Comscore Tracker

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Noda

#ANGPOIN Beda penyebab, beda pula cara membersihkannya

Coba kamu perhatikan dengan saksama, apakah ada noda yang menempel di layar laptop? Noda di layar laptop membuat keindahannya berkurang dan debu yang menempel bisa berpengaruh pada kesehatanmu. That's why, kamu perlu membersihkan layar laptop dari noda dan kotoran secara rutin.

Lantas, bagaimana cara membersihkan layar laptop berdasarkan jenis nodanya? Kenali lebih dekat supaya penanganannya tepat. Dilansir dari laman Digital Trends, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan debu

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Nodanoobie.com

Tidak semua jenis kain cocok untuk membersihkan layar laptop. Apabila salah pilih kain, permukaan layar laptop bisa tergores. Jika laptopmu dipenuhi debu, pilih kain mikrofiber untuk membersihkannya.

Kain mikrofiber dirancang untuk membersihkan debu dan serpihan kotoran tanpa membuat permukaan layar laptop tergores. Sifatnya yang lembut membuat kain ini digunakan untuk membersihkan benda lain, seperti kacamata dan lensa kamera.

2. Langkah-langkah membersihkan layar laptop dengan kain mikrofiber

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Nodadigitaltrends.com

Sebelum mulai membersihkan layar laptop, sebaiknya kamu menyimak tip ini terlebih dahulu. Pertama, pilih kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk membersihkan kacamata atau lensa kamera. Lalu, matikan laptop agar kita bisa melihat partikel debu yang hendak dibersihkan.

Selanjutnya, tekan layar dengan lembut dan bersihkan noda debu dalam satu arah. Tidak disarankan untuk membersihkan dengan pola melingkar karena hal ini bisa merusak layar dan hanya memindahkan partikel debu ke sisi layar laptop yang lain. Lalu, bersihkan terus sampai kamu yakin tidak ada debu yang tersisa.

3. Untuk kotoran yang sulit dibersihkan, gunakan spons yang sedikit dibasahi

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Nodatelegraph.co.uk

Mungkin kamu akan mengernyit heran, bagaimana bisa membersihkan layar laptop dengan spons cuci piring? Pada faktanya, spons efektif untuk membersihkan noda dan kotoran yang susah hilang, seperti percikan saus yang dibiarkan lama dan tak dibersihkan.

Tentu saja, kamu harus memakai spons baru, bukan spons yang sudah dipakai untuk mencuci piring, ya! Sebelum mulai membersihkan, basahi bagian kuning spons dengan sedikit air. Hal ini bertujuan agar noda dan kotoran yang menempel bisa terkelupas.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Rutin Membersihkan Cache Browser Web Kamu

4. Langkah-langkah membersihkan layar laptop dengan spons yang sedikit dibasahi

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Nodadigitaltrends.com

Pertama, siapkan spons yang baru dan bersih, lalu percikkan sedikit air di atasnya. Berikutnya, matikan laptop dan cabut kabelnya agar tidak menerima arus listrik. Apabila diperlukan, keluarkan baterai laptop dari tempatnya.

Selanjutnya, usap perlahan spons itu ke noda kotoran di layar laptop. Jangan sampai ada tetesan karena bisa masuk ke mesin. Setelah noda terangkat, bersihkan lagi dengan tisu lembut untuk mengeringkannya. Sesudah kering, kamu bisa memakai laptopmu kembali.

5. Gunakan cairan pembersih khusus untuk noda membandel

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Nodadiytrade.com

Apabila noda di layar laptop sangat bandel dan sulit dibersihkan, kamu bisa memakai cairan pembersih khusus. Kalau sulit menjumpai di toko biasa, kamu bisa membeli cairan pembersih ini di online shop.

Satu set paket pembersih laptop biasanya terdiri dari satu botol cairan pembersih, kuas, dan lap. Jadi, kamu tak perlu repot-repot menyiapkannya satu per satu. Cairan pembersih ini multifungsi: bisa membersihkan debu, sidik jari, dan kotoran membandel.

6. Langkah-langkah membersihkan layar laptop dengan cairan pembersih khusus

Yuk, Terapkan! 6 Cara Membersihkan Layar Laptop Berdasarkan Jenis Nodadigitaltrends.com

Sama seperti tip sebelumnya, laptop harus dalam keadaan mati dengan daya listrik yang terputus. Kalau perlu, cabut baterai laptop. Setelah itu, semprotkan cairan pembersih ke kain mikrofiber. Jangan menyemprotkan terlalu banyak, cukup sampai lembap saja.

Lalu, gosok kain dengan lembut di bagian yang kotor. Gosok dengan ringan untuk menghindari goresan dan tekanan pada layar. Ulangi sampai benar-benar bersih dan pastikan tidak ada cairan yang menetes. Keringkan dengan tisu sebelum digunakan.

Nah, itulah langkah-langkah membersihkan noda dan kotoran yang ada di layar laptop. Voila! Kini, laptopmu telah bersih kembali!

Baca Juga: 7 Cara Membersihkan Inbox Email yang Penuh, Kamu Gak Perlu Stres Lagi

Nena Zakiah Photo Community Writer Nena Zakiah

Journalist, photographer and foodies at the same time. Interest in social & gender studies. Catch me up at my Instagram @nenazakiah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You