabel USB
  • Pin ejektor
  • Buku panduan

Nah, itulah beberapa fitur-fitur unggulan dari Samsung Galaxy S10 Lite yang telah dibekali komponen-komponen hardware premium yang memang diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan gamingmu. Dipadukan dengan desain yang elegan serta performa kamera di atas rata-rata tentunya akan menjadi daya pikat tersendiri khususnya bagi generasi muda yang butuh smartphone berspesifikasi tinggi. Kalau kamu tertarik, kamu bisa cek informasi mengenai promo di sini: https://www.samsung.com/id/offer/mobile/galaxy-cashback/ 

Ingin beli Samsung Galaxy S10 Lite dengan harga sesuai budget? Kamu bisa menggunakan voucher Erafone untuk potongan harga tambahan.

Baca Juga: Antara Samsung Galaxy S10 Lite dan Note 10 Lite, Mana yang Lebih Baik?

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto
  • Bayu D. Wicaksono
  • Ernia Karina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya