Comscore Tracker

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22

Mulai dari varian, desain, spesifikasi hingga harga

Setelah Galaxy S21 FE beberapa waktu yang lalu, flagship selanjutnya dari Samsung adalah seri Galaxy S22 yang dikabarkan paling cepat akan meluncur pada awal Februari mendatang, pada acara Galaxy Unpacked 2022.

Dengan kemungkinan rilis yang kian dekat, semakin banyak pula rumor atau bocoran informasi yang menyertainya mulai dari kemungkinan terkait spesifikasi, desain dan juga harga. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

1. Varian dan nama

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi logo Samsung (androidauthority.com)

Sejak seri Galaxy S20, Samsung selalu menghadirkan tiga varian di tiap serinya dengan masing-masing adalah varian reguler/biasa, Plus dan Ultra. Pada seri Galaxy S22 terbaru ini, Samsung dikabarkan akan melakukan perubahan nama di dua seri teratas. Alih-alih Plus, varian tengah pada seri Galaxy S22 akan dinamai Galaxy S22 Pro.

Lalu untuk varian Ultra, dirumorkan akan diganti namanya menjadi Galaxy S22 Note. Bukan tanpa alasan, penamaan Note disini mengacu pada bocoran desain varian tertinggi seri Galaxy S22 yang dari segi penampilan sangat mirip dengan lini Galaxy Note (yang kini dikabarkan sudah tiada). Selain desain yang mirip, Galaxy S22 Note juga disebut-sebut akan dibekali dengan stylus bawaan yang S Pen.

2. Desain

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi desain seri Galaxy S22 (sammobile.com)

Mengikuti desain seri Galaxy S21 yang banyak disukai, seri Galaxy S22 nampaknya masih akan mempertahankan desain serupa, terutama pada bagian modul kamera belakang yang dibuat menyatu dengan pinggiran body HP. Akan tetapi, desain tersebut kabarnya hanya akan dipertahankan oleh Galaxy S22 reguler dan Galaxy S22 Plus/Pro.

Galaxy S22 Ultra/Note tidak akan hadir dengan modul kamera karena kamera belakangnya akan dibuat menyatu dengan body belakang. Selain itu, desain body Galaxy S22 Ultra/Note akan lebih kotak daripada dua saudaranya, persis seperti lini Galaxy Note. Untuk lain-lain, berbeda dengan Galaxy S21 reguler yang punya body belakang plastik, Galaxy S22 reguler akan memiliki body belakang lapis kaca.

3. Layar

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi layar seri Galaxy S22 (sammobile.com)

Selain perubahan nama yang cukup signifikan, layar juga jadi bagian yang disebut-sebut akan mendapat perubahan signifikan pula, terutama untuk ukuran. Galaxy S22 reguler diprediksi akan membawa layar 6,06 inci (turun dari 6,2 inci di Galaxy S21 reguler), Galaxy S22 Plus/Pro akan memiliki layar 6,5 inci (turun dari 6,7 inci di Galaxy S21 Plus) dan Galaxy S22 Ultra/Note akan dibekali dengan layar 6,81 inci (turun dari 6,9 inci di Galaxy S21 Ultra).

Sama seperti seri Galaxy S21, semua layar HP seri Galaxy S22 masih akan menggunakan teknologi LTPO untuk refresh rate dinamis dari 1Hz hingga 120Hz. Rumor lain juga menyebut jika Galaxy S22 Plus/Pro dan Ultra/Note akan memiliki layar dengan tingkat kecerahan super tinggi hingga 1,750 nits.

Baca Juga: Samsung Rilis Galaxy S21 FE, Apa Bedanya dengan S20 FE?

4. Spesifikasi

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi Exynos 2200 (androidauthority.com)

Beralih ke spesifikasi, sebagai seri flagship baru, seri Galaxy S22 tentunya akan dibekali dengan spesifikasi terbaru terutama untuk chipset. Sama seperti sebelum-sebelumnya, seri Galaxy S22 diperkirakan akan hadir dengan dua chipset berbeda yaitu Snapdragon 8 Gen 1 untuk pasar Amerika dan Exynos 2200 untuk pasar luar Amerika.

Untuk Exynos 2200, yang menarik chipset buatan Samsung sendiri itu akan menggunakan GPU Xclipse dengan arsitektur AMD RDNA2 yang juga digunakan di konsol next-gen seperti PS5 dan Xbox Series X/S. Untuk RAM, Galaxy S22 reguler dan Plus/Pro dikabarkan akan menggunakan RAM 8GB dengan penyimpanan 128/256GB. Sementara untuk Galaxy S22 Ultra/Note akan dibekali dengan RAM 8/12GB dan penyimpanan 256/512GB serta 1TB.

5. Baterai

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi baterai seri Galaxy S22 (sammobile.com)

Salah satu leaker paling kredibel – Ice Universe, mengklaim jika Galaxy S22 reguler akan menawarkan baterai 3,800mAh sementara Galaxy S22 Plus/Pro akan hadir dengan baterai 4,600mAh (keduanya turun 200mAh dari pendahulunya). Galaxy S22 Ultra/Note jadi yang paling tinggi dengan baterai berkapasitas 5,000mAh, sama seperti Galaxy S21 Ultra tahun lalu.

Untuk fitur fast-charging, ada banyak rumor dengan klaim yang berbeda-beda, namun diprediksi jika Galaxy S22 Plus/Pro dan Galaxy S22 Ultra/Note akan mendukung fast-charging 45W, agar bisa terus bersaing dengan flagship lain yang sudah mulai gila-gilaan terkait fitur kecepatan pengisian daya. Galaxy S22 reguler sementara itu hanya akan mendukung fast-charging 25W saja.

6. Kamera

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi kamera seri Galaxy S22 (realmicentral.com)

Galaxy S22 reguler dan Plus/Pro diklaim akan mendapatkan peningkatan di sisi kamera utama dan telephoto di bagian belakang, menurut Ice Universe. Keduanya akan dilengkapi tiga kamera belakang yaitu kamera utama 50MP yang menggunakan sensor ISOCELL GN5, ultrawide 12MP dan telephoto 10MP dengan kemampuan 3x optical zoom. Untuk kamera depan, keduanya sama-sama bakal membawa kamera selfie 10MP.

Sementara itu, Galaxy S22 Ultra/Note bakal jadi yang paling “ramai” dengan mengusung empat kamera belakang yaitu kamera utama 108MP dengan sensor ISOCELL HM3, ultrawide 12MP, telephoto 10MP dengan 3x optical zoom dan periscope 10MP dengan 10x optical zoom, serta satu kamera selfie berkekuatan 40MP.

7. Harga

7 Bocoran Spesifikasi, Fitur dan Harga Samsung Galaxy S22ilustrasi uang (11alive.com)

Pada seri Galaxy S21 tahun lalu, Samsung menurunkan harga dari tiap varian menjadi US$200 lebih murah dari pendahulunya – seri Galaxy S20. Sayangnya, hal serupa sepertinya tidak akan terjadi di seri Galaxy S22 di mana salah satu leaker justru menyebut jika ketiga varian Galaxy S22 akan mengalami kenaikan harga menjadi US$100.

Galaxy S22 reguler, Galaxy S22 Plus/Pro dan Galaxy S22 Ultra/Note masing-masing dikatakan bakal dibanderol di harga mulai dari US$899 (Rp12,9 juta), US$1,099 (Rp15,7 juta) dan US$1,299 (Rp18,6 juta). Akan sangat disayangkan tentunya jika varian reguler dan Plus/Pro mengalami kenaikan harga mengingat nampaknya perbedaan dibanding pendahulunya tidak begitu besar.

Itulah tadi ulasan mengenai beberapa hal yang diketahui sejauh ini terkait seri Galaxy S22. Perlu dicatat bahwa sebagian besar informasi diatas adalah bocoran info atau rumor yang tidak datang dari mulut Samsung secara langsung. Jadi kita tunggu saja bagaimana seri Galaxy S22 nantinya ketika Samsung mengumumkannya.

Baca Juga: Top 7 HP Flagship Murah Alternatif Samsung Galaxy S21 FE

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya