Comscore Tracker

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!

Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan, ya

Nikon sudah lama menjadi penyedia alat fotografi terpercaya. Sehingga, hasil jepretannya tak perlu diragukan lagi. Namun, terkadang lensa bawaan dari kamera kurang mengakomodasi kebutuhanmu. Ini tandanya kamu perlu upgrade lensa!

Berikut ini beberapa rekomendasi lensa untuk kamera Nikon, mulai dari telephoto, wide-angle, macro, hingga portrait. Pilih sesuai kebutuhan dan budget-mu!

1. AF-S DX NIKKOR 18-105mm f/3.5-5.6G ED VR

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 18-105mm. (nikon.co.id)

Lensa format DX dengan zoom 5,8x ini memiliki panjang fokus (focal length) 18-105mm, yang setara dengan 27-157.5mm pada kamera film format 35mm atau DSLR format FX Nikon. Lensa yang versatile ini bisa memotret lanskap sudut lebar hingga portrait.

Berkat vibration reduction, gambar yang dihasilkan tetap tajam walau memotret dengan slow speed. Selain itu, fokus otomatisnya senyap, cepat, dan akurat berkat built-in silent wave motor.

Cukup ringan, lensa dengan range aperture f/3.5-22 ini beratnya hanya 450 gram. Harganya bervariasi, mulai dari Rp2.100.000 hingga Rp2.800.000 di beberapa e-commerce.

2. AF-P NIKKOR 70-300mm f/4.5-5.6E ED VR

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 70-300mm. (bhphotovideo.com)

Selanjutnya adalah lensa dengan focal length 70-300mm yang ekuivalen dengan 105-450mm jika dipasang ke DSLR format DX. Lensa zoom telephoto ini cocok untuk fotografer yang gemar memotret subjek jauh, seperti wildlife atau olahraga.

Kinerja optiknya superior dan bisa menangkap gerakan cepat. Fitur lainnya adalah autofokus (AF) yang senyap, berkecepatan tinggi, dan sangat akurat, serta vibration reduction (VR) untuk meminimalisir gambar yang kabur akibat guncangan.

Selain itu, ubah fokus dengan cepat dan memungkinkan transisi tanpa gangguan saat merekam video berkat stepping motor. Jangan khawatir jika harus bekerja di luar ruangan karena lensa ini kokoh, tahan debu, dan tetesan air. Siapkan budget Rp8.999.000 jika ingin memiliki lensa seberat 680 gram ini!

3. NIKKOR Z 14-30mm f/4 S

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 14-30mm. (bhphotovideo.com)

Melansir Digital Camera World, ini adalah lensa premium untuk kamera Nikon Z6 dan Z7. Lensa ultra-wide-angle dengan sudut 114 derajat ini memiliki kinerja optik superior, ringan (hanya 485 gram), dan portabel. Sehingga, cocok untuk traveling dan mengabadikan panorama atau lanskap yang luas.

Video yang dihasilkan pun tak kalah mempesona. Kita bisa merekam transisi yang lebih halus dan pengoperasian yang lebih senyap berkat stepping motor yang dilengkapi mekanisme fokus otomatis, Nikon memaparkan di situs resminya, www.nikon.co.id.

Dengan jarak fokus minimum 28 cm, kita tak perlu mundur terlalu jauh untuk memotret subjek. Jika ingin membawanya pulang, siap-siap merogoh kocek yang cukup dalam, yaitu sekitar Rp17.999.000.

4. AF-S DX Micro NIKKOR 40mm f/2.8G

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 40mm. (bhphotovideo.com)

Suka memotret benda-benda kecil seperti bunga, serangga, dan lainnya? Mungkin, inilah lensa yang kamu cari! Dengan rasio reproduksi maksimum 1,0x, menghasilkan detail gambar yang luar biasa dengan jarak hanya 16 cm dari subjek.

Lensa seberat 235 gram ini memiliki teknologi silent wave motor yang bisa mengunci fokus dengan cepat, senyap, dan akurat. Selain itu, flare dan ghosting berkurang berkat super integrated coating. Dan dapatkan bokeh alami saat memotret close-up pada aperture maksimum.

Minusnya, lensa ini tidak dilengkapi dengan stabilization, mengutip Digital Camera World. Padahal, ini adalah fitur yang penting untuk fotografi makro, mengingat tubuh kita harus steady dan bahkan menahan napas saat memotret benda kecil. Jika bersikeras ingin memilikinya, siapkan dana sekitar Rp3.100.000.

Baca Juga: 7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!

5. AF-S NIKKOR 50mm f/1.8G

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 50mm. (bhphotovideo.com)

Sedang mencari lensa fixed atau prime? Mungkin, ini adalah lensa yang tepat! Dengan focal length 50mm, kamu bisa menggunakannya untuk apa pun, termasuk fotografi portrait. Dan dapatkan bokeh yang halus berkat aperture f/1.8!

Dengan bukaan diafragma yang lebar, memudahkan kita memotret di kondisi minim cahaya. Berkat super integrated coating, flare dan ghosting ditekan untuk meningkatkan kontras dan akurasi warna. Dilengkapi pula dengan silent wave motor untuk kinerja fokus otomatis yang cepat, senyap, dan presisi.

Jika dipakai di kamera Nikon format FX, maka focal length-nya tidak berubah. Namun, jika dipasang di format DX, panjang fokalnya berubah menjadi 75mm. Lensa seberat 185 gram ini harganya cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp2.750.000.

6. NIKKOR Z 24-70mm f/2.8 S

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 24-70mm. (bhphotovideo.com)

Selain 18-105mm, lensa 24-70mm juga termasuk lensa versatile. Dengan ARNEO coat dan nano crystal coat, menghasilkan gambar tajam yang minim penyimpangan (seperti pantulan mengganggu, ghosting, dan flare). Tak lupa fokus otomatis yang mampu mengunci objek dengan kecepatan tinggi dan sangat akurat.

Yang bikin beda, lensa ini dilengkapi dengan panel informasi interaktif. Fungsinya untuk membantu pengguna mengonfirmasi pengaturan seperti aperture, jarak fokus, dan depth-of-field tanpa harus melihat ke dalam jendela bidik (viewfinder).

Selain ringan (805 gram) dan ringkas, lensa ini juga tahan debu dan tetesan air. Quite expensive, lensa ini dijual seharga Rp31.999.000. Berminat?

7. AF-S Fisheye NIKKOR 8-15mm f/3.5-4.5E ED

7 Lensa Terbaik untuk Kamera Nikon di 2021, yuk Upgrade!Lensa Nikon 8-15mm. (bhphotovideo.com)

Lensa zoom fisheye pertama NIKKOR ini memungkinkanmu bereksperimen dan menghasilkan gambar yang unik. Dengan sudut 180 derajat, kamu bisa membingkai seluruh objek dengan distorsi yang minimal. Bagus untuk foto grup karena semua bisa masuk dalam satu frame!

Jarak fokus minimumnya adalah 16 cm, cocok untuk mengambil foto dalam jarak dekat. Lensa ini dilapisi dengan fluor, membuatnya tahan debu, tetesan air, minyak, dan kotoran. Sehingga mudah dibersihkan dan dirawat.

Tak lupa nano crystal coat yang memberikan permukaan anti reflektif yang bisa meminimalkan efek bayangan (ghosting) akibat cahaya merah dan efek suar (flare) akibat cahaya yang masuk ke lensa secara diagonal. Dengan segala keunggulannya, lensa ini dibanderol seharga Rp18.899.000.

Nah, itulah beberapa rekomendasi lensa Nikon dengan berbagai panjang fokal dan spesialisasi. Mana yang membuatmu tertarik?

Baca Juga: 7 Lensa Terbaik 2021 untuk Kamera Canon, Segera Miliki!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya