Comscore Tracker

5 Chromebook Terbaru yang Diperkenalkan Pada CES 2019

Gak kalah keren dari MacBook-lah!

Untuk saat ini, Chrome OS mungkin belum bisa melewati atau menyamai kepopuleran OS lain seperti Windows, Ubuntu atau MacOs. Namun, OS berbasis Google Chrome ini, perlahan tapi pasti mulai menunjukkan apa yang mereka bisa dalam beberapa tahun terakhir.

Nah, pada CES 2019 yang saat ini sedang berlangsung di Las Vegas, Chrome OS cukup menyita perhatian dengan kehadiran sejumlah Chromebook baru yang datang dari brand-brand ternama. Tanpa perlu berlama-lama lagi, berikut 5 diantaranya.

1. Acer Chromebook 315

5 Chromebook Terbaru yang Diperkenalkan Pada CES 2019androidpit.com

AMD mengumumkan bahwa mereka sedang menjalin kemitraan dengan sejumlah brand ternama untuk prosesor baru dari mereka – yang secara khusus dioptimalkan untuk Chromebook. Acer melalui Chromebook 315-nya menjadi yang pertama dalam hal ini.

Selain akan menggunakan prosesor milik AMD, Chromebook 315 juga akan dibekali dengan RAM 4GB, penyimpanan internal 32GB dan layar 15,6 inch beresolusi Full HD. Port USC Type-C juga disediakan bersama dengan keyboard yang didukung dengan fitur backlit. Untuk harga, akan dijual dikisaran $279 atau sekitar Rp3,9 juta.

2. HP Chromebook 14

5 Chromebook Terbaru yang Diperkenalkan Pada CES 2019androidauthority.com

Tidak hanya Acer, HP juga menjadi mitra AMD untuk prosesor yang tertanam pada Chromebook terbaru mereka yaitu HP Chromebook 14. Jika dibandingkan dengan milik Acer, Chromebook yang satu ini terbilang sedikit lebih ‘rendah’ karena hanya menggunakan layar 14 inch beresolusi HD.

Untungnya, RAM dan penyimpanan internal memiliki ukuran yang sama dengan milik Acer. Sementara dibagian konektivitas port, disediakan satu port USB Type-C dan dua port USB Type-A. Secara keseluruhan, Chromebook senilai $269 atau sekitar Rp3,7 juta ini memiliki desain dan fitur dari Chromebook standar.

Baca Juga: Keren Banget, Inilah 5 Laptop Gaming Terbaik di Ajang CES 2019

3. Asus Chromebook Flip C434

5 Chromebook Terbaru yang Diperkenalkan Pada CES 2019androidpolice.com

Selanjutnya datang dari Asus dan tidak menggunakan prosesor AMD seperti dua Chromebook sebelumnya. Flip C434 merupakan penerus dari Flip C305 yang dibekali dengan prosesor Intel Core Y-series generasi ke-8, RAM 8GB, penyimpanan internal 128GB dan layar 14inci beresolusi FHD.

Seperti namanya, Chromebook yang satu ini memiliki engsel yang dapat diputar 360° – yang memungkinan untuk digunakan dalam beragam posisi. Asus mengatakan bahwa Chromebook Flip C434 akan meluncur dalam beberapa bulan kedepan, dalam beragam varian dengan harga mulai dari $569 atau sekitar Rp8 juta.

4. Asus Chromebook C403

5 Chromebook Terbaru yang Diperkenalkan Pada CES 2019laptopmag.com

Tidak sendirian, Chromebook Flip C434 ditemani dengan Chromebook C403 di CES tahun ini. Chromebook C403 bisa dibilang merupakan versi ‘compact’ dari Flip C434, yang memiliki layar 14inci beresolusi HD dan engsel yang dapat diputar hingga 360°. Chromebook ini menggunakan prosesor milik Intel yaitu Celeron, bersama dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 32GB.

Untuk konektivitas, telah tersedia dua port USB Type-A dan dua port USB Type-C. Asus mengklaim jika Chromebook ini dapat digunakan hingga 11 jam dalam satu kali pengisian daya. Harganya sendiri, belum ditentukan untuk saat ini. 

5. HP Chromebook x360 14 G1

5 Chromebook Terbaru yang Diperkenalkan Pada CES 2019notebookcheck.net

HP tidak hanya merilis Chromebook dengan prosesor AMD saja pada CES tahun ini, namun juga yang menggunakan prosesor Intel. X360 14 G1 menjadi Chromebook pertama dari HP yang dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7.

Layar yang digunakan telah beresolusi FHD dengan ukuran 14 inch dan didukung dengan RAM 16 GB serta penyimpanan internal mencapai 64GB. Selain itu, HP juga menerapkan engsel 360° pada Chromebook yang diklaim mampu bertahan hingga 13 jam dalam satu kali pengisian daya ini. Bagi yang tertarik, x360 14 G1 akan tersedia mulai bulan ini di harga yang masih belum diketahui.

Baca Juga: 5 Smartphone Paling Mengesankan yang Dipamerkan di CES 2019

Arif Gunawan Photo Community Writer Arif Gunawan

Noob Tech Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You