Comscore Tracker

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2

Diharapkan juga untuk tidak gagal seperti yang pertama

Galaxy Fold memulai ‘petualangan’ Samsung di pasar HP lipat dengan tidak begitu baik. Setelah mendapat banyak ulasan buruk terkait layar, Galaxy Fold harus memundurkan jadwal perilisannya hingga September 2019. Namun naas, jadwal rilis baru itu tetap tidak dapat memenuhi harapan penggemar.

Kini, Samsung memiliki kesempatan untuk menebus kesalahan itu dengan Galaxy Fold 2. Rumor mengenai sekuel dari Galaxy Fold itu telah bertebaran di internet dan penggemar juga telah mencatat beberapa wishlist atau hal yang mereka inginkan di Galaxy Fold 2. Berikut 7 di antaranya.

1. Layar bagian luar yang lebih bagus

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2sammobile.com

Jika ada satu hal tentang Galaxy Fold yang dirasa mengganggu, itu adalah layar bagian luarnya. Bagaimana tidak, dengan ukuran 4,6 inci dan aspect ratio 21:9, itu terlihat tinggi dan aneh. Resolusinya mungkin cukup tajam di 1,680 x 720, namun itu tetap tidak membuat kenyamanan menggunakan layar bagian luar Galaxy Fold menjadi lebih baik.

Yang dibutuhkan di sini adalah layar dengan ukuran dan aspect ratio yang proporsional. Di Galaxy Fold 2 nantinya, Samsung perlu mencontoh bagaimana Huawei membuat layar bagian luar atau sekunder pada Mate Xs.

2. Form-factor yang ramping

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2xda-developers.com

Galaxy Fold sangatlah besar dan berat. Ini memiliki ukuran 160,9 x 62,8 x 15,7mm ketika ditutup atau 160,9 x 117,9 x 6,9mm ketika dibuka, dengan berat di angka 276g (100g lebih berat dari kebanyakan HP). Sementara beratnya mungkin mengganggu sebagian orang, masalah terbesar dari Galaxy Fold terletak di ketebalannya.

Galaxy Fold memiliki ketebalan hampir 16mm, yang tentunya sangat tidak nyaman ketika dimasukkan ke dalam saku celana. Karenanya, tak heran jika banyak orang yang menginginkan Galaxy Fold 2 nantinya, memiliki form-factor yang lebih ramping.

3. Tidak ada notch

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2entertainmentbox.com

Notch merupakan metode alternatif untuk membuat bezel di sekitar layar menjadi lebih minim. Sayangnya, metode ini gagal dimaksimalkan dengan baik dan menarik di Galaxy Fold. Dengan notch memanjang di pojok kanan atas layar utama, Galaxy Fold memiliki salah satu desain notch terburuk sejak kemunculan notch pertama pada tahun 2017.

Samsung sendiri saat ini mulai meninggalkan desain notch di HP-HP terbarunya dan beralih ke punch-hole yang terlihat lebih modern dan minimalis. Galaxy Fold 2 diharapkan menjadi salah satu HP baru yang juga mendapat pembaruan desain layar itu.

Baca Juga: Apple Kembangkan iMac Lipat, Seperti Apa Bentuknya? Ini Bocorannya!

4. Lebih tahan lama

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2easybranches.com

Masalah lain dari Galaxy Fold adalah durabilitas yang kurang jika dibandingkan HP dengan desain sejenis. Di awal perilisannya, Galaxy Fold menuai banyak kritikan karena lapisan di atas layar yang rentan dan engsel yang agak miring sehingga meninggalkan sedikit ‘gap’ ketika dilipat.

Lebih buruknya lagi, dengan semua itu, Galaxy Fold kenyataannya tidak memiliki rating IP atau dengan kata lain, tidak tahan air maupun debu. Jika ingin membuat HP lipat yang layak, di Galaxy Fold 2 mendatang, Samsung setidaknya harus meningkatkan durabilitas dan memberikan rating IP sebagai proteksi kedua.

5. Harga yang bersahabat

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2gadgets.ndtv.com

Galaxy Fold dibanderol di harga Rp30 jutaan yang tentunya sangat mahal untuk HP dengan masalah yang tidak sedikit. Beberapa HP Samsung lain yang tidak kalah menarik dari Galaxy Fold seperti Galaxy S20 Ultra dan Galaxy Z Flip saja, hanya dijual di kisaran harga Rp20 jutaan.

Oleh karena itu, Galaxy Fold 2 perlu memiliki harga yang lebih bersahabat. Ini tidak mustahil mengingat Samsung pastinya sudah belajar dari kesalahan Galaxy Fold pertama dan memangkas sebagian hal untuk membuat Galaxy Fold 2 menjadi HP lipat yang diharapkan oleh banyak orang.

6. Dukungan aplikasi yang lebih baik

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2sammobile.com

Jika Samsung bisa menemukan cara untuk mengatasi masalah ini dengan benar, itu mungkin bisa menyelesaikan banyak kekurangan Fold. Selain hardware, masalah lain pada Galaxy Fold juga terletak di software.

Beberapa aplikasi sempat tidak bisa berjalan seperti Netflix (namun kini sudah bisa) dan karena form-factor yang tidak biasa, sejumlah game juga nampak tidak sesuai. Salah satu contohnya adalah NBA 2K20, yang tombol kontrol-nya memakan hampir setengah layar dan membuat pengalaman bermain menjadi tidak menyenangkan. Galaxy Fold 2 perlu membenahi ini.

7. Lebih banyak fitur baru

7 Hal yang Penggemar Inginkan dari Samsung Galaxy Fold 2gizmodo.com.au

Galaxy Fold merupakan HP dengan tidak begitu banyak fitur baru selain desain lipat yang bisa dikatakan revolusioner. Benar memang jika Galaxy Fold dibekali dengan spesifikasi kelas atas, namun ketika dibandingkan dengan HP lain yang memiliki ‘jeroan’ serupa, Galaxy Fold hampir tidak begitu berbeda.

Dengan Galaxy Fold 2 yang diharapkan menjadi ‘sekuel perbaikan’ untuk seri pertamanya, ada harapan yang cukup besar jika Samsung akan mengaplikasikan lebih banyak fitur baru. Sejauh ini, salah satu yang paling diinginkan dan ramai dibicarakan adalah kamera selfie bawah layar.

Demikian tadi sedikit ulasan mengenai hal-hal apa saja yang diinginkan di Samsung Galaxy Fold 2. Berdasarkan rumor yang beredar, Galaxy Fold 2 akan dirilis di sekitaran bulan Juli hingga Agustus, bersamaan dengan perilisan Galaxy Note 20.

Baca Juga: 7 Hasil Review Samsung Galaxy Fold dengan 6 Kamera, Siap Diluncurkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya