Comscore Tracker

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu Tahu

Gak usah lagi pakai cheat terus menerus!

GTA San Andreas adalah salah satu game dari GTA Series yang sangat populer di kalangan para gamers. Banyak gamers yang senang memainkan game ini berulang kali untuk sekedar bernostalgia atau mencari hiburan semata. Tak jarang ketika bermain game ini, banyak gamers yang senang menggunakan kode cheat karena jumlah kode cheat yang ada dalam game ini sangat banyak dan variatif. 

Namun, jika bermain game menggunakan kode cheat secara terus-menerus, pasti rasanya membosankan, bukan? Sudah pasti pengalaman bermain menjadi terlalu mudah dan tidak ada tantangan sama sekali. Pengalaman kamu dalam bermain game ini akan jauh lebih seru apabila kamu tidak memakai kode cheat sama sekali. Jika kamu khawatir bahwa gameplay kamu akan sedikit sulit, simak tips bermain GTA San Andreas yang bisa kamu pakai berikut ini:

1. Ganti penampilan kamu apabila sedang dikejar polisi agar bintang kamu cepat hilang

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Salah satu hal yang seru dari GTA San Andreas adalah mencari "masalah". Pola perilaku polisi di GTA San Andreas memang cenderung agresif. Mereka tidak akan segan-segan beradu senjata dan mengeluarkan jumlah personel yang sangat besar. Namun, kelemahan fatal dari sistem polisi GTA San Andreas adalah mereka tak mampu mengidentifikasi karakter kita terlalu detail sehingga kita dapat lolos dengan mudah setinggi apapun wanted level kita.

Untuk mengeksploitasi hal tersebut, kamu dapat menggunakan trik kecil berikut ini:

  1. Ganti baju apabila kamu sedang berada di dekat rumah kamu atau toko baju terdekat.
  2. Ganti gaya rambut kamu apabila kamu sedang berada di dekat barber shop.

Kamu dapat menggunakan salah satu dari dua trik tersebut. Setelah memakai trik tersebut, bintang di wanted level kamu akan mulai berkedip. Kamu hanya perlu menunggu beberapa detik saja agar bintang tersebut hilang sepenuhnya. Trik ini sangat efisien apabila kamu sangat kerepotan dengan wanted level kamu atau tak ingin menggunakan kode cheat tertentu saat sedang berperang melawan polisi. 

Baca Juga: 5 Game Mirip GTA, walau Lawas Patut Dicoba di Masa Kini

2. Selesaikan misi kurir minimarket atau pemadam kebakaran agar kamu punya uang yang cukup di awal permainan

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Dalam fase awal permainan GTA San Andreas, kamu akan mulainya di kota Los Santos. Kamu hanya memiliki uang yang sangat sedikit karena semua uangmu disita oleh Tenpenny dan Pulaski (dua polisi kotor yang muncul di cutscene awal). Tentu saja hal ini dapat menyusahkan karena kamu tak punya kebebasan finansial sehingga kamu terpaksa berhemat. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat mencari uang menggunakan dua side missions, yaitu bekerja sebagai kurir untuk minimarket Roboi Food Mart yang terletak di area Commerce atau menjadi pemadam kebakaran. Kedua side missions ini sangat mudah dilakukan dan memberikan gaji yang cukup banyak semakin tinggi level kamu pada side misison tersebut.

Selain itu, kedua side missions ini akan memberikan kamu bonus tambahan yang akan menguntungkan dalam jangka panjang setelah kamu menyelesaikan kedua misi ini. Bonus dari misi kurir adalah kamu akan mendapatkan minimarket tersebut secara gratis, sedangkan bonus dari pemadam kebakaran adalah kamu akan selalu kebal terhadap api. 

3. Tabrak bagian sudut sepatbor mobil musuh dalam ajang balapan mobil agar mobil tersebut langsung hilang kendali

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Dalam GTA San Andreas, kamu akan menemukan misi yang mewajibkan kamu mengikuti ajang balapan mobil. Ajang balapan mobil tersebut dapat terjadi entah di dalam kota atau countryside. Namun, ajang balapan mobil sebenarnya mudah untuk diselesaikan jika kamu menggunakan "trik kotor". Triknya adalah dengan menabrak sudut spakbor belakang mobil musuh. Trik ini biasanya disebut sebagai PIT Maneuver. Trik ini berguna apabila kamu ingin merebut posisi peringkat tertentu selama balapan berlangsung. 

Untuk melakukan cara ini, pastikan mobil kamu dekat dengan mobil musuh incaranmu. Kemudian, tabrak saja sudut sepatbor mobil tersebut dengan hati-hati. Saat mobil musuh hilang kendali, kamu dapat langsung tancap gas ke garis finish.

4. Selesaikan misi maling agar kamu tidak pernah lelah saat sedang berlari kapan saja

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Kamu sering bete apabila Carl Johnson terlalu mudah capek saat berlari? Apa kamu juga terlalu malas kalau harus pergi ke gym terus-menerus untuk melatih stamina Carl Johnson? Jika kamu satu dari dua pertanyaan tersebut kamu rasakan, maka sudah saatnya kamu perlu menyelesaikan side mission "Burglar"

Misi menjadi maling rumah akan diperkenalkan kepada kamu setelah kamu menyelesaikan misi Ryder bernama 'Home Invasion'. Namun kamu juga dapat menyelesaikan side mission ini sebelum misi utama tersebut. Lokasi mobil yang dipakai terletak di samping  rumah pajang yang berada dalam kompleks rumah biru pada area Ganton. Rumah panjang tersebut berada di seberang gedung gym Ganton.

Syarat agar kamu suskes menyelesaikan misi ini adalah kamu harus terus mencuri barang sampai mencapai total minimal $10.000. Setelah side mission ini sukses, stamina kamu tidak akan pernah habis karena mendapat reward 'Infinite Sprint'. Kamu bisa bebas berlari, berenang, atau mengayuh sepeda secara cepat tanpa khawatir. 

5. Tekan tombol lari secara berulang kali supaya kamu dapat berlari lebih kencang

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Banyak player yang masih tidak tahu atau lupa dengan hal yang satu ini. Apabila kamu menahan tombol lari saja, maka Carl Johnson hanya berlari dengan kecepatan biasa. Oleh karena itu, tekan tombol lari secara berulang-ulang agar Carl Johnson berlari sangat kencang. 

Dalam misi Big Smoke bernama 'Running Dog', cara ini akan diperkenalkan kepada kamu. Cara ini disebut sebagai 'Super Sprint'. Meskipun cara ini efisien, kamu juga harus memperhatikan level stamina kamu karena cara ini dapat membuat Carl Johnson lebih mudah lelah. Kamu juga dapat menggunakan cara ini saat sedang berenang dalam air.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Game Baru Agustus 2022, Jangan Dilewatkan

6. Lepas tombol akselerasi saat menerbangkan pesawat kamu apabila sudah terbang di udara

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Adapun hal lain yang masih diabaikan oleh player adalah cara mengontrol pesawat terbang. Banyak player yang menekan tombol akselerasi secara terus-menerus untuk menjaga pesawat agar selalu berada di udara. Hal ini justru membuat jari player jadi pegal. 

Dalam GTA San Andreas, semua pesawat sudah dilengkapi dengan sistem autopilot. Saat pesawat kamu mulai terbang di udara, kamu dapat langsung memasukkan roda pesawat dan mengarahkan pesawat kamu saja. Tombol akselerasi hanya perlu kamu gunakan apabila kamu ingin meraih ketinggian tertentu secara cepat. Selebihnya, pesawat kamu akan selalu stabil di udara jadi kamu tak perlu khawatir apabila pesawat kamu langsung jatuh karena tidak menahan tombol akselerasi. 

7. Tembak kendaraan dalam garasi rumah kamu untuk meningkatkan kemampuan senjata secara efisien

7 Tips Simpel Game GTA San Andreas yang Wajib Kamu TahuIlustrasi GTA SA (dok. Rockstar Games/GTA San Andreas)

Banyak player yang masih mengandalkan cara tradisional untuk meningkatkan level skill senjata mereka dengan cara menembak pejalan kaki atau menghancurkan kendaraan di jalan raya. Cara ini tak efisien karena terlalu melelahkan, membuat pejalan kaki jadi ketakutan, dan berpotensi mendapatkan bintang wanted level

Supaya kamu dapat meningkatkan level skill senjata kamu dengan mudah dan efisien, masukkan saja mobil atau motor di dalam garasi rumah kamu. Penulis menyarankan kamu agar menggunakan mobil karena durability mobil sedikit baik dibanding motor. Pastikan garasi rumah kamu berdekatan dengan rumah kamu. Kemudian, pilih salah satu senjata yang ingin kamu tingkatkan. Tembaklah kendaraan tersebut sampai mengeluarkan asap hitam lalu tutup kembali garasi kamu. Apabila kendaraan kamu masih mengeluarkan asap, masuk kembali dalam rumah lalu save data game kamu. 


Tips-tips di atas akan membuat pengalaman bermain GTA San Andreas menjadi lebih praktis dan efisien. Selain praktis, tips-tips ini akan membantu kamu dalam jangka panjang sehingga kamu tidak akan merasa rugi ketika mengaplikasikan tips-tips ini ketika bermain GTA San Andreas.

Andra Setiawan Weltofa Photo Verified Writer Andra Setiawan Weltofa

Penulis artikel bermanfaat anti-boring! / E-mail: andrasweltofa@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya