Comscore Tracker

5 Aplikasi Menggambar Digital untuk Asah Kreativitasmu

Tidak kalah seru dengan menggambar di kertas, lho

Seiring dengan berkembangnya zaman, menggambar kini tak hanya menggunakan kertas saja sebagai media kanvasnya. Namun, kini kalian bisa menggambar menggunakan teknik digital atau yang disebut dengan digital drawing.

Siapa saja dapat mencoba untuk mengasah kreativitas mereka melalui teknik menggambar secara digital ini. Terlebih lagi sekarang telah banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk menggambar digital hanya dengan bermodalkan smartphone.

Berikut lima aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengasah kreativitas melalui menggambar digital. Yuk, simak!

1. Ibis Paint X

5 Aplikasi Menggambar Digital untuk Asah Kreativitasmuibis Paint X (dok. ibis inc./ibis Paint X)

Ibis Paint X menyediakan lebih dari empat ribu kuas yang dapat digunakan untuk menggambar secara digital pada aplikasi ini. Selain itu, menggambar di aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur stabilisasi yang akan membuat garis pada gambar menjadi lebih stabil walau proses menggambar hanya kita lakukan dengan menggunakan jari tanpa bantuan stylus pen.

Pada aplikasi ini, proses menggambar akan secara otomatis terekam menjadi video yang bisa dibagikan ke media sosial. Proses menggambar di aplikasi ini juga bisa menggunakan beberapa lapisan yang dapat diatur opasitasnya. Ada juga beragam jenis font yang bisa diaplikasikan pada gambar secara gratis.

2. MediBang Paint

5 Aplikasi Menggambar Digital untuk Asah KreativitasmuMediBang Paint (dok. MediBang Inc./MediBang Paint-menggambar)

Aplikasi ini menyediakan beragam jenis kuas, font, hingga latar belakang yang telah siap pakai. Latar belakang yang disediakan pun cukup beragam, mulai dari latar belakang pemandangan hingga latar belakang yang bersifat dekoratif.

Kita juga bisa memanfaatkan fitur tekstur yang telah disediakan pada aplikasi ini untuk mempercantik gambar kita. Ada juga penyimpanan cloud yang dapat dimanfaatkan untuk memindahkan hasil karya ke platform lain dan membagikannya dengan lebih mudah. Sehingga tidak perlu takut hasil gambar kita hilang ketika mendaftar di perangkat baru.

3. Picsart Color Paint

5 Aplikasi Menggambar Digital untuk Asah KreativitasmuPicsart Color Paint (dok. PicsArt, Inc./Picsart Color Paint)

Pada aplikasi ini kita bisa mencampur beberapa warna yang memberikan kita pengalaman secara nyata dalam memperoleh warna-warna hasil campuran. Tidak perlu bingung ketika ingin menggambar yang mengaharuskan kesamaan bentuk sebelah kanan dan kirinya karena kita bisa memanfaatkan fitur simetri.

Banyak kuas bertekstur yang dapat kita manfaatkan untuk membuat garis dan mewarnai gambar yang kita inginkan dengan tekstur-tekstur tertentu. Tidak hanya untuk menggambar digital saja, aplikasi ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengkreasikan foto-foto kita dengan coretan tangan yang memperindah. Ada juga fitur pemulihan otomatis sehingga gambar kita tidak akan hilang. 

Baca Juga: 7 Aplikasi Pengingat Terbaik untuk Android, biar Gak Lupa

4. Sketchbook

5 Aplikasi Menggambar Digital untuk Asah KreativitasmuSketchbook (dok. Sketchbook/Sketchbook)

Sketchbook memberikan kita pengalaman kebebasan dan nuansa seperti menggambar di atas kertas. Aplikasi ini menyediakan berbagai perlengkapan menggambar dalam bentuk digital mulai dari pensil, spidol, hingga kuas. Kuas yang ada dapat kita sesuaikan ukurannya menurut kebutuhan. Ada juga fitur penggaris yang memudahkan kita untuk membuat garis yang lurus tanpa timbul getaran.

Aplikasi ini cocok kita gunakan untuk membuat gambar sketsa secara digital. Pensil-pensil yang disediakan oleh aplikasi ini sangat lengkap dan dapat kita manfaatkan untuk membuat gambar sketsa digital yang memukau. Jenis pensil yang ada pada aplikasi ini antara lain pensil 2B, pensil 4B, pensil 2H, pensil F, pensil 4H, dan masih banyak jenis-jenis pensil lainnya yang akan menunjang kegiatan menggambar digital.

5. PaperColor

5 Aplikasi Menggambar Digital untuk Asah KreativitasmuPaperColor (dok. Colorfit/PaperColor)

PaperColor merupakan aplikasi menggambar digital yang cukup sederhana dari segi tampilan maupun penggunaannya. Pengguna bisa memasukkan referensi foto yang ingin digambar pada aplikasi ini. Dengan begitu, kita dapat lebih mudah meniru dan mengkreasikan foto tersebut menjadi suatu hasil karya gambar.

Ada beberapa peralatan gambar yang disediakan oleh aplikasi ini mulai dari penggaris, penghapus, pensil, spidol, hingga kuas lukis. Setiap peralatan gambar yang ada tersebut dapat diatur ukuran dan opasitasnya sesuai dengan kebutuhan. 

Telah banyak aplikasi yang dapat dimanfaatkan untuk mengasah kreativitas melalui kegiatan menggambar digital. Banyak fitur-fitur keren yang disediakan oleh aplikasi tersebut sehingga kegiatan menggambar menjadi semakin seru. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Aplikasi yang Berguna untuk Menjaga Fokus Supaya Tidak Mudah Buyar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya