Comscore Tracker

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!

Buat nambah koleksi lensa, nih!

Tahun 2019 akan segera berakhir. Inovasi di bidang teknologi, termasuk kamera, semakin menunjukkan kemajuan dari waktu ke waktu. Salah satu item yang wajib dimiliki oleh para fotografer adalah lensa. Setidaknya, kita perlu mempunyai beberapa lensa yang memiliki focal length yang berbeda-beda, mulai dari tele, wide hingga makro.

Salah satu merek lensa yang sangat terkenal adalah Sigma. Berikut ini adalah 7 lensa Sigma terbaik di tahun 2019. Simak yuk!

1. Sigma 50mm f/1.4 DG HSM Art Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!tokocamzone.com

Kita disarankan untuk memiliki lensa fix 50mm. Sebab, lensa ini cocok untuk genre fotografi portrait karena memiliki bokeh yang halus. Sigma 50mm f/1.4 DG HSM Art Lens adalah lensa full frame yang dihargai sekitar US$950 atau setara dengan Rp13,2 juta!

Lensa ini memiliki autofokus yang bekerja sangat halus, cepat mengunci objek dan tidak mengeluarkan suara, jelas laman Studio Binder. Ini berkat fitur Hyper Sonic Motor (HSM) yang ditanamkan di dalamnya. Untuk mendapatkan objek yang fokus, kamu perlu mengambil jarak antara lensa dengan objek sekitar 40 cm.

2. Sigma 35mm f/1.4 DG HSM Art Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!mintcamera.com

Lensa 35mm dikenal sebagai lensa yang versatile alias serbaguna. Lensa ini bisa dipakai untuk memotret foto landscape, portrait, street photography, food hingga travel photography. Dari brand Sigma, lensa yang bisa memenuhi ekspektasimu adalah Sigma 35mm f/1.4 DG HSM Art Lens.

Lensa ini dijual dengan harga US$775 atau setara dengan Rp10,7 juta. Memiliki aperture maksimal f/1.4, lensa ini dilengkapi dengan Hyper Sonic Motor (HSM) sehingga bisa mengunci objek dengan halus tanpa menimbulkan suara. FYI, lensa ini khusus untuk kamera full frame.

3. Sigma 70mm f/2.8 DG Macro Art Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!bhphotovideo.com

Penggemar fotografi makro mana suaranya? Sigma mengeluarkan Sigma 70mm f/2.8 DG Macro Art Lens yang akan menjadi lensa makro terbaik untukmu. Dengan aperture f/2.8 hingga f/22, lensa ini punya pembesaran 1:1 dan diciptakan khusus untuk kamera full frame.

Untuk memperoleh lensa ini, kamu harus menyiapkan dana sekitar US$450 atau setara dengan Rp6,26 juta. Agar mendapatkan hasil foto terbaik, jarak antara lensa dan objek minimal adalah 25,8 cm. Dengan panjang focal length 70mm, kamu bisa mengambil objek seperti serangga atau hewan kecil dari jarak yang cukup jauh, sehingga tidak membuat mereka takut.

4. Sigma 135mm f/1.8 DG HSM Art Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!bhphotovideo.com

Kamu hobi motret foto dengan genre wildlife photography? Mungkin, kamu memerlukan Sigma 135mm f/1.8 DG HSM Art Lens. Lensa ini dibekali dengan aperture f/1.8 hingga f/16, yang bisa membuat background objek menjadi blur atau bokeh serta bisa bekerja dengan baik di kondisi minim cahaya.

Sementara, fitur Super Multi-Layer Coating bisa meminimalkan flare serta membuat kontras dan warna foto lebih menonjol. Sama seperti beberapa lensa sebelumnya, lensa ini dibekali dengan Hyper Sonic Motor (HSM) sehingga bisa mengunci objek dengan halus dan minim suara. Siapkan budget US$1400 atau sekitar Rp19,4 juta dulu, ya!

Baca Juga: 10 Lensa Kamera Mirrorless Sony Terbaik di Tahun 2019, Simak yuk!

5. Sigma 24-70mm f/2.8 DG OS HSM Art Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!photographyblog.com

Dari tadi, kita berbicara tentang prime lens atau lensa fix terbaik. Kini, giliran lensa zoom yang unjuk diri! Lensa Sigma 24-70mm f/2.8 DG OS HSM Art Lens bisa dipakai untuk memotret wide hingga telephoto sekaligus, sehingga kita cuma perlu satu lensa untuk banyak keperluan. Praktis!

Meski dibuat untuk kamera full frame, lensa ini juga bisa dipakai untuk lensa dengan sensor APS-C. Jangan khawatir hasil fotomu akan shaky, karena sudah ada built-in optical image stabilisation di dalamnya. Untuk mendapatkannya, siapkan uang US$1300 atau setara dengan Rp18 juta.

6. Sigma 70-200mm f/2.8 DG OS HSM Sports Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!ritzcamera.com

Bagi kamu pencinta sport photography, lensa Sigma 70-200mm f/2.8 DG OS HSM Sports Lens akan setia mendampingimu. Lensa ini memiliki aperture antara f/2.8 hingga f/22, sehingga bisa digunakan dalam kondisi minim cahaya. Sementara, Super Multi-Layer Coating bisa membantu jika pencahayaan terlalu keras dan bisa meminimalkan flare pada hasil foto.

Lensa ini diciptakan dengan performa dan kecepatan yang maksimal, sehingga cocok dipakai untuk memotret genre foto wildlife, sport hingga action. Ini adalah lensa untuk kamera full frame, tetapi bisa dipakai di kamera APS-C dan membuat focal length berubah menjadi 112-320mm. Siapkan dana US$1500 atau sekitar Rp20,8 juta jika menginginkan lensa ini.

7. Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM Contemporary Lens

7 Lensa Sigma Terbaik 2019, Lengkap Macamnya dari Wide sampai Tele!photodo.com

Merasa jika lensa yang disebutkan kurang panjang focal length-nya? Kamu bisa memakai Sigma 150-600mm f/5-6.3 DG OS HSM Contemporary Lens! Lensa super-telefoto ini memiliki berat yang tak main-main, yakni mencapai 2,86 kilogram! Berat banget, kan?

Tak heran, lensa ini memang diciptakan untuk para fotografer profesional yang menggeluti fotografi wildlife atau sport. Lensa ini diciptakan untuk kamera full frame dan memiliki aperture f/5 hingga f/22. Harganya pun tak main-main, yakni US$9500 atau setara dengan Rp132 juta!

Nah, itulah 7 lensa terbaik dari Sigma di tahun 2019. Jika ingin membeli, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget, ya!

Baca Juga: 7 Kamera Full Frame Terbaik 2019, dari Nikon dan Canon hingga Sony

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya