Comscore Tracker

6 Rekomendasi Game Bertema Geng Mafia, Auto Berasa Badass!

Dari geng mafia di Amerika hingga geng Yakuza di Jepang

Mafia merupakan sebutan geng kriminal yang ada di suatu negara. Mereka biasanya melakukan tindakan kriminal seperti penjualan senjata, obat-obatan terlarang, dan barang-barang ilegal lainnya. Mafia sendiri sudah menjadi tema di berbagai media hiburan, tak terkecuali dalam dunia game. Sudah banyak game-game yang mengadaptasi tema kriminalitas dari grup mafia.

Beberapa developer game memilih tema mafia atau geng kriminal sebagai dasar utama cerita game yang mereka ciptakan. Mulai dari plot, setting tempat, karakteristik setiap tokoh, hingga fitur-fitur tambahan yang berkaitan dengan aktivitas mafia seperti mengatur klub hiburan mu sendiri, merekrut anggota baru, bahkan perang dengan geng rival untuk memperebutkan wilayah bisa ditemukan dalam video game mafia. Berikut ini beberapa rekomendasi game dengan tema ala-ala geng mafia.

1. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

https://www.youtube.com/embed/yOzcbtsw_pQ

Siapa sih yang gak tahu dengan game legendaris satu ini. Apalagi bagi para pejuang rental PS zaman Playstation 2, hampir di setiap rental PS game ini hukumnya wajib ada. Iya, apalagi kalu bukan Grand Theft Auto: San Andreas. Grand Theft Auto: San Andreas atau biasa disingkat menjadi GTA: SA merupakan game yang dibuat oleh Rockstar Games. GTA San Andreas sendiri pertama kali rilis pada tahun 2004 dan merupakan salah satu game terbaik sepanjang masa sampai sekarang dan menjadi inspirasi game-game modern yang mengambil tema yang sama.

Mengambil setting tahun 1990an, GTA San Andreas menceritakan tentang sang tokoh utama bernama Carl "CJ" Johnson seorang merupakan anggota geng di Los Santos yang berbasis di Grove Street. Bersama dengan beberapa teman-teman satu gengnya seperti Big Smoke, Sweet,dan Ryder, mereka mencoba menjadi geng terbaik di kota. Game ini merupakan game open world dengan map yang sangat luas dan player diberi kebebasan untuk menjelajah map yang luas tersebut. Game ini juga memiliki fitur yang sangat menggambarkan aktivitas geng seperti membeli dan mengatur properti kita seperti tanah, toko maupun klub. Kita juga bisa mengadakan gang war dengan kelompok rival kita untuk memperebutkan wilayah masing-masing.

Baca Juga: 7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu Tahu

2. Sleeping Dogs (2012)

https://www.youtube.com/embed/6MBFOidzHOo

Kalau di list sebelumya ada geng mafia dari jalanan kota Amerika, berikutnya kita berpindah jauh ke geng mafia Triad yang berasal dari China. Berjudul Sleeping Dogs, game ini di buat oleh United Front Game dan dirilis oleh Square Enix pada tahun 2012 di platform konsol dan PC. Mengusung tema mafia dengan paduan pertarungan bela diri dan parkur, game ini juga merupakan game open world jadi player bisa menjelajahi kota dengan bebas.

Cerita dari game Sleeping Dogs berfokus kepada protagonis bernama Wei Shen seorang polisi yang menyamar menjadi anggota geng Triad yang mencoba mengungkapkan praktik bisnis ilegal dan aktivitas kriminal dari geng tersebut. Sleeping Dog dijuluki sebagai GTA versi Cina oleh para gamers karena kemiripan tema dan gameplay dari kedua game tersebut. Yang membedakan Sleeping Dogs dengan GTA adalah combat system-nya. Pada Sleeping Dog kita diberi bela diri yang lengkap dari tangan kosong hingga bisa memakai benda sekitar sebagai senjata. Sleeping Dogs sendiri disebut-sebut sebagai salah satu game terbaik keluaran 2012 dan bahkan tetap seru dimainkan sampai sekarang.

3. Red Dead Redemption 2 (2018)

https://www.youtube.com/embed/eaW0tYpxyp0

Developer dibalik kesuksesan franchise Grand Theft Auto, Rockstar Games merilis Red Dead Redemption 2 pada tahun 2018 untuk platform Playstation dan Xbox yang kemudian dirilis kembali di PC pada tahun 2019.

Game ini mendapat respons positif yang besar dari para penggemar. Red Dead Redemption 2 atau disingkat RDR2 berhasil membuat penantian para gamer terbayarkan dengan kualitas game triple A yang sesungguhnya. Grafik yang ciamik dan kelihatan seperti di dunia nyata, detail-detail kecil yang membuat geleng-geleng kepala yang menjadi ciri khas dari game-game buatan Rockstar Games menjadi daya tarik game ini. Tak lupa cerita dari game ini yang bisa membuat para pemain emosional hingga meneteskan air mata karena sangat terasa nyata.

Red Dead Redemption 2 merupakan sekuel dari game sebelumnya dengan judul yang sama, yaitu Red Dead Redemption yang dirilis di konsol PS3 pada tahun 2010. Walaupun game ini termasuk sekuel, namun cerita dari RDR2 sendiri adalah prequel dari kejadian yang terjadi di Red Dead Redemption yang pertama. Mengambil setting di tahun 1899, cerita difokuskan pada protagonis bernama Arthur Morgan, seorang anggota koboi atau outlaw dan grupnya untuk bertahan hidup dari ganasnya kehidupan Wild West. 

4. Assassin's Creed: Syndicate

https://www.youtube.com/embed/WTBbwgsyxvg

Assasin's creed: Syndicate merupakan game keluaran developer Ubisoft yang dirilis pada akhir tahun 2015 untuk platform konsol dan PC. Game ini merupakan seri ke-9 dari seri Assassin's Creed yang mengambil setting di London pada tahun 1868 yang bertepatan pada zaman revolusi industri di Inggris. 

Gamenya berfokus pada 2 protagonis yaitu Jacob dan Eve Frye yang mencoba membebaskan London dari cengkraman Templar, yaitu musuh utama Assassins. Walaupun game ini masih mengadaptasi gameplay dan core dari serial Assassin's Creed terdahulunya, Assassins Creed: Syndicate memiliki ciri khas yaitu kita bisa membentuk dan mengembangkan geng kita untuk merebut tiap-tiap teritori milik templar. Caranya pun seperti mafia yaitu melakukan bisnis, sabotase properti musuh, dan tentu saja perang antar gang untuk membuktikan siapa yang berkuasa. 

5. Yakuza 0

https://www.youtube.com/embed/qGYQVblzl_Y

Yakuza merupakan geng mafia versi Jepang yang terkesan brutal namun memiliki kode etik kehormatan untuk tiap anggotanya. Hal tersebut yang menyebabkan Yakuza memiliki pesonanya sendiri. Hal tersebut juga jadi salah satu alasan developer asal negeri Sakura bernama Ryu Ga Gotoku Studio tertarik untuk membuat game berdasarkan Yakuza. Pada tahun 2015 rilislah game berjudul Yakuza 0 untuk platfrom PS4, merupakan prequel dari 5 game utama yang sudah rilis terlebih dahulu sejak zaman PS3.

Cerita dari Yakuza 0 mengambil setting kota fiktif Kamurocho pada tahun 1988. Cerita berfokus pada dua protagonis yaitu, Kiryu Kazuma dan Goro Majima. Menyajikan cerita khas geng mafia versi Jepang yang serius dan emosional. Di game ini player juga akan memiliki kegiatan sampingan untuk mengelola properti bisnis seperti mafia yaitu bisnis real estate dan host club. 

Baca Juga: [REVIEW] Yakuza Remastered Collection—Nostalgia di Dunia Mafia Jepang

6. Mafia Definitive Edition

https://www.youtube.com/embed/vfwfA_iTOng

Mafia Definitive Edition merupakan game buatan studio Hangar dan dipublikasikan oleh publiser 2K. Dirilis pada tahun 2020 untuk platform PC, Playstation, dan Xbox, game ini merupakan versi remake dari versi originalnya dengan judul yang sama yang sudah terlebih dahulu dirilis pada tahun 2002. 

Game yang sesuai judulnya berfokus pada seluk beluk menjadi seorang anggota mafia di sebuah kota fiktif bernama Lost Heaven, Illinois. Cerita bermula ketika protagonis bernama Tommy Angelo yang merupakan seorang sopir taksi menyelamatkan 2 anggota mafia dari kejaran rival mereka. Hal tersebut yang akhirnya menyeret Tommy ikut menjadi anggota mafia tersebut. Setting waktu game ini yang berada pada tahun 1930an dan suasana kotanya sendiri semakin memperkental nuansa noir ala-ala geng mafia.  

 

Nah itu tadi 6 game dengan tema ala-ala geng mafia. Apakah teman-teman tertarik untuk mencobanya atau malah sudah pernah menamatkan game-game di atas?

Izzan Adialami Photo Writer Izzan Adialami

Trying to typing something entertaining

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya