Comscore Tracker

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11

Untuk kamu yang budgetnya gak cukup buat beli iPhone 11

Jika ditanya iPhone apa yang paling layak dibeli tahun 2020 ini, jawabannya tentu iPhone 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max. Namun tidak semua orang memiliki budget yang cukup untuk membeli smartphone sultan tersebut. 

Untungnya, tidak seperti Android, membeli iPhone tipe lama masih tergolong aman. Spesifikasi smartphone tersebut memang didesain tahan untuk digunakan bertahun-tahun tanpa takut ketinggalan zaman.

Tak hanya itu, iPhone lama juga masih mendapatkan update OS terbaru. Jadi pengguna bisa merasakan software yang sama dengan yang ada di seri terbaru. Nah, jika kamu ingin memilikinya tahun ini, berikut ini rekomendasi iPhone yang masih layak dibeli!

1. iPhone X

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11pocket-lint.com

Rekomendasi pertama jatuh kepada iPhone X. Seri yang dirilis Apple pada tahun 2017 ini telah turun harga menjadi Rp12,9 juta di situs resmi distributor iPhone. Sedangkan di berbagai e-commerce, harganya sudah jauh di bawah itu. Kamu bahkan bisa mendapatkan iPhone X dengan memori 256GB dengan harga Rp9,6 juta.

Selain harganya yang sudah turun, iPhone X juga masih layak dibeli karena spesifikasinya yang mumpuni. Ia telah dilengkapi dengan Face ID, dua kamera belakang dengan kualitas 12MP, dan RAM sebesar 3GB. Dari segi desain pun iPhone X sudah sangat mirip dengan iPhone 11. 

2. iPhone XR

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11turbosquid.com

iPhone XR yang dirilis pada tahun 2018 termasuk ke dalam produk Apple yang paling laris. Pasalnya, harga smartphone ini lebih murah daripada iPhone X tetapi beberapa spesifikasi lainnya lebih unggul. Nah, di tahun ini kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp9 juta di distributor resmi.

Untuk spesifikasi, tidak berbeda jauh dari iPhone X. Smartphone ini dibekali dengan RAM sebesar 3GB, layar 6,1 inci, dan dilengkapi pula dengan Face ID. Bedanya, iPhone XR hanya memiliki satu kamera belakang dengan resolusi 12MP. Namun untuk baterai, iPhone XR jauh lebih kuat daripada iPhone X.

3. iPhone 8 Plus

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11ebay.com

Rekomendasi berikutnya adalah iPhone 8 Plus. Walaupun keluaran tahun 2017, smartphone yang satu ini masih sangat layak untuk dipakai saat ini. Spesifikasinya bisa dibilang masih update dan tidak ketinggalan zaman. 

iPhone 8 Plus dilengkapi dengan RAM sebesar 3GB, memori internal 64 atau 256GB, serta dua kamera belakang beresolusi 12MP. Lalu apa bedanya dengan iPhone X dan XR? iPhone 8 Plus masih menganut desain lama, yaitu dengan bezel yang tebal dan dilengkapi dengan Touch ID

Bagaimana dengan harganya? iPhone 8 Plus dibanderol seharga Rp10 juta di situs resmi distributor Apple. Sedangkan di e-commerce dan toko offline lain, kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp7,5 juta.

Baca Juga: Ingin Beli iPhone Bekas? Pertimbangkan 7 Hal Ini supaya Gak Menyesal

4. iPhone 8

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11kinstacdn.com

Jika ingin mendapatkan iPhone yang lebih murah lagi, kamu bisa beli iPhone 8. Smartphone ini dibanderol seharga Rp7 juta di pasaran, sudah turun sangat banyak dibandingkan saat pertama rilis. 

Spesifikasinya pun masih layak untuk digunakan di 2020 ini. Ia dilengkapi dengan satu kamera belakang beresolusi 12MP, RAM 2GB, chipset Apple A11 Bionic, serta pilihan memori internal 64 dan 256GB. Walaupun RAM-nya tergolong kecil, tetapi chipset yang digunakan bisa membuat smartphone ini bekerja cukup cepat untuk game dan multitasking

5. iPhone 7 Plus

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11amazonaws.com

iPhone 7 Plus juga masih layak untuk dibeli di 2020 ini. RAM-nya 3GB, kamera belakangnya pun dua dengan kualitas 12MP. Selain itu, ia menggunakan chipset Apple A10 Fusion, sensor fingerprint, dan kualitas baterainya 2900 mAh.

Jika dilihat sekilas, iPhone 7 Plus sangatlah mirip dengan iPhone 8 Plus. Namun kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang lebih murah. Di iBox, kamu bisa mendapatkannya seharga Rp7,4 juta. Sedangkan di e-commerce dan toko lain, iPhone 7 Plus dibanderol mulai dari Rp5,5 juta.

6. iPhone 7

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11redmondpie.com

Harga iPhone 7 saat ini terpaut sangat jauh dengan harganya saat pertama kali keluar pada 2016. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp3,9 juta saja. Smartphone ini sangat cocok untukmu yang memiliki budget minim tapi ingin memiliki iPhone.

Spesifikasinya pun masih layak untuk dipakai. Meskipun bisa dibilang jauh dari iPhone seri terbaru. iPhone 7 dilengkapi dengan RAM 2GB, kamera 12MP, dan chipset Apple A10 Fusion. Sedangkan baterainya bertenaga 1960 mAh.

7. iPhone 6s Plus

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11elgoza.com

iPhone 6s Plus adalah seri iPhone paling minimal untuk dibeli di tahun ini. Ia dilengkapi dengan RAM sebesar 2GB, baterai 2750 mAh, serta kamera belakang 12MP. Sayangnya, chipset 6s Plus adalah Apple A9, sudah sangat jauh jika dibandingkan dengan varian lainnya. 

Untuk harga, tak perlu diragukan lagi. Ini merupakan iPhone paling murah yang layak dibeli saat ini. Di pasaran, kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp3 juta saja. Akan tetapi kamu harus tahu bahwa 2020 diprediksi menjadi tahun terakhir bagi 6s Plus untuk mendapatkan update dari Apple.

Perlu diketahui bahwa iPhone XS Max tidak masuk ke dalam daftar ini karena harganya yang sebelas dua belas dengan iPhone 11. Jadi jika kamu punya budget lebih, sebaiknya anggarkan untuk membeli varian yang terbaru itu.

2020 Ganti HP, Ini 7 iPhone yang Masih Layak Kamu Beli Selain Seri 11giphy.com

Sementara itu, jika kamu membeli iPhone 7 hingga X, kamu masih bisa mendapatkan update sistem operasi hingga beberapa tahun ke depan. Jadi, walaupun variannya berbeda, kamu bisa merasakan software yang dipakai oleh iPhone 11. Menggiurkan sekali, ya! Nah, kalau kamu sendiri tertarik untuk beli yang mana?

Baca Juga: Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya