Comscore Tracker

Cara Cek Battery Health di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahan

Kira-kira berapa persen battery health ponselmu?

Baterai jadi salah satu indikator keawetan smartphone. Begitu baterai mengalami penurunan performa, aktivitas mobile pasti terganggu. Selain harus selalu membawa charger dan powerbank untuk berjaga-jaga, mengetahui kesehatan baterai juga bisa jadi tindak antisipasi.

Jika kamu penggunaXiaomi, cara cek battery health di HP Xiaomi ini bisa kamu coba. Dengan memantaunya secara berkala, kamu bisa tahu kira-kira kapan saatnya memperbaiki kerusakan atau mengganti baterai.

Cara cek battery health di HP Xiaomi tanpa aplikasi

Cara Cek Battery Health di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahanilustrasi smartphone Xiaomi (mi.com)

Untungnya, Xiaomi telah dibekali indikator battery health yang langsung terintegrasi dalam pengaturan. Dengan begitu, kamu gak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga yang dapat memenuhi memori smartphone

Cara cek battery health di HP Xiaomi memerlukan beberapa langkah. Kamu akan membuka file yang digunakan untuk set up smartphone guna mengetahui kapasitas baterai. Nah, seperti ini tahapannya.

1. Buka Settings > About Phone > All Specs

Buka pengaturan pada ponsel yang bergambar ikon gerigi. Gulir hingga menemukan 'About Phone' atau 'Tentang Ponsel' jika smartphone menggunakan bahasa Indonesia. 

Pada jendela baru, temukan dan klik 'All Specs' yang akan membawamu ke jendela pengaturan lainnya. Proses ini gak akan memakan banyak waktu, kok. Cukup klik-klik saja. 

2. Klik 'CPU' lima kali

Pada jendela 'All Specs' kamu akan menemukan spesifikasi ponsel yang berisi informasi prosesor device, ukuran RAM, versi Android, hingga versi MIUI. Kamu juga akan menemukan 'CPU'.

Untuk melanjutkan cara cek battery health di HP Xiaomi, cukup klik 'CPU' sebanyak lima kali secara cepat. Saat menjalankan opsi ini, ponsel secara otomatis akan membuat laporan bug

3. Berikan akses dan buka laporan bug

Setelah memencet opsi 'CPU' sebanyak lima kali, klik 'Agree' atau 'OK' untuk memberikan akses jika diminta. Proses pembuatan laporan bug ini mungkin membutuhkan beberapa saat, tapi cukup tunggu hingga loading selesai. 

Saat proses complete, buka laporan bug yang sudah dibuat. Biasanya, file akan diawali dengan nama 'bugreport-' lalu tanggal pembuatan laporan. Adapun format laporan bug dalam bentuk .zip.

Sebagai contoh, 'bugreport-2022-06-27-115730.zip'. 

4. Ekstrak berkas di dalam bug-report

Bug report yang berbentuk .zip memiliki kumpulan file lain di dalamnya. Setelah membuka bug report, kamu perlu membuka file bernama 'bugreport_umi' yang dilengkapi dengan kombinasi angka dan huruf, serta berformat .zip.

Misalnya 'bugreport-umi_id-RKQ1.200826.002-2022-06-27-11-57-30.zip'.

Nah, buka atau ekstrak file tersebut hingga tersedia sub folder di dalamnya. Lalu, kamu akan mendapati banyak file karena dokumen berformat .zip merupakan kumpulan file.

5. Temukan file berformat .TXT

TXT yang dimaksud adalah format file yang berisikan tulisan dan merupakan kode tertentu. Saat membuka file .txt tersebut, kamu akan mendapati banyak teks yang memuat informasi seputar ponsel. 

Cukup klik sekali untuk membuka file .txt tersebut. Kalau mendapati proses loading, tunggu hingga file memuat sempurna.

6. Cari 'healthd' dalam log

Kesehatan baterai ditandai dengan kode 'healthd'. Nah, kode tersebut terdapat di dalam file format .txt yang sudah kamu ekstrak sebelumnya. 

Daripada lelah mencari satu per satu, gunakan fitur pencarian. Masukkan kode 'healthd' tanpa tanda kutip agar cepat ketemu. 

7. Kode 'fc' sebagai keterangan battery health

Tahap terakhir cara cek battery health di HP Xiaomi yakni menemukan kode 'fc'. Kode ini biasanya berada di baris yang sama dengan 'healthd'. Temukan kode fc= dan diikuti angka. Itu merupakan battery health ponselmu. 

Misalnya, fc=3384000 berarti kapasitas baterai ponselmu berada di angka 3.384mAH. Tinggal bandingkan dengan kapasitas baterai saat pertama kali membeli. Jika mengalami perubahan, berarti battery health HP-mu mengalami penurunan. 

Baca Juga: 3 Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Xiaomi dengan Mudah

Menentukan persentase battery health Xiaomi

Cara Cek Battery Health di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahanilustrasi baterai ponsel Android (unsplash.com/sten ritterfeld)

Sayangnya, Xiaomi belum menyediakan keterangan battery health yang langsung bisa diakses dalam persentase. Kalau penasaran, kamu bisa menghitungnya menggunakan rumus di bawah ini.

=(Kapasitas baterai sekarang/kapasitas baterai dalam kondisi baru)x100

Misalnya, pada tutorial cara cek battery health di HP Xiaomi di atas, kesehatan baterai berada di angka 3384000 alias 3.384 mAh. Adapun kapasitas baterai ponsel yang digunakan saat masih baru adalah 4.780mAh. Maka perhitungannya seperti ini:

=(3.384/4.780)x100

Hasilnya, ponsel Xiaomi yang digunakan memiliki battery health sekitar 70 persen. Dengan tingkat kesehatan baterai yang berkurang cukup banyak, pengguna mungkin merasakan HP lebih mudah nge-drop atau baterai berkurang dengan cepat. Jika perlu, kamu bisa menggantinya dengan suku cadang baru. 

Cara merawat baterai HP Xiaomi

Cara Cek Battery Health di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi Tambahanilustrasi pengaturan hemat baterai (unsplash.com/sten ritterfeld)

Sejatinya, battery health bergantung pada bagaimana kebiasaan seseorang saat menggunakan ponsel. Semakin terjaga penggunaan gawai, makin awet pula kapasitas baterainya. Namun, angkatnya gak bisa bertahan seperti saat membeli.

Nah, agar kesehatan baterai gak cepat merosot dan ponsel hemat daya, setidaknya coba lakukan upaya berikut selama penggunaan:

  • Gunakan wallpaper yang gak bergerak dan berwarna redup
  • Atur batas penggunaan baterai saat menggunakan aplikasi
  • Aktifkan mode hemat daya
  • Sesuaikan kecerahan layar standar atau gak terlalu silau
  • Nonaktifkan bluetooth, GPS, atau location service jika gak digunakan. Langkah ini pun berarti mematikan opsi tracking ponsel jarak jauh, ya.

Penggunaan ponsel sangat berpengaruh pada kesehatan baterai. Kalau mau awet, gunakan dengan tepat dan hati-hati, ya.

Penasaran dengan kapasitas baterai smartphone milikmu? Coba cara cek battery health di HP Xiaomi sesuai tutorial IDN Times di atas, ya. Kalau tahu, kesehatan baterai, kan jadi bisa antisipasi supaya tidak makin parah.

Baca Juga: Spesifikasi dan Harga Xiaomi Redmi Note 11 Pro

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya