Comscore Tracker

5 Tips Jitu Mengatasi Smartphone yang Sering Panas

Semua caranya mudah dilakukan kok!

Apa smartphone kalian sering panas saat digunakan? Jika ya, maka kalian harus sigap untuk cepat mengatasi permasalahan tersebut. Pasalnya, jika smartphone panas atau yang dikenal dengan istilah overheat akan dapat membuat kinerja perangkat menjadi lemot bahkan lebih buruknya bisa membuat ngedrop tiba-tiba. Selain itu, pastinya juga mengurangi kenyamanan saat digunakan.

Nah, untuk itu kali ini kami memberikan beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penasaran? Untuk lebih jelasnya, silakan cek di bawah ini ya geng.

1. Pastikan gunakan charger original

5 Tips Jitu Mengatasi Smartphone yang Sering Panaselectrodealpro.com

Mungkin dari kita tidak terlalu memperhatikan hal ini. Apalagi misalnya kalian lupa membawa charger ke sekolah, kampus ataupun lainnya. Sehingga tanpa pikir panjang kita lebih memilih untuk meminjam charger teman terdekat atau sanak saudara bukan.

Padahal, tidak semua charger yang bisa cocok untuk perangkat kita geng. Sebab, setiap perangkat telah memiliki standar sendiri untuk tegangan (voltase) yang bisa di input dan output-nya. Jika dipaksakan juga maka akan berimbas pada menurunnya kualitas baterai dan membuat perangkat mudah overheat.

Nah, untuk itu coba usahakan menggunakan charger yang asli saja.

2. Coba lepaskan cover pelindung

5 Tips Jitu Mengatasi Smartphone yang Sering Panasindiacircus.com

Hal ini dapat kalian coba lakukan selanjutnya jika smartphone kalian tiba-tiba panas. Memang, menggunakan cover pelindung akan dapat menghindari dari perangkat dari lecet ataupun goresan.

Namun, perlu diperhatikan apabila bahan cover pelindung terlalu tebal akan dapat membuat sirkulasi udara yang diterima perangkat menjadi berkurang. So, lebih jeli lagi ya geng memilih cover pelindung.

3. Kurangi kecerahan layar dan bersihkan cache

5 Tips Jitu Mengatasi Smartphone yang Sering Panasandroidpit.com

Menggunakan smartphone dengan kecerahan maksimal memang mengasyikkan. Hanya saja hal tersebut tentu menguras daya ekstra. Terlebih lagi diperparah oleh cache atau sampah sepeninggalan kita berselancar di internat yang telah menumpuk alias tidak pernah dihapus.

Alhasil, akan dapat membuat smartphone akan menjadi lemot dan mudah panas. Untuk itu cara ini dapat kalian coba lakukan selanjutnya.

Baca Juga: Suka Main TikTok? Ini 6 Smartphone yang Pas Buat Kamu Gunakan

4. Gunakan mode pesawat

5 Tips Jitu Mengatasi Smartphone yang Sering PanasDok. Pribadi/Momo Boo

Mungkin cara yang satu ini pada umumnya telah kita ketahui bersama. Ya, mengaktifkan mode pesawat memang sangat efektif membuat suhu perangkat menjadi normal kembali.

Hal tersebut karena semua konektivitas akan di putus seperti jaringan operator, wi-fi, bluetooth dan lainnya. Selain itu, jika tetap diterapkan pada saat mengisi daya maka juga akan membuat perangkat lebih cepat penuh.

5. Matikan ponsel

5 Tips Jitu Mengatasi Smartphone yang Sering PanasDok. Pribadi/Momo Boo

Langkah terakhir ini dapat di coba lakukan selanjutnya jika smartphone-mu kondisinya belum juga berubah. Seperti yang diketahui dengan mematikan ponsel sejenak maka semua proses akan berhenti yang mana tentunya membuat temperatur cepat menurun. Tak hanya itu saja, dengan langkah ini juga dapat mengembalikan kinerja sistem perangkat menjadi normal kembali.

Itu dia beberapa cara yang dapat kalian coba terapkan jika perangkatmu mengalami overheat. So, selamat mencoba ya guys.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Orang Lakukan Saat Menggunakan Smartphone

Deka Apriansyah Photo Verified Writer Deka Apriansyah

TEP, Universitas Andalas

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya