Comscore Tracker

5 Laptop Acer Ini Mudah Di-upgrade, Gak Perlu Bongkar Total

Ganti hardisk atau RAM makin gampang

Salah satu cara agar performa laptop makin ngebut adalah menambah atau mengganti RAM dengan kapasitas maupun kecepatan yang lebih tinggi. Tentunya, hal ini juga harus disesuaikan dengan OS  yang digunakan serta batas maksimal upgrade yang dapat dilakukan pengguna.

Selain itu, bagi pengguna yang merasa koleksi film, musik dan dokumen miliknya sudah tidak muat lagi ditampung oleh memori penyimpanan bawaan, maka menggantinya dengan kapasistas yang lebih tinggi merupakan solusi yang tepat.

Selain itu, mengganti memori penyimpanan jenis HDD ke SSD tentunya dapat memberikan performa yang lebih tinggi, minim perawatan serta data yang tersimpan tidak mudah corrupt  akibat goncangan saat kondisi aktif.

Namun, menambah storage maupun RAM laptop terkadang membingungkan serta merepotkan sebagian orang awam karena harus membongkar penuh bagian dalam perangkat hingga resiko kehilangan garansi apabila segel rusak saat dibuka.

Berikut rekomendasi laptop Acer yang memiliki tempat RAM dan memori penyimpanan tersendiri sehingga mudah di-upgrade jika diperlukan. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Acer Aspire 3 Series

5 Laptop Acer Ini Mudah Di-upgrade, Gak Perlu Bongkar TotalGadgets360.com/Roydon Cerejo

Dengan menggunakan prosesor dan pengolah grafis buatan AMD, Acer Aspire 3 Series ditawarkan mulai Rp 5.8 jutaan hingga Rp 11 jutaan dengan opsi prosesor mulai dari Ryzen 3 2200U, Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U. Prosesor ini diklaim mumpumi untuk menjalankan berbagai pekerjaan office, gaming maupun editing.

Selain itu, Acer Aspire 3 Series juga memiliki dua slot RAM terpisah yang bisa kamu tambah maksimal hingga 32 GB DDR4 sehingga aktivitas multitasking lebih lancar ketimbang hanya menggunakan satu slot RAM saja.

Tak hanya itu, Acer Aspire 3 Series versi prosesor Ryzen 7 memiliki kelebihan lainnya yaitu penggunaan dua slot memori penyimpanan terpisah bawaan yakni HDD dan SSD sehingga performa lebih cepat serta mampu menampung data lebih banyak lagi.

Sementara itu, semua Aspire 3 Series dilengkapi dengan fitur backdoor compartment sehingga memungkinkan pengguna mengganti RAM serta HDD/SSD tanpa harus membuka casing laptop secara keseluruhan.

Untuk varian harga sesuai prosesor dan VGA serta spesifikasi singkat yang digunakan oleh Acer Aspire 3, bisa kamu lihat di gambar di bawah ini.

2. Acer Predator 15

5 Laptop Acer Ini Mudah Di-upgrade, Gak Perlu Bongkar TotalNewegg.com/Led Parrill

Jika Lenovo memiliki Legion dan Asus dengan ROG untuk segmen laptop gaming, Acer juga memiliki seri Predator dengan spesifikasi tinggi untuk menjawab kebutuhan gaming para pengguna.

Acer Predator 15 memiliki prosesor  Intel Core i7-6700HQ, VGA Nvidia GTX 970M, RAM 16 GB (2x8GB DDR4) yang dapat ditambah maksimal 64GB serta dual storage SSD 128GB dan HDD 1TB.

Selain itu, Acer Predator 15 memiliki slot RAM dan storage terpisah sehingga memudahkan kamu jika ingin menggantinya tanpa harus membongkar casing laptop secara keseluruhan yang terbilang lumayan keras.

Baca Juga: 7 Laptop Mini Terbaik Awal 2019, Mudah Dibawa dan Efisien

3. Acer Nitro 5

5 Laptop Acer Ini Mudah Di-upgrade, Gak Perlu Bongkar TotalGadgetmatch.com/Marvin Velasco

Acer Nitro 5 dilengkapi prosesor Intel Core i5-7300HQ yang dikombinasikan dengan pengolah grafis NVIDIA GeForce GTX 1050 4GB, RAM sebesar 8GB yang bisa ditambah hingga 32GB DDR4 serta HDD sebesar 1TB. Tentunya, kombinasi spesifikasi ini mampu melibas semua aktivitas harian yang kamu kerjakan.

Sementara itu, Acer Nitro 5 memiliki fitur backdoor compartment terpisah sehingga memudahkan pengguna untuk mengganti RAM serta HDD/SSD tanpa harus membuka casing laptop secara keseluruhan.

4. Acer Aspire E5-475 Series

5 Laptop Acer Ini Mudah Di-upgrade, Gak Perlu Bongkar TotalCnet.com/Joshua Goldman

Berbekal opsi prosesor Intel Core i5-8250U atau Intel Core i7-8550U, HDD  sebesar 1TB, RAM berkapasitas 4GB yang dapat ditambah hingga 32GB serta VGA NVIDIA GeForce MX150, Acer Aspire E5-476 juga memiliki slot terpisah untuk menampung SSD.

Nah, karna sudah dilengkapi dengan fitur backdoor compartment  terpisah, RAM dan storage Acer Aspire E4-476 dapat kamu ganti sendiri tanpa harus ke service center untuk membongkarnya.

5. Acer Predator Helios 300

5 Laptop Acer Ini Mudah Di-upgrade, Gak Perlu Bongkar TotalLowyat.net/Andrew Cheng

Acer Helios 300 dipersenjatai dengan opsi prosesor intel Core i7-7700HQ atau Intel Core i5-7300HQ, RAM sebesar 16GB DDR4 yang dapat ditambah hingga 32GB menggunakan kedua slot yang tersedia serta VGA NVIDIA GeForce GTX 1060 atau NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti. 

Tersedia pula opsi SSD 128/256/512GB serta HDD berkapasitas 1TB untuk menampung semua file yang kamu miliki, baik game, film, musik, dokumen, foto maupun berbagai aplikasi yang kamu instal.

Berkat adanya fitur backdoor compartment  terpisah, RAM dan storage Acer Helios 300 ini dapat kamu ganti sendiri tanpa harus ke service center untuk membongkarnya agar segel garansi tidak rusak yang dapat berakibat hangus.

Nah, itu 5 rekomendasi laptop Acer yang bisa kamu ganti sendiri dengan mudah karena memiliki casing tersendiri yang dapat dibuka dengan mudah.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Irvin Photo Community Writer Irvin

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You