Comscore Tracker

Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!

#PANJATPOIN Jangan asal download!

Setidaknya pada awal 2018 disebutkan bahwa pengguna smartphone di Indonesia mencapai angka 100 juta orang, lebih dari sepertiga penduduknya! Yang artinya, keberadaan para pengguna smartphone ini juga menunjukkan seberapa antusias dan kebutuhan terhadap gawai mobile yang semakin tinggi.

Tapi dengan membludaknya para pengguna smartphone tersebut ternyata juga diimbangi dengan banyaknya apps palsu yang tersebar di dua platform utama: Play Store dan Apple Store. Menyebabkan banyaknya kendala seperti kerusakan pada smartphone, virus, malware atau bahkan bocornya data pribadi dari pemilik smartphone itu sendiri.

Nah, dilansir dari GadgetNow.com, disebutkan ada cara-cara mudah tapi sering diabaikan oleh para pengguna smartphone, untuk menghindarkan diri mereka dari download apps palsu. Daripada terus smartphone ngadat gara-gara virus, ya kan?

1. Selalu download dari Official Store!

Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!Sketch App Source

Sederhana, lugas dan tak banyak basa-basi. Kalau misalkan kamu butuh apps yang bagus, pergi-lah ke store yang memang sudah terpercaya. Mungkin bisa saja kamu mengunduh pemutar musik, lewat tempat-tempat yang belum tentu valid seperti lewat website dan tidak lewat Play Store atau Apple App Store misal. Tapi kalau ternyata apps tersebut rusak atau bahkan mengandung malware, kamu juga dong yang rugi.

2. Baca deskripsi dari apps tersebut!

Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!Instagram at Apple Store

Langkah mudah berikutnya kalau sedang mencari apps yang kamu butuhkan adalah baca deskripsinya, Bos. Kalau misalkan deskripsinya jelas dan cara penggunaan serta efeknya bisa diketahui, tentu bukan perkara sulit buat kamu untuk memutuskan download ya. Tapi kalau dari deskripsi saja sudah banyak kesalahan grammar dan tulisan, mendingan cari apps lain saja lah. Ya kali, penyedia apps profesional tak bisa berbahasa dengan benar.

3. Jangan lupa baca juga review-nya!

Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!Apptentive

Setelah kamu baca deskripsinya pelan-pelan, baca juga bagaimana review dari pada pengunduh-pengunduh sebelumnya. Kan biasanya ada tuh, beberapa feedback yang masuk di bagian komen. Kamu akan mendapatkan pengarahan yang jujur dari pada pengguna yang sudah melakukan download. Kalau lebih banyak caci-maki-nya mending cari yang lain saja lah ya.

4. Lihat latar belakang developernya

Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!Motivation Grid

Yang satu ini seperti melihat profile dari penjualnya. Kamu bisa masuk ke website utama dari penyedia piranti lunak yang Kamu tuju. Googling saja siapa pembuat dari apps tersebut, lantas kamu masuk ke dalam website resminya. Kalau misalkan di-googling saja belum ada, atau pembuatnya tidak jelas ya Wassalam!

5. Perhatikan berapa jumlah download dan rating-nya

Begini Cara Menghindari Download Apps Palsu Biar Smartphone Aman!MMA Global

Apps yang terpercaya adalah apps yang punya hits unduh tinggi dengan rating bintang yang juga seimbang. Logikanya, jumlah yang tinggi tersebut berarti masyarakat pengguna gawai sudah percaya dan kepercayaan tersebut menular ke banyak pengguna smartphone lainnya. Kalau misalkan apps tersebut sudah banyak tapi bintangnya tidak lebih dari 3-setengah, maka apps tersebut mendingan jangan di-download.

Sejatinya pada Apple Store maupun Play Store sudah tersedia banyak apps yang bisa kamu pergunakan untuk kebutuhanmu sehari-hari. Mau main game, musik, kalender maupun apps yang lain jumlahnya sudah jutaan. Tidak susah kok buat kamu menemukan yang bisa dipercaya, hanya saja perhatikan keasliannya ya!

Fajar Ardiansyah Photo Writer Fajar Ardiansyah

A writer, editor, representative, stand up comedian, a professional complainer and her mother's favourite!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya