Comscore Tracker

Mau Beli VGA yang Gak Berat di Ongkos? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

Terbaik bukan berarti termahal

Harga dari beberapa komponen PC tengah mengalami penurunan di 2022 ini. Hal ini jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan satu atau dua tahun yang lalu. Namun, meski nilai penurunannya belum maksimal, kamu sudah bisa melirik dan bahkan membeli VGA untuk dipasangkan di PC milikmu.

Nah, sebelum membeli sebuah perangkat VGA atau kartu grafik, ada baiknya kamu melihat dan memperhatikan beberapa hal penting ini. Jangan sampai kamu menyesal karena salah ambil keputusan dalam membeli VGA.

1. Tentukan bujet

Mau Beli VGA yang Gak Berat di Ongkos? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!ilustrasi perangkat VGA bermanufaktur NVIDIA (unsplash.com/Christian Wiediger)

Jangan sampai hanya gara-gara membeli sebuah VGA membuat kantongmu jebol. Tentukan bujet untuk pembelian kartu grafik sesuai kemampuanmu. Cara sederhana yang bisa kamu lakukan adalah melihat daftar harga di beberapa toko online dan ambil patokan nilai rata-ratanya.

Perlu diketahui bahwa VGA yang terbaik buat PC milikmu belum tentu berharga mahal. Percuma membelinya dengan harga mahal, tetapi ujung-ujungnya malah overpower dibanding prosesor dan HDD di PC-mu.

Untuk menentukan bujet, kamu bisa melihat semua spesifikasi dan kompatibilitas VGA tersebut secara detail. Sandingkan VGA yang cocok dengan PC milikmu dan ini belum tentu berharga mahal.

2. Tentukan pilihan produk baru atau bekas

Mau Beli VGA yang Gak Berat di Ongkos? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!ilustrasi port atau colokan pada VGA (unsplash.com/Backpack Studio)

Kalau bujetmu terbatas, memutuskan membeli VGA bekas atau second tentu menjadi salah satu pertimbangan. Namun, lagi-lagi kamu wajib melihat kondisinya dengan teliti. Pilihlah VGA yang masih memiliki garansi resmi, meski hanya beberapa bulan saja.

Biasanya, kamu masih bisa mendapatkan VGA bekas dengan kemampuan yang mengungguli produk-produk baru. Misalnya, produk VGA NVIDIA GTX 1060 6 GB yang dirilis pada 2016 lalu. Produk ini masih lebih powerful jika dibandingkan dengan NVIDIA GTX 1050 atau sekelasnya. Di pasaran online, GTX 1060 6 GB bekas dijual sekitar Rp3 jutaan. Sementara itu, GTX 1050 Ti baru pun juga dijual dengan harga yang sama. Kamu bisa melihat perbandingannya di laman Versus.

Dalam hal ini, jika tidak mau ambil risiko, kamu bisa ambil produk baru karena garansinya jelas meskipun spesifikasinya berada di bawah VGA bekas. Namun, kalau kamu punya kenalan penjual VGA second terpercaya, mengambil produk bekas dengan spesifikasi tinggi bisa dijadikan pilihan yang cukup menggiurkan.

3. Pikirkan juga perangkat PC lainnya

Mau Beli VGA yang Gak Berat di Ongkos? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!ilustrasi merakit PC (pexels.com/Cottonbro)

Ada hal penting berkaitan dengan bottleneck yang wajib kamu perhatikan pada saat memilih sebuah VGA. Yap, hal ini tentu sangat berkaitan dengan komponen-komponen PC lainnya, seperti prosesor, HDD, RAM, dan bahkan motherboard. Contohnya, PC-mu hanya memiliki prosesor Intel Core i3 atau i5 generasi lama, tak bijak rasanya jika kamu memaksakan membeli VGA NVIDIA seri RTX atau AMD sekelas RX 6700.

Bukannya peningkatan performa gaming yang bakal didapatkan, PC yang kamu miliki justru akan makin berat karena prosesor tidak mampu mengimbangi kemampuan VGA. Lantas, bagaimana cara cek dan menentukan apakah sebuah PC akan mengalami bottleneck atau tidak? Kamu bisa mengunjungi laman pc-builds.com atau CPU Agent.

Baca Juga: 5 Prosesor Lawas untuk Gaming, Mampu Menopang VGA Menengah

4. Ambil keputusan untuk jangka panjang

Mau Beli VGA yang Gak Berat di Ongkos? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!ilustrasi komponen di PC gaming (unsplash.com/Artiom Vallat)

Membeli sebuah komponen di PC sebaiknya dipakai untuk tujuan jangka panjang, begitu juga dengan VGA atau kartu grafik. Jika jeli, kamu bisa melihat beberapa tipe VGA yang punya spesifikasi fleksibel. Artinya, ia tidak selalu punya daftar spesifikasi gahar di atas kertas, tetapi pada praktiknya justru VGA tersebut mampu menjalankan game berat dalam rentang waktu yang lama.

Oleh gamer, kartu grafik tersebut dinamakan VGA cespleng, komponen VGA yang punya kemampuan menjalankan gaming secara awet. Beberapa contoh VGA cespleng di pasaran adalah NVIDIA GTX 750 Ti, GTX 960, AMD RX 560, dan RX 570. Namun, patut diingat beberapa jenis VGA macam ini terbilang langka karena terlalu banyak peminatnya.

Produk-produk VGA cespleng juga biasanya merupakan kartu grafik keluaran lama, tapi performanya masih bisa diandalkan. Harganya pun juga terbilang cukup tinggi. Kamu tidak harus membeli produk VGA cespleng tersebut. Nyatanya, ada banyak VGA baru dengan kemampuan bagus untuk digunakan jangka panjang, tentu dengan harga masuk akal.

5. Perhatikan konsumsi daya

Mau Beli VGA yang Gak Berat di Ongkos? Perhatikan 5 Hal Penting Ini!ilustrasi VGA NVIDIA seri RTX (unsplash.com/Christian Wiediger)

Konsumsi daya juga wajib diperhatikan karena berkaitan dengan kemampuan PSU di PC milikmu. Ingat, makin besar daya dari VGA, makin boros juga konsumsi listriknya. Ini berarti kamu butuh kemampuan PSU atau catu daya yang bisa mengakomodasi kinerja dari VGA dan semua komponen di PC.

Beberapa VGA yang dianggap hemat daya, di antaranya GTX 750 Ti, GTX 1050 Ti, GTX 950, AMD R7 250, R7 350, dan RX 6400. Nah, dari beberapa kartu grafik ini, pilihlah produk yang dijual baru atau bergaransi resmi. Oh, ya, untuk spesifikasi detail dan seberapa banyak daya yang dikonsumsi sebuah VGA, kamu bisa melihatnya di laman Tom's Hardware.

Jadi, bagaimana menurutmu? Beberapa hal penting di atas memang harus menjadi perhatian utama sebelum kamu membeli sebuah VGA atau kartu grafik. Semoga artikel ini bisa dijadikan pertimbangan buat kamu, ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi VGA Lawas Ini Bisa Kamu Pilih untuk Memainkan Game Berat

Dahli Anggara Photo Verified Writer Dahli Anggara

Age quod agis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya