Comscore Tracker

Menanti Gebrakan Samsung, Teknologi Sensor Kamera 108 MP Terbaru

Apa 'keajaiban' yang bisa dilakukan oleh sensor ini?

Samsung tak henti-hentinya melakukan inovasi. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini kembali meluncurkan sesuatu yang membuat publik berdecak kagum. Yup, Samsung berencana merilis sensor kamera dengan ukuran 108 megapiksel! Padahal, beberapa saat lalu Samsung baru saja merilis sensor kamera berukuran 64 megapiksel, lho.

Apa keistimewaan sensor 108 megapiksel buatan Samsung? Dan apa pengaruhnya terhadap foto yang dihasilkan? Temukan jawabannya di bawah ini!

1. Sebelumnya, Samsung baru saja merilis sensor kamera dengan resolusi 64 megapiksel

Menanti Gebrakan Samsung, Teknologi Sensor Kamera 108 MP Terbarudpreview.com

Tak usah diragukan lagi bagaimana inovasi yang Samsung ciptakan. Sensor 64 megapiksel ini pertama kali diperkenalkan pada bulan Mei-Juni kemarin. Hasil fotonya pun luar biasa mengagumkan. Laman Tom's Guide menyebut bahwa kualitas hasil foto dari Isocell Bright GW1 64 MP ini memiliki detail yang luar biasa.

Ketika digunakan dalam kondisi pencahayaan yang cukup, sensor 64 megapiksel ini akan menangkap cahaya dengan baik. Begitu pula ketika digunakan di kondisi yang minim cahaya, sensor ini tetap bekerja dengan optimal. Sensor ini tidak hanya dipakai oleh smartphone Samsung, tetapi Realme dan Xiaomi juga.

2. Sementara, sensor 108 megapiksel ini didesain untuk berkolaborasi dengan Xiaomi

Menanti Gebrakan Samsung, Teknologi Sensor Kamera 108 MP Terbaruaskifa.ng

Belum selesai hype dari sensor 64 megapiksel, Samsung pun berencana merilis sensor dengan ukuran yang lebih besar. Tak tanggung-tanggung, sensor ini dirancang dengan ukuran 108 megapiksel! Sensor dengan nama resmi Samsung Isocell Bright HMX ini didesain khusus untuk berkolaborasi dengan Xiaomi.

Keunggulan lainnya, sensor 108 megapiksel ini juga bisa mengambil video berukuran 6K (6016 x 3384) 30 fps, terang laman The Verge memberi bocoran. Bukan hanya menghasilkan gambar berkualitas tinggi, tetapi juga video! Sangat multifungsi, kan?

3. Bekerja dengan baik dalam pencahayaan yang minim

Menanti Gebrakan Samsung, Teknologi Sensor Kamera 108 MP Terbarudpreview.com

Resolusi terendah dari Samsung Isocell Bright HMX ini berukuran 27 megapiksel. Dengan demikian, kamu bisa menghemat ruang penyimpanan berkat ukuran megapiksel yang lebih kecil. Hasil fotonya tak kalah mengagumkan, mampu bekerja dengan baik dalam kondisi pencahayaan yang minim serta lebih jernih dan tajam.

Sensor ini dibekali dengan Smart ISO Technology, di mana kamera bisa otomatis menentukan ukuran ISO berdasarkan kondisi pencahayaan saat itu. Belum bisa dipastikan smartphone mana yang ditanamkan sensor 108 megapiksel. Diperkirakan, Xiaomi Mi Mix 4 akan jadi yang pertama menjajal, terang laman The Verge.

Nah, itulah sekilas fakta singkat seputar sensor 108 megapiksel yang akan dirilis oleh Samsung. Apakah kamu excited dan tak sabar menantinya?

Baca Juga: 5 Smartphone Samsung dengan Popularitas Tinggi Versi GSMArena

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You