Comscore Tracker

Sering Gak Sadar, 5 Penyebab Handphone Eror Ini Harus Kamu Ketahui!

Duh mending segera sadari deh!

Dari masa ke masa tentunya zaman kian canggih dan ponsel merupakan salah satu kebutuhan utama yang tidak bisa dilepaskan. Ponsel tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi tetapi juga bisa menjadi alat hiburan.

Oleh sebab itu kebutuhan akan ponsel bisa dibilang merupakan kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Namun sering kita dapati ponsel eror tanpa kita sadari sebabnya. Tentunya ponsel yang eror tersebut akan mengganggu bagi para pengguna ponsel.

Nah berikut 5 penyebab yang harus kamu ketahui, yuk simak!

1. Tidak menutup aplikasi yang tidak digunakan

Sering Gak Sadar, 5 Penyebab Handphone Eror Ini Harus Kamu Ketahui!Pexels/Lisa Fotios

Terlalu banyak aplikasi yang dibuka jelas akan membuat ponsel eror, apalagi jika ponselmu memiliki kapasitas RAM yang kecil. Lebih baik tutup aplikasi yang tidak dibutuhkan dan tidak digunakan agar ponselmu bisa berfungsi dengan baik.

Meskipun ponselmu hanya smartphone biasa, jika kamu mampu menggunakannya dengan baik dan memeliharanya, tentu kualitasnya tak akan jauh beda dengan ponsel yang mahal.

2. Tidak menghapus sampah atau cache

Sering Gak Sadar, 5 Penyebab Handphone Eror Ini Harus Kamu Ketahui!Pexels/Christian Dina

Biasanya sampah atau cache didapat dari penggunaan aplikasi tertentu seperti misalnya aplikasi internet. Jika kamu membiarkan cache ini sampai memenuhi memori eksternal tentu ponselmu akan eror dan terasa berat. Oleh sebab itu lebih baik hapus saja cache atau sampah dari ponselmu. Beri ruang untuk ponselmu dengan cara mereduksi sampah atau cache.

Baca Juga: 6 Handphone Paling Pas Jadi Hadiah untuk Orangtuamu yang Sudah Pensiun

3. Terlalu banyak foto

Sering Gak Sadar, 5 Penyebab Handphone Eror Ini Harus Kamu Ketahui!Pexels.com/Oleg Magni

Mempunyai ponsel tentu takkan lengkap bila kita tak menggunakannya untuk foto selfie. Namun terlalu banyak foto pun akan membuat ponsel eror karena memori yang digunakan terlalu banyak.

Kalau memang menyukai sesuatu yang berbau fotografi lebih baik kamu gunakan kamera khusus, jangan kamera ponsel. Selain kualitasnya lebih bagus tentunya ponselmu pun takkan eror lagi.

4. Banyak aplikasi yang dibuka secara bersamaan

Sering Gak Sadar, 5 Penyebab Handphone Eror Ini Harus Kamu Ketahui!Pexels/freestock.org

Membuka aplikasi secara serentak pun bisa membuat ponsel eror karena bekerja lebih keras. Ada baiknya untuk membuka aplikasi satu persatu agar ponsel bekerja dengan baik dan normal.

Terlebih bila ponselmu memiliki RAM yang kecil tentunya lebih baik gunakan ponsel dengan sebaik mungkin. Jangan memaksakan kehendak dengan membuka beberapa aplikasi sekaligus karena akan menyebabkan eror yang parah.

5. Kapasitas baterai yang kecil

Sering Gak Sadar, 5 Penyebab Handphone Eror Ini Harus Kamu Ketahui!Pexels/tyler

Kapasitas baterai yang kecil pun akan membuat ponsel mudah eror. Apalagi bila kamu menggunakan games atau menonton video dari ponselmu yang kapasitas baterainya kecil, otomatis ponsel pun akan mudah eror dan kamu akan terganggu saat menggunakannya.

Lebih baik gunakan laptop saat hendak membuka video atau games yang kapasitas RAM-nya memang besar dan kapasitas baterai juga mumpuni.

Yuk gunakan ponsel dengan benar agar tidak mudah eror.

Baca Juga: Dulu Jadi Idola, 6 Handphone Ini Kini Popularitasnya Menurun

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You